Review NYK Nemesis Gambit GP-100, Gamepad Multiplatform Terbaik dengan Harga Terjangkau

0
232

Overclockingid.comGamepad merupakan salah satu gaming periferal yang banyak digunakan oleh para gamer. Tak hanya gamer konsol, gamer pc dan android juga banyak yang menggunakan gamepad sebagai penunjang gaming mereka. Pada kesempatan kali ini, kami akan menguji salah satu gamepad keluaran NYK Nemesis yaitu NYK Nemesis GP-100 atau bisa disebut juga dengan NYK Nemesis Gambit. Seperti apa performa dari NYK Nemesis Gambit ini? Mari simak pengujiannya di bawah ini!

Desain

Gamepad NYK Nemesis Gambit ini menggunakan layout dengan left stick (Analog kiri) yang berada di atas dan D-pad berada di bawah seperti pada kontroler xbox. Dilengkapi dengan lampu LED pada bagian kiri, kanan, atas serta Home Button membuat Gamepad ini terlihat sangat kekinian.

Bagian hand grip dari gamepad ini cukup luas sehingga membuat tangan kita nyaman ketika menggenggamnya. Namun, karena hand grip pada gamepad ini menggunakan finishing glossy, membuat gamepad ini mudah meninggalkan sidik jari ketika kita menggunakannya.

Performa

Sebelum masuk ke pengujian game, kami terlebih dahulu mengecek tombol gamepad ini menggunakan gamepad tester. Dapat dilihat pada gambar di atas, 360o joystick gamepad ini hampir tidak memiliki deadzone. Deadzone adalah area di sekitar pusat gamepad yang tidak merespon gerakan. Contoh, jika kita menggerakkan sedikit analog ke arah kiri tetapi pada indikator tetap berada di tengah dan jika menggerakkan lebih ke kiri lagi maka tiba-tiba indikator langsung berbelok sangat jauh ke kiri.

Hal tersebut merupakan kelebihan yang patut dibanggakan dari gamepad ini. Karena dengan deadzone yang kecil, gaming experience yang akan kita rasakan pasti sangat mengesankan. Bayangkan ketika kita bermain game shooter dengan deadzone gamepad yang besar, pasti aim kita tidak akan mengarah dengan benar.

Untuk pengujian game fighting, kami menggunakan game Tekken 7. Ketika melakukan combo di dalam Tekken 7, kami menemukan sedikit kesulitan ketika menggunakan karakter yang combo-nya menggunakan kombinasi tombol D-Pad yang rumit. Tetapi hal tersebut dikarenakan kami yang sudah terbiasa dengan layout D-Pad dari DualShock4 yang semua tombol D-Pad-nya terpisah antara satu sama lain.

Ketika kita terkena serangan dari lawan, gamepad ini akan bergetar. Bagi kalian yang suka dengan fitur ini pastinya akan merasakan pengalaman bermain yang sangat memuaskan. Tetapi bagi kalian yang tidak suka, kalian bisa mematikan fitur vibration-nya di pengaturan.

Lalu untuk game sports kami mencobanya dengan 3 game, yaitu eFootball PES 2021, FIFA21 dan juga NBA 2K20. Seperti yang kami katakan tadi, dengan deadzone yang sangat kecil membuat gamepad ini sangat nyaman ketika dimainkan. Kalian tidak perlu khawatir akan salah mengarahkan 360o joystick ketika mengoper bola kepada teman kalian.

Untuk game PES dan FIFA gamepad kalian akan bergetar ketika pemain kalian dilanggar atau terkena sliding tackle, untuk game NBA 2K20 gamepad kalian akan bergetar ketika pemain kalian terkena foul atau ketika lemparan bola kalian mengenai bagian pinggir ring basket. Seperti biasa, bagi kalian yang tidak suka dengan mode vibration ini, kalian bisa mematikannya di bagian pengaturan.

Untuk pengujian game pada platform android, kami menggujinya dengan game genshin impact. Gamepad ini dapat berjalan dengan normal tanpa kendala di game android sekalipun. Mungkin yang menjadi kekurangannya adalah pada paket penjualan gamepad ini tidak disertakan OTG adapter untuk menghubungkan gamepad ini ke smartphone kita.

Kesimpulan

Gamepad NYK Nemesis Gambit ini merupakan gamepad multiplatform serba bisa dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp200.000. Kelebihan utama dari gamepad ini selain harganya yang terjangkau adalah gamepad ini memiliki deadzone yang sangat kecil dan 360o joystick yang sangat ringan ketika digerakkan. Hal tersebut merupakan salah satu kelebihan yang sangat jarang ditemukan pada gamepad di kelas harga yang setara.

Kekurangan pada gamepad ini adalah paket penjualannya yang sangat minim, gamepad ini tidak disertai dengan OTG adapter untuk smartphone. Dan juga banyak bagian pada gamepad ini menggunakan finishing glossy yang membuatnya terlihat kekinian namun di satu sisi juga membuat gamepad ini sangat mudah meninggalkan sidik jari.

Kelebihan

  • Deadzone pada 360o joystick sangat kecil
  • Semua tombolnya sangat responsif
  • Bisa digunakan dalam berbagai platform
  • Plug and Play
  • Adanya lampu LED
  • Memiliki Vibration Feedback

Kekurangan

  • Tidak ada OTG adapter untuk android
  • Mudah meninggalkan sidik jari