Review ROG Phone 5, Smartphone Gaming Terbaik Dengan Performa Kelas Flagship

0
426

Spesifikasi
Spesifikasi yang ditawarkan ROG Phone 5 merupakan spesifikasi yang dimiliki oleh smartphone flagship Android saat ini. Asus menggunakan Qualcomm Snapdragon 888 5G sebagai SoC pada smartphone-nya.

Dengan mengusung 5 nm 8-core Kryo 485 dengan 3 cluster (1x ARM Cortex X1 2.9 GHz, 3 ARM Cortex A78 2.5 GHz, 4x ARM Cortex A55 1.8 Ghz) dan GPU Adreno 660 yang membuat performa dari smartphone ini merupakan salah satu yang tertinggi.

Selain itu, ROG Phone 5 menjadi salah satu smartphone Android yang sudah mendukung jaringan 5G di Indonesia mengingat sudah menggunakan Snapdragon 888 5G ditambah dengan dukungan NFC, Bluetooth 5.2 dan Dual-Band WiFi 6e.

ROG Phone 5 yang diulas kali ini memiliki kapasitas memori sebesar 8 GB dengan internal 128 GB UFS 3.1 tanpa slot Micro SD mengingat smartphone ini dikhususkan untuk gaming.

Baterai Li-Ion non-removable yang digunakan pada ROG Phone 5 ini memiliki kapasitas sebesar 6000 mAh. Sejak ROG Phone II, Asus masih mempertahankan baterai 6000 mAh pada ROG Phone yang dimana kapasitas sebesar ini mulai banyak digunakan pada smartphone hingga kelas menengah.

OS dan fitur
OS Android yang digunakan di ROG Phone 5 kali ini adalah Andriod 11 dengan ROG UI pada smartphone ini. UI yang digunakan pada smartphone ini tetap terasa lancar dengan fitur khas dari ROG Phone.

Fitur Armoury Crate pada ROG Phone 5 tetap tersedia dengan perubahan tampilan dan penambahan fitur.

Armoury Crate masih memiliki fungsi sebagai pengatur performa SoC pada saat bermain game, termasuk efek pencahayaan Aura RGB dan mengatur AirTrigger berdasarkan penggunaan seperti single button, dual pertition button untuk satu AirTrigger menjadi dua fungsi, swipe dan slide untuk fungsi geser.

Fitur X Mode dan Game Genie tetap tersedia dengan aplikasi Armoury Crate. Di ROG Phone 5, Game Genie bisa dipakai di semua game selama itu terdeteksi oleh Armoury Crate dan selain itu dapat mengatur performa SoC berdasarkan game yang diinginkan secara individu. Selain itu, fitur floating window yang dimiliki Android 11 dapat digunakan untuk tiap aplikasi dengan menambah aplikasi yang diinginkan.

Selain itu, Armoury Crate memiliki fitur AR dan dapat digunakan pada gambar di kotak penjualan yang terlihat seperti komik dengan menggunakan kamera smartphone dan dapat diakses melalui Armoury Crate.