GALAX GeForce RTX 4090 Capai 3,7 GHz dengan LN2

OverclockingID – Overclocker ekstrim OGS memecahkan peringkat HWBOT dengan memperkenalkan dua rekor dunia dengan GALAX RTX 4090 HOF. Ini adalah kartu grafis model kustom pertama dari seri GeForce RTX 40 yang dilengkapi dengan konektor daya 16-pin ganda.

Sebelumnya, GALAX dikabarkan merilis GeForce RTX 4090 HOF yang merupakan kartu grafis Seri Hall of Fame yang akan datang dengan GPU AD102-300 yang mengonfirmasi bahwa ini adalah RTX 4090 dengan 16384 core CUDA dan memori GDDR6X 24GB.

Pada foto terbaru terlihat bahwa kartu tersebut dilengkapi dengan VRM fase 28+4, konfigurasi yang tidak tersedia dengan kartu RTX 4090 lainnya di pasaran sejauh ini dan sangat mirip seperti RTX 3090 Ti HOF (24+4 VRM). Selanjutnya, bagian atas kartu terdapat titik khusus untuk pengukuran tegangan secara manual, dan terlihat sebuah tombol OC yang bertanggung jawab untuk memuat LN2 BIOS dan juga tidak ada konektor NVLink pada kartu ini.

GALAX RTX4090 HOF dengan pendingin Nitrogen Cair, Sumber: HWBOT

GALAX telah mengirimkan kartu tersebut kepada para overclocker terkenal termasuk OGS, yang tidak membuang waktu untuk mengisi nitrogen cair dan melakukan overclocking pada suhu di bawah nol.

Overclocker berhasil meningkatkan frekuensi menjadi 3705 MHz selama benchmark GPUPI, yang merupakan bagian dari kompetisi HWBOT resmi. Ini tidak secanggih tes grafis lainnya, jadi frekuensinya sedikit lebih tinggi di sini. Clock memori tidak tersentuh, tetapi clock boost GPU telah ditingkatkan dari 2520 MHz menjadi 3345 MHz (+825 MHz). Sementara frekuensi boost sebenarnya adalah 1185 MHz, di atas frekuensi NVIDIA ‘default’.

GALAX RTX4090 HOF di GPUPI, Sumber: HWBOT

OGS juga mampu memecahkan rekor 3DMark Port Royal saat ini, salah satu tolok ukur paling populer di kalangan overclocker ekstrem. Kartu grafis yang sama di sini memiliki frekuensi GPU 3570 MHz, 130 MHz lebih rendah saat rekor GPUPI sambil mencetak skor 31096 poin. Skor ini telah mengungguli rekor dunia sebelumnya dengan lebih dari 1000 poin.

GALAX RTX4090 HOF di 3DMark Port Royal, Sumber: HWBOT

GALAX RTX 4090 HOF saat ini merupakan model GPU kustom paling kuat di pasar dimana mungkin belum siap diluncurkan saat ini. Umumnya GALAX mengirimkan papan telanjang ke overclocker ekstrim untuk pengujian maupun overclocking, sementara mereka sedang menyiapkan kartu grafis tersebut dengan pendingin baru untuk dirilis untuk ritel.

Tanpa persaingan dari merek lain yang sejenis dalam hal ini model EVGA Kingpin, GALAX RTX 4090 HOF mungkin menjadi kartu grafis pilihan bagi banyak overclocker GPU. GALAX sendiri telah menyediakan kartu grafis tersebut untuk setidaknya beberapa dari para overclocker, jadi ini jelas bukan akhir dari laporan tentang rekor dunia RTX 4090.

Sumber : NordicHardware via videocardz, HWBOT (Port Royal)HWBOT (GPUPI)