Review ROG Phone 5, Smartphone Gaming Terbaik Dengan Performa Kelas Flagship

0
426

Game Test
Untuk Game Test, kami menguji performa dari Snapdragon 888 yang dimiliki oleh ROG Phone 5 dengan mobile game yang cukup dikenal. diantaranya Mobile Legend : Bang Bang, PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, Garena Free Fire, League of Legend : Wild Rift, Honkai Impact 3rd dan Genshin Impact.

Untuk Mobile Legend, pengaturan grafik default yang disarankan adalah setting Ultra.

Dengan pengaturan tersebut, kami mendapatkan hasil dengan gerakan yang mulus sekitar 60 fps dan detail gambar yang terbilang cukup jelas.

Untuk game PUBG Mobile, kami mendapatkan pengaturan yang stabil pada setting Graphics Smooth dan Frame Rate Ultra.

Pengaturan tersebut yang kami gunakan pada PUBG Mobile, kami mendapatkan hasil dengan gerakan yang cukup mulus sekitar 60 fps dan detail gambar yang cukup baik.

Untuk game Call Of Duty Mobile, kami mendapatkan pengaturan yang stabil pada setting Graphics Quality Very High dan Frame Max.

Dengan pengaturan tersebut, kami mendapatkan hasil dengan gerakan yang lancar sekitar 60 fps dan detail gambar yang cukup baik dan jelas.

Untuk game Garena Free Fire, pengaturan yang kami gunakan pada setting Graphics Ultra dengan Resolusi High dan Shadow On.

Dengan pengaturan tersebut, kami mendapatkan hasil dengan gerakan yang lancar mendekati 60 fps dan detail gambar yang jelas.

Untuk game League of Legend : Wild Rift, pengaturan grafik default yang digunakan adalah sebagai berikut.

Dengan pengaturan tersebut, kami mendapatkan hasil dengan frame rate sebesar 60 fps dan detail gambar yang terlihat jelas.

Untuk game besutan MiHoYo, yaitu Honkai Impact 3rd adalah salah satunya. Kami mencoba memainkan game tersebut dengan pengaturan grafis seperti berikut.

Chipset Snapdragon 888 yang dimiliki ROG Phone 5 dan merupakan chipset Android kelas atas dan dipastikan mampu memainkan game ini dengan cukup lancar saat kondisi normal dengan sedikit drop ke 45 fps saat kondisi full effect.

Selain Honkai Impact 3rd, game MiHoYo lainnya yaitu Genshin Impact juga kami coba memainkannya pada ROG Phone 5 dengan pengaturan default yaitu menengah dan fps limit di angka 30 fps.

Saat bermain Genshin Impact pada ROG Phone 5 dengan pengaturan diatas tidak menunjukkan penurunan performa yang signifikan mengingat chipset pada ROG Phone 5 merupakan Snapdragon 888 yang dikenal sebagai salah satu chipset flagship. Namun jika pengaturan fps limit diubah ke 60 fps, penurunannya terbilang cukup besar meskipun masih playable dan smartphone mengalami kenaikan suhu yang cukup tinggi dan akan throttling.