Review realme 6: Smartphone dengan Layar 90Hz Termurah di Indonesia

0
136

Overclockingid.com – Pada akhir bulan Maret 2020 kemarin, realme meluncurkan dua produk smartphone terbarunya yaitu realme 6 dan realme 6 pro. Banyak sekali kelebihan dan fitur-fitur menarik yang terdapat pada smartphone realme 6 series ini. Maka dari itu, kami menjadi penasaran dan ingin menguji kemampuan dari ponsel ini. Seperti apa sih performanya? mari kita simak review berikut ini!

Paket Penjualan

Untuk isi dari paket penjualannya terdapat rubber case, SIM ejector, charger adapter 30W dengan kabel data USB Type-C. Selain rubber case, realme 6 ini juga sudah dilengkapi dengan pelindung layar tempered glass. Sehingga kita tidak lagi harus membeli aksesoris tambahan untuk melindungi smartphone ini.

Salah satu kekurangan dari paket penjualan realme 6 adalah tidak tersedia headset di dalamnya. Namun, kekurangan tersebut dapat ditutupi dengan adanya charger adapter 30W. Charger adapter 30W ini sangat jarang diberikan pada paket penjualan. Walaupun banyak ponsel lain yang memiliki fitur fast charging 30W, tetapi kita diharuskan membeli charger-nya secara terpisah.

Desain

Desain pada ponsel realme 6 terinspirasi oleh komet yang membelah langit malam yang gelap, desain komet realme 6 ini sangat cerah dan cantik. Dengan teknologi pelapisan optik baru, kecerahan dan saturasi warna meningkat sebesar 60% dan 50%, dan efek visualnya cerah dan menarik.

Komet desain pada realme 6 ini membuat gradien warna pada smartphone ini tertuju ke bagian bawah port charger. Desain ini benar-benar terlihat persis seperti sebuah komet jatuh dengan ekor komet yang begitu cantik untuk dilihat.

realme 6 commet blue

Dengan dimensi dari realme 6 yaitu 162.1 x 74.8 x 8.9 mm dan berat sekitar 191 gram membuat smartphone ini terlihat ramping dan cukup nyaman digenggam. 

Kamera Depan

realme 6 sendiri tidak memiliki poni di bagian depannya. Untuk kamera depan realme 6 menggunakan desain hole-punch, benar-benar berbeda dengan desain kamera depan pendahulunya realme 5 pro. Sedangkan untuk sensor cahaya dan jarak termasuk earpiece dan lampu infrared terletak pada tepi atas termasuk mic sekunder di bagian atas dari smartphone ini.

Sisi Kiri
Sisi Kanan

Untuk tombol fisiknya sendiri, disebelah kiri terdapat tombol volume (+/-). Sedangkan di bagian kanannya terdapat tombol daya yang digabungkan dengan modul pengenalan sidik jari. Desain ini membuat kami lebih mudah dalam membuka kunci layar. Kecepatan membuka kuncinya terbilang cukup cepat, yaitu hanya 0.29 detik saja.

Pada bagian bawah dari realme 6 ini terdapat speaker, microphone, port USB type-C dan juga port audio 3.5mm.

Tray untuk kartu SIM berada pada sisi kiri dari realme 6. Jika dilihat dengan jelas, tray kartu SIM yang digunakan memiliki bentuk dedicated, yang artinya slot SIM dengan slot microSD memiliki celah tersendiri. Slot seperti ini sangat memudahkan pengguna yang menginginkan pemakaian dual SIM dan micro SD secara bersamaan tanpa mengorbankan salah satu slot SIM.

Kamera utama dari realme 6 berada di belakang dengan konfigurasi quad camera. Dengan tidak adanya finger print di bagian belakang smartphone ini membuat desainnya terlihat lebih cantik dan premium. Namun, dibalik warna dan desain yang cantik, body bagian belakang pada smartphone ini sangat mudah meninggalkan jejak sidik jari.

UI

OS Android yang digunakan di realme 6 ini adalah Andriod 10 dengan UI realme. UI yang digunakan pada smartphone ini terasa lancar dan simple ditambah dengan adanya Dark Mode membuat UI pada smartphone ini tidak membosankan dan sangat menarik.

