Review ROG Phone 5, Smartphone Gaming Terbaik Dengan Performa Kelas Flagship

0
426

Benchmark
Benchmark pada ROG Phone 5 akan Menggunakan Antutu, 3DMark, PCMark dan GeekBench 5 y diuji tanpa X Mode dan dengan X Mode.

AnTuTu merupakan aplikasi benchmark yang paling sering digunakan sebagai tolok ukur performa sebuah perangkat berbasis  Android. AnTuTu menmiliki beberapa pengujian performa dari perangkat berbasis Android berdasarkan empat poin pengujian yaitu Graphics, CPU, UX (user experience) dan RAM. AnTuTu yang digunakan dalam pengujian kali ini menggunakan AnTuTu 8.5 dan 9 Beta.

AnTuTu v8.5.6

AnTuTu v9-OB

Geekbench merupakan benchmark lintas platform yang mengukur kinerja CPU dan GPU sebuah perangkat smartphone, tablet dan PC. Aplikasi ini menggunakan beberapa algoritma komputasi yang umumnya digunakan pada scenario real world sehingga dapat menganalisa kemampuan CPU saat melakukan proses single core maupun multi core dan juga GPU . Geekbench yang digunakan untuk pengujian kali ini yaitu Geekbench 5.

3DMark merupakan benchmark yang ditujukan untuk menguji performa dari system perangkat berbasis Android dalam melakukan pemrosesan berdasarkan grafis. Semakin tinggi nilainya semakin baik performa perangkat tersebut. Pengujian yang dijalankan yaitu Wild Life dan Wild Life Extreme termasuk Stress Test.

PCMark merupakan aplikasi benchmark untuk menguji perangkat Android lewat pengujian yang berdasarkan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan pengguna. Nilai yag dihasilkan mencerminkan performa dari perangkat Android yang sebenarnya. Tes yang dijalankan adalah Work 3.0.

Fotografi
Meskipun ROG Phone merupakan smartphone yang berfokus pada gaming, Asus tetap menyertakan kamera dengan kemampuan mumpuni pada ROG Phone 5. Kamera yang dimiliki smartphone ini diantaranya tiga kamera belakang dan satu kamera selfie dengan spesifikasi sensor 64 MP f/1.8 Laser AF Quad-bayer untuk kamera utama,13 MP f/2.4 untuk kamera ultrawide dan 5 MP f/2.0 untuk kamera macro dengan LED flash. Kamera belakang ini memiliki dukungan perekaman video hingga 1080p@30/60/240 fps dan 2160p@30/60 fps.


Sedangkan untuk kamera selfie memiliki spesifikasi sensor 24 MP f/2.2 dengan dukungan rekam video hingga 1080p@30fps.


Dari hasil foto diatas membuktikan kemampuan ROG Phone 5 selain untuk mobile gaming masih bisa untuk fotografi dengan konfigurasi tiga kamera. Untuk kamera depannya sendiri bisa dibilang cukup baik dan selain untuk fotografi, kamera depan smartphone ini dapat digunakan untuk live streaming saat bermain game.

Baterai

Baterai Li-Ion 6000 mAh yang disematkan pada ROG Phone 5 masih terbilang cukup besar untuk smartphone saat ini. Pengujian baterai dilakukan dengan memutar video 720p terus-menerus dengan volume dan kecerahan 50% termasuk mematikan RGB lighting hingga kapasitas baterai mencapai 10%. Selain itu, untuk pengujian saat bermain game PUBG mobile dilakukan hingga kapasitas baterai mencapai 50% tanpa menggunakan X Mode.

meskipun masih menggunakan baterai 6000 mAh, ketahanan baterai dari ROG Phone 5 masih cukup baik menunjang kebutuhan daya untuk SoC Snapdragon 888 yang dimiliki smartphone ini.