AMD Patenkan Desain Chiplet Untuk GPU

0
70

AMD dikabarkan telah mengajukan Paten baru ke Kantor Paten AS pada 31 Desember lalu yang dimana AMD akan menggunakan desain chiplet pada GPU. Selain itu, dokumen tersebut menjelaskan potensi desain chiplet GPU termasuk kemungkinan masalah yang akan terjadi dan solusinya. Menurut AMD, desain GPU selama ini yang umumnya monolitik dianggap tidak efisien untuk penggunaan multi GPU contohnya AMD Crossfire.

Sayangnya AMD belum mengonfirmasi secara publik bahwa desain chiplet akan bekerja pada GPU. Namun, ada desas-desus bahwa desain RDNA3+ untuk Radeon yang akan datang menggunakan model chiplet. AMD memiliki banyak pengalaman dengan desain multi-chip, terutama dari seri Ryzen dan berbagai APU-nya, termasuk konsol game generasi saat ini.

Kedua pesaing yaitu NVIDIA dan Intel juga diharapkan akan gunakan desain sama. Intel telah mengonfirmasi kartu grafis Xe-HP dengan desain ubin, yang diharapkan akan melakukan debutnya akhir tahun ini. Sementara itu, NVIDIA dikabarkan akan memperkenalkan MCM (multi-chip-module) GPU pertamanya dengan arsitektur Hopper.

Sumber : Freepatent, Twitter @davidneco25320 melalui videocardz