AMD Perkenalkan Prosessor Threadripper, Ryzen 3, APU Bristol Ridge dan Graphic Card Radeon Vega sekaligus unboxing Threadripper di Acara AMD Media Fun Day 2017

Sukabumi, 15 Agustus 2017 AMD mengundang perwakilan media dan partner nya untuk mengikuti acara AMD Media Fun 2017 yang bertempat di Caldera Adventure River Resort, Sukabumi. Dalam kesempatan itu AMD mengajak rekan-rekan nya untuk berlibur dan juga sekaligus memperkenalkan produk-produk terbaru mereka. Dan tidak lupa AMD juga menghadirkan produk pendukung dari vendor ternama yaitu MSI, ASRock, Asus dan Gigabyte. Berikut adalah beberapa rangkaian produk-produk yang mereka perkenalkan.

AMD Ryzen 3 

Dengan hadirnya Ryzen 3 lengkap sudah jajaran CPU berkinerja tinggi berbasis “Zen”. Prosessor Ryzen  3 ini Hadirkan True Quad Core dengan Harga Terjangkau dan VR Ready! Bagi pengguna yang hanya memiliki budget terbatas, ryzen 3 ini merupakan pilihan yang tepat untuk mereka. Memiliki kekuatan “True Quad Core” dengan performa tinggi untuk beragam aktivitas, dan telah dibangun menggunakan arsitektur “Zen” terbaru dengan peningkatan IPC1 hingga 52% lebih baik dibandingkan prosessor AMD generasi sebelumnya. Anda sudah bisa memiliki prosessor tangguh ini hanya dengan mengeluarkan dana di bawah 2 jutaan Rupiah lho!

Ryzen 3 hadir dalam 2 varian sebagai berikut :

Tak hanya menawarkan harga terjangkau, Ryzen™ 3 juga telah dilengkapi dengan teknologi SenseMI yang memungkinkan prosessor ini untuk hadirkan performa terbaik namun tetap efisien, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pure Power: Fitur yang memungkinkan prosessor untuk beradaptasi dengan pemakaian pengguna, agar bisa hadirkan performa optimal namun dengan konsumsi daya minimal.
  • Precision Boost: Bekerjasama dengan fitur Pure Power, memberikan tambahan performa dengan hadirkan clock speed lebih tinggi, disesuaikan dengan kegiatan pengguna saat itu.
  • Extended Frequency Range (XFR): XFR adalah fitur baru memungkinkan bagi pengguna yang memiliki pendingin lebih mumpuni untuk mendapatkan clock speed lebih tinggi secara otomatis.
  • Neural Net Prediction: Teknologi kecerdasan buatan yang memungkinkan prosessor secara pintar mengatur intruksi pekerjaan dalam CPU berdasarkan riwayat penggunaan aplikasi di masa sebelumnya.
  • SmartPrefetch : Teknologi kecerdasan buatan lainnya yang membantu untuk hadirkan respon aplikasi lebih cepat di masa depan.

Semua model Ryzen 3 ini adalah Multiplier Unlocked yang artinya semua model Ryzen 3 bisa dioverclock tergantung dari seri motherboard yang dipakai. berikut motherboard yang mendukung overclocking yaitu X370, B350 dan X300. Motherboard dengan chipset A320 dan A300 tidak bisa untuk overclocking.

Ryzen™ 3 1200 hadir sebagai alternatif yang mampu tawarkan performa Quad Core namun dengan harga lebih terjangkau, dimana sangat cocok untuk pengguna yang hobi menggunakan PC untuk eSports gaming. Prosessor ini sangat cocok jika dikombinasikan juga dengan kartu grafis Radeon™ RX 550 atau Radeon™ RX 560 yang mampu berikan performa gaming di resolusi Full HD dengan lancar pada harga yang bersahabat. Tidak hanya tangguh untuk gaming, Ryzen™ 3 1200 juga tetap mumpuni lho untuk kegiatan lainnya seperti kreasi konten dan encoding video, dimana berdasar pengujian internal AMD, terbukti Ryzen™ 3 1200 lebih unggul dibandingkan kompetitor yang hanya hadirkan “Dual Core” pada tingkat harga lebih tinggi5.

