Review Infinix XE20, TWS Pertama Infinix dengan Performa Baik dan Harga Terjangkau

0
208

OverclockingID – Saat ini, TWS (True Wireless Stereo) Earphone mulai menjadi perhatian di pasar aksesoris smartphone berbasis AIoT di Indonesia. Infinix sebagai salah satu pemain di pasar smartphone memulai debut pertamanya di pasar AIoT dengan meluncurkan TWS Earphone yaitu Infinix XE20.

Dalam peluncuran produk tersebut, Infinix memiliki visi untuk mendukung generasi muda dan XE20 TWS hadir untuk menjadi pilihan bagi anak muda dalam menunjang kreativitas mereka yang tanpa batas. Seperti apa kualitas yang ditawarkan oleh XE20? kali ini, kami akan melihat lebih dekat TWS earphone dari Infinix yang satu ini.

Kotak penjualan dari Infinix XE20 yang dibalut warna putih dengan nama produk dan gambar produk di tengah. Secara tampilan, kotak penjualan TWS perdana Infinix ini terlihat tidak jauh berbeda dengan TWS Earphones yang lainnya.

Untuk penampilan, desain casing Infinix XE20 ini memiliki desain oval seperti batu alam dengan warna hitam dan tekstur glossy. ukuran casingnya terlihat cukup kecil namun ringkas, sehingga nyaman digenggam dan tak mengganggu mobilitas saat dimasukkan ke dalam saku celana.

Untuk casing-nya sendiri terbilang tidak ada masalah, namun tekstur glossy yang dimiliki terasa licin dan akan dipastikan mudah kotor dari sidik jari.

Saat Infinix XE20 dikeluarkan dari casingnya, terlihat sebuah TWS berdesain yang cukup ergonomis. Infinix XE20 menggunakan desain semi-in-ear dimana desain ini sendiri dibentuk agar sesuai dengan lekukan alami telinga manusia agar TWS dapat digunakan dengan nyaman.

Sentuhan tangkai di bodi TWS ini menjadi sejenis pengait atau pengunci yang membuat Infinix XE20 tidak mudah lepas saat terpasamg di telinga. Bobot earphone sendiri terasa ringan yang membuat telinga tak cepat lelah jika harus menggunakan TWS ini dalam waktu lama. Selain itu, perangkat ini telah memiliki sertifikat IPX4 yang dipastikan TWS ini akan tahan dari