Performa

Dari hasil benchmark sintetis dan juga game test di atas, bisa kami simpulkan bahwa realme 6 ini benar-benar memiliki performa yang luar biasa dikelasnya. Kinerja dari MediaTek Helio G90T ini dapat memainkan game-game populer saat ini tanpa masalah sedikitpun. Jadi, jangan takut untuk menggunakan setting grafis paling tinggi untuk bermain game. Karena smartphone ini mampu menanganinya dengan baik.

Kamera

Hasil Foto Kamera Realme 6

realme 6 menggunakan set-up quad camera ultra-clear terbaru, terdiri dari kamera utama 64MP, ultra wide-angle 8MP 119°, 2MP lensa makro serta 2MP lensa potret B&W. Menggunakan sensor Samsung ISOCELL GW1, smartphone ini menunjukkan hasil gambar dari kamera belakang yang sangat baik.

Detail dari gambar yang dihasilkan cukup bagus, baik itu dalam keadaan cukup cahaya ataupun minim cahaya. Kita juga dapat memilih mode kamera 16MP atau mode 64MP dalam pengambilan gambarnya. Tak ketinggalan juga dengan mode lainnya, yaitu mode wide angle, makro dan potret B&W.

Baterai dan Suhu

realme 6 menggunakan baterai tipe Li-ion non-removable dengan kapasitas 4300 mAh. Dengan penggunaan SoC 12 nm dan layar 6.5 inci, baterai dengan kapasitas seperti ini mampu digunakan untuk waktu yang cukup lama bagi smartphone ini.

Pengujian dilakukan dengan menggunakan aplikasi PCMark Work 2.0 battery life dengan kecerahan layar sekitar 20%. Smartphone ini mampu bertahan hingga 10 jam 35 menit dengan pengujian ini dan masih menyisakan baterai 19%. Dari sini kita dapat melihat bahwa smartphone ini bisa kita gunakan seharian penuh tanpa takut akan kehabisan baterai.

Berdasarkan pengujian selama kurang lebih 10 jam dengan PCMark Work 2.0, suhu yang dihasilkan oleh smartphone ini terbilang cukup aman dimana suhunya hanya sekitar 40°C saja. Hal ini membuktikan bahwa chipset Mediatek tidak lagi terbilang sebagai chipset panas seperti pendahulunya.

Sedangkan untuk pengujian pada game. Smartphone ini dapat memainkan game PUBG Mobile selama 1 jam setengah dan hanya memakan baterai sekitar 25% saja dalam konfigurasi grafik smooth extreme. Kalau kalian ingin lebih hemat baterai, kalian bisa mengubah pengaturan grafik ke Low untuk mendapatkan waktu bermain yang lebih lama.

Kesimpulan

Peluncuran realme 6 di awal tahun 2020 ini semakin menambah daftar smartphone dengan fitur AI di tanah air. Terlihat cukup menarik bagi pasar smartphone kelas menengah di kisaran harga 3 juta-an. Selain desain bodi yang elegan dan cantik saat dipandang, beragam fitur menarik dan juga spesifikasi yang dimiliki realme 6 ini tidak bisa dianggap remeh.

Kamera utama dengan konfigurasi 64MP AI Quad Camera yang dimiliki oleh realme 6 memiliki kualitas yang terbilang cukup baik dalam kondisi cukup cahaya ataupun minim cahaya. Kamera selfie yang dimiliki pun menghasilkan foto yang baik, jadi tidak perlu lagi meragukan kemampuan dari kamera realme 6 ini.

Selain itu, realme 6 ini adalah smartphone dengan refresh rate layar 90Hz termurah di pasaran saat ini. Jika kalian ingin merasakan bermain game dengan layar lebar serta refresh rate 90Hz, realme 6 ini adalah jawaban dari keinginan kalian itu. Tak hanya itu, fitur 30W Flash Charge-nya mampu mengisi daya smartphone ini dari 0 sampai penuh hanya dengan waktu 60 menit saja.

Kelebihan

  • SoC MediaTek Helio G90T dengan kinerja tinggi
  • 64MP AI Quad Camera dengan 119° Ultra Wide-Angle Lens
  • 30W Flash Charge, 60 menit untuk Mengisi Penuh Baterai
  • 90Hz Ultra Smooth Display 6,5 inci
  • Fitur Kamera Lengkap
  • Fingerprint cepat hanya 0,29 detik

Kekurangan

  • Belum ada NFC