Untuk setiap pembelian prosessor terbaru Ryzen™ 3 juga sudah disertakan dengan pendingin Wraith Stealth yang terkenal hening dengan maximum hanya 39db, cocok dengan kondisi perkantoran atau perpustakaan. Dengan performa kipas yang ditingkatkan dibandingkan jenis pendingin prosessor sebelumnya, membuat suhu processor Ryzen™ 3 tetap terjaga dengan optimal.

Perlu diketahui bahwa Ryzen 3 ini tidak memiliki IGP (Integrated Graphic Prosessor) jadi mengharuskan pengguna menambahkan Graphic Card. Dan diharuskan menggunakan konfigurasi RAM dual channel untuk performa yang lebih baik, serta seri ryzen apa saja sudah mendukung kecepatan frekuensi RAM hingga 3200 Mhz dan pengguna harus mengaktifkan A-XMP profile melalui bios untuk ram yang juga mendukung kecepatan 3200 Mhz.

AMD Bristol Ridge APU

 Sistem desktop pertama yang menggunakan prosesor AMD A-Series Generasi ke-7 (dikenal dengan nama sandi “Bristol Ridge”) dengan soket baru AMD yaitu AM4. Dilengkapi dengan memori DDR4, perangkat ini akan memberikan efisiensi energi yang sangat baik dan bandwidth yang besar, memungkinkan pengolahan berkecepatan tinggi dan bermain game eSports dengan lancar, dengan kemampuan HD streaming yang ditingkatkan.

Sistem yang didukung oleh prosesor AMD A-Series Generasi ke-7 memberikan kinerja, pengalaman mendalam dan efisiensi energi, dengan “Excavator” hingga 4 core. Prosesor desktop AMD A-Series Generasi ke-7 terdiri dari versi 65-watt dan 35 watt, menawarkan efisiensi daya unggul dan memungkinkan solusi yang fleksibel pada berbagai form factor.

Prosesor desktop AMD A-Series Generasi ke-7 juga membawa kemampuan grafis yang ditingkatkan, menambahkan fitur video playback yang mendukung hingga resolusi 4K Ultra HD baik di H.264 populer maupun H.265 yang merupakan format video coding yang baru dan sudah ditingkatkan. Perangkat ini juga akan dilengkapi AMD Radeon Graphics Core Next, dengan dukungan penuh untuk Microsoft® DirectX® 12.

Socket AMD AM4 adalah infrastruktur socket terpadu yang menyediakan kompatibilitas antara prosesor AMD A-Series Generasi ke-7 dan Desktop CPU berkinerja tinggi berbasis “Zen” (dikenal dengan “Summit Ridge”) yang akan hadir selanjutnya dan produk yang akan hadir setelahnya.

AMD Threadripper

AMD kembali meluncurkan varian terbaru untuk segmen High-End berkekuatan hingga 16 Cores 32 Threads yang pas untuk MEGA-TASKING bernama Ryzen™ Threadripper! Terdiri dari dua varian yaitu Ryzen threadripper 1950X dan Ryzen threadripper 1920X.

AMD dengan bangga memperkenalkan prosessor Ryzen™ Threadripper dengan kinerja tinggi untuk segmen khusus pengguna PC High End Desktop (HEDT) performa tinggi. Ryzen™ Threadripper dianggap mampu mewakili keinginan dari para konsumer HEDT yang diantaranya adalah :

  • More Compute : Ryzen™ Threadripper hadir dengan lebih banyak core hingga 16 Cores 32 Threads berperforma tinggi yang hadirkan performa MEGA-TASKING hebat untuk berbagai aktivitas berat.
  • Large Memory Footprint : Ryzen™ Threadripper telah mendukung hingga Quad Channel Memory dengan 8 Slot RAM DDR4-266
  • More I/O and Storage : Ryzen™ Threadripper telah hadirkan dukungan penyimpanan data terkini berbasis SSD PCIe M.2 dan U.2 serta Sata Express.

