Review ROG Phone 5, Smartphone Gaming Terbaik Dengan Performa Kelas Flagship

0
356

OverclockingID – Sebagai salah satu merek smartphone di Indonesia, Asus memang cukup dikenal dengan seri Zenfone dan ROG Phone yang ditujukan untuk pasar flagship smartphone Android. Asus bisa dibilang cukup rajin merilis ROG Phone yang ditujukan sebagai smartphone gaming, dan kali ini Asus telah memperkenalkan ROG Phone terbaru yaitu ROG Phone 5.

Pada ROG Phone 5 kali ini selain perbaikan desain, Asus melakukan beberapa peningkatan fitur dan spesifikasinya. Review kali ini akan mengenal lebih dalam mengenai fitur dan spesifikasi dari Asus ROG Phone 5.

Paket penjualan dari ROG Phone 5 yang diulas kali ini dibungkus dalam sebuah kotak karton berwarna hitam dengan logo khas ROG di tengah dengan aksen dot matrix dan efek reflective yang terinspirasi dari laptop ROG terbaru dan tulisan ROG Phone 5 di kiri bawah dengan warna merah-ungu metalik. Ornament dot matrix termasuk tulisan ROG juga berada di bagian atas dan bawah kotak sehingga terlihat minimalis namun terlihat keren.

Saat dibuka, di bagian penutup kotak bermagnet terdapat sebuah komik dan terbagi di tiap ruas penutup kotak. Jika dilihat memang hanya sekedar komik hitam putih biasa, namun komik ini dapat menjadi komik AR sinematik dengan mengakses AR Selfie pada menu Console dari aplikasi Armoury Crate.

Untuk isinya, selain ROG Phone 5 terdapat aksesori seperti SIM tray ejector pin dengan desain seperti mata pisau, Aero Case, karet penutup cadangan untuk port USB Type-C di sisi samping, kabel data USB 3.1 type-C di tiap ujung kabel yang diselimuti braided cloth cover dan adaptor 3.25 A dengan output voltase 20 V yang mendukung Quick Charge 5 dan Power delivery 3.0 termasuk pamflet petunjuk penggunaan dan jaminan servis ASUS ditambah dengan sticker set. Paket penjualan ini memang cukup minim mengingat smartphone gaming ini dibandrol dengan harga yang cukup murah dengan spesifikasi dan kelengkapan fitur yang diberikan.

Bentuk dari ROG Phone 5 tetap terlihat mirip seperti generasi sebelumnya dengan rangka berbahan aluminium. Perbedaannya, dimensi smartphone ini menjadi 172.8 x 77.3 x 10.3 mm dan berat sekitar 238 gram membuat smartphone ini terasa sedikit lebih panjang, lebih tebal tapi sedikit lebih ringan daripada pendahulunya.

Layar dari ROG Phone 5 tetap menggunakan AMOLED dengan lebar diagonal sekitar 6.78 Inchi ( luas 109.5 cm2 ) dengan resolusi 1080 x 2448 piksel dan rasio layar 19.5 :9. Untuk rasio layar-ke-bodi sekitar 82% membuat layar smartphone ini terlihat lmemanjang ke bawah. Selain itu, fitur pada layar ROG Phone 5 terdiri dari 144 Hz refresh rate dengan response time 1 ms, HDR10+ dengan 1200 nits (peak) dan on-screen fingerprint. Untuk panel kaca pada layar smartphone ini menggunakan Corning Gorilla Glass Victus yang diklaim tahan jatuh dari ketinggian hingga 2 meter.

Layar Dari ROG Phone 5 tetap tanpa tombol fisik dan masih terdapat bezel dibagian atas dan bawah untuk mencegah layar tersentuh telapak tangan secara tanpa disengaja saat bermain game.

Dibagian sisi atas layar dari ROG Phone 5 terdapat kamera depan dan earpiece beserta sensor cahaya dengan lampu indikator LED berada di bezel layar bagian atas. Posisi kamera depan berada di sebelah kanan layar smartphone ini yang memungkinkan untuk digunakan live streaming saat bermain game. Selain itu, dua loudspeaker pada ROG Phone 5 tetap didukung dengan dua amplifier terdedikasi dan fitur DTS:X stereo. Di bagian atas smartphone terdapat lubang mic di sisi kiri atas.

Bagian belakang dari ROG Phone 5 masih menggunakan material seperti kaca berwarna hitam yang menggunakan Gorilla Glass 3 sehingga menimbulkan efek Glossy dengan aksen dot matrix pada logo ROG. Rangka dari smartphone ini secara keseluruhan menggunakan material Aluminium yang diproses khusus untuk menghasilkan tepi smartphone yang membulat untuk kenyamanan saat memegangnya.

Selain itu, bagian belakang ROG Phone 5 terdapat tiga buah kamera dan satu lampu flash di sisi kiri dengan lubang mic di sebelahnya dan memiliki desain heksagonal dengan posisi horizontal. Kamera dari ROG Phone 5 dipastikan dapat memenuhi kebutuhan fotografi saat ini. Efek cahaya Aura RGB pada logo ROG yang merupakan ciri khas ROG Phone dan dapat diatur pada Game Genie tetap tersedia.

Di bagian samping sisi kanan dari ROG Phone 5 terdapat tombol fisik volume (+/-) dan tombol daya dengan imbuhan outline berwarna merah-ungu metalik. Selain tombol fisik, terdapat pula sebuah lubang microphone dan dua ukiran unik bertuliskan ‘ROG’ di sebelah atas dan bawah yang berfungsi sebagai tanda sensor dari AirTrigger yang merupakan fitur khas ROG Phone dan dapat diatur melalui Game Genie.

Pada bagian sisi bawah dari ROG Phone 5 terdapat port audio 3.5mm, lubang microphone dan port USB type-C 2.0 dengan OTG. Pada ROG Phone 5, Asus tetap memiliki empat lubang microphone pada smartphone ini untuk menghasilkan suara yang jernih saat melakukan pembicaraan saat bermain game.

Dibagian sisi kiri ROG Phone 5 hanya terdapat slot nano SIM dibagian bawah berwarna merah-ungu metalik dengan ukiran bertuliskan GLHF! (Good Luck, Have Fun !) dan sebuah bantalan karet yang bila dibuka, terdapat sebuah port USB Type-C 3.1 yang berfungsi untuk pengisian daya dan plat magnetik 5-pin yang ditujukan untuk pemasangan berbagai aksesoris khusus ROG Phone 5 seperti AeroActive cooler, TwinDock View dan Desktop Mobile Dock yang dijual terpisah. Port samping tersebut berada dalam satu celah yang dapat ditutup dengan tutup karet yang disediakan.

Slot tray SIM berwarna merah-ungu metalik dari ROG Phone 5 tetap hanya memiliki dua slot untuk nano SIM saja mengingat smartphone ini memang tidak menyediakan slot Micro SD. Uniknya, tray SIM tersebut memiliki posisi tumpang tindih dimana plat kontak SIM akan saling berlawanan dengan SIM 1 menghadap ke atas dan SIM 2 menghadap ke bawah sehingga tray dual SIM tersebut terlihat seperti hanya memiliki satu SIM tray saja.