More GPU dan PCIe Lanes : Ryzen™ Threadripper juga telah mendukung hingga 64 PCIe Lanes yang hadirkan dukungan multi-gpu hingga 4 buah kartu grafis (Quad CrossfireX/Quad SLI) untuk kepentingan olah grafis terbaik.

Dengan kemampuan tinggi seperti yang telah dijelaskan di atas, Ryzen™ Threadripper tentunya sangat cocok untuk dipakai oleh konsumen pengguna HEDT yang secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 segmen, yakni :

  1. Developer dan Researcher: Untuk Anda pengembang software atau peneliti, Ryzen™ Threadripper bisa digunakan untuk simulasi perangkat lunak yang dibuat, olah basis data besar dan berbagai keperluan lainnya yang butuh performa cepat.
  2. Prosumers dan Creators: Bagi Anda yang bekerja di studio yang menangani projek multimedia besar untuk pembuatan animasi, musik atau film, Ryzen™ Threadripper dengan performa tinggi juga bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk Anda.
  3. Multi-Tasking Gamers: Untuk Anda para gamer professional yang menginginkan pengalaman gaming lancar di resolusi tinggi hingga 4K termasuk menjalankan kegiatan multitasking seperti bermain game sambil streaming ke situs favorit Youtube atau Twitch.TV, rutinitas tersebut bukanlah masalah bagi Ryzen™

Untuk seri tertinggi, AMD hadirkan Ryzen™ Threadripper berkekuatan 16 Cores 32 Threads performa tinggi dengan Clock Speed hingga 4.0 GHz. AMD juga hadirkan PCIe Lanes hingga 64 buah untuk mendukung pemasangan 4 kartu grafis (Quad CrossfireX/Quad SLI) untuk dukungan olah grafis terbaik.  Pengguna Ryzen™ Threadripper 1950X juga bisa hadirkan performa lebih dengan melakukan overclocking, karena Ryzen™ Threadripper telah mendukung Unlocked Multiplier1.

Dalam hal performa, berdasarkan benchmark Cinebench yang merupakan aplikasi benchmark terkenal yang hadirkan simulasi render 3D,  Ryzen™ Threadripper 1950X terbukti mampu hadirkan performa yang lebih unggul hingga 38% lebih baik dibandingkan dengan kompetitor di tingkat harga yang sama.

Begitupun dalam aplikasi sehari-hari, mulai dari aplikasi grafis POVRay, Premier Pro, Handbrake hingga aplikasi yang biasa digunakan untuk menunjang produktivitas seperti 7-Zip dan VeraCrypt, membuktikan Ryzen™ Threadripper 1950X mampu hadirkan performa yang lebih baik di tingkat harga yang kompetitif dibandingkan kompetitor.

Ryzen™ Threadripper 1920X, Berkekuatan 12 Cores 24 Threads dengan Fitur Sama Lengkap, Harga Lebih Terjangkau!

Ryzen™ Threadripper 1920X hadir dengan harga lebih terjangkau yakni $799 dengan performa berkekuatan 12 Cores 24 Threads dan berkecepatan hingga 4.0 GHz yang handal untuk multitasking. Tidak hanya itu, prosessor Ryzen™ Threadripper 1920X juga hadir dengan fitur yang sama dengan seri tertinggi, seperti dukungan 64 PCIe Lanes serta Quad Channel DDR4 dan hadir dengan Unlocked Multiplier yang menandakan Ryzen™ Threadripper 1920X telah siap untuk di overclocking.

Dalam tes aplikasi benchmark terkenal Cinebench untuk simulasi render 3D, kembali membuktikan Ryzen™ Threadripper 1920X mampu hadirkan performa hingga 11% lebih baik dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan kompetitor yang menawarkan harga lebih mahal. Tentunya dengan memilih Ryzen™ Threadripper sudah jelas sekali bahwa Anda akan  memperoleh lebih banyak keuntungan dibanding memilih produk kompetitor.

Ryzen™ Threadripper juga hadirkan jumlah cores yang jauh lebih banyak, disertai jumlah Cache yang lebih besar dibanding produk competitor, dimana dapat berguna untuk hadirkan performa lebih tinggi saat melakukan banyak pekerjaan sekaligus. Untuk keperluan olah grafis yang lebih intens, Ryzen™ Threadripper juga hadirkan PCIe Lanes yang lebih besar dengan hadirkan dukungan hingga 4 kartu grafis yang berguna untuk menunjang kegiatan professional berat seperti rendering 3D.

Tidak hanya hadirkan spesifikasi yang kompetitif, Ryzen™ Threadripper juga terbukti unggul atas kompetitor baik dalam performa, konsumsi daya rata-rata serta performa/watt dibandingkan kompetitor diharga yang sama4. Dengan ini, tentunya sudah jelas bukan bahwa Ryzen™ Threadripper merupakan pilihan  upgrade prosessor PC HEDT yang jauh lebih baik dari segala segi dengan penawaran value lebih banyak yang dapat menguntungkan Anda sebagai konsumen yang menginginkan produk terbaik.

Ketersediaan Motherboard dan Pendingin Ryzen™ Threadripper

Ryzen™ Threadripper hadir dengan Platform X399 yang menggunakan socket TR4 dengan beragam fitur unggulan seperti:

  1. Dukungan Quad Channel Memory : Mendukung RAM DDR4 2667 Quad-Channel Memory dengan 8 Slot DIMM.
  2. Dukungan Multi-GPU : Mendukung penggunaan Multi-GPU hingga 4 kartu grafis dalam mode CrossfireX/SLI.
  3. Storage : Mendukung dukungan storage terkini seperti SSD M.2, U2, NVMe dan SATA Express.
  4. I/O : Mendukung USB 3.1 Gen 2 untuk transfer data lebih cepat.

AMD Radeon Vega

AMD melalui Radeon Technology Group selaku divisi khusus pengembangan kartu grafis telah memperkenalkan chip GPU Radeon™ Vega dengan arsitektur grafis terbaru yang akan hadir pada versi kartu grafis Radeon™ generasi selanjutnya. Radeon™ Vega tentunya menghadirkan banyak keunggulan yang diantaranya meliputi:

  • Teknologi HBM2
  • Teknologi High Bandwith Cache
  • Teknologi New Programmable Geometry Pipeline
  • Teknologi Next-Gen Compute Unit
  • Teknologi Advance Pixel Engine

Radeon™ Vega direncanakan akan hadir untuk berbagai kebutuhan mulai dari PC Gaming dengan resolusi 4K, Superkomputer yang biasa digunakan untuk kebutuhan seperti simulasi cuaca hingga workstation yang biasa digunakan oleh studio film ternama. Radeon™ Vega diciptakan sebagai chip GPU dengan performa tinggi yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan diatas dengan mudah.

Graphics card ini dirancang untuk gamers serius yang ingin bermain game dengan konfigurasi rata kanan. RX Vega sendiri hadir dengan 3 tipe, yaitu : Radeon RX Vega 56, Radeon RX Vega 64, dan Radeon RX Vega 64 Liquid Cooled. RX Vega ini juga menjamin konsistensi di game dengan resolusi 4K.

Berikut ini adalah spesifikasi Radeon RX Vega 56, Radeon RX Vega 64, dan Radeon RX Vega 64 Liquid Cooled

Graphic Card Radeon Vega

Unboxing AMD Threadripper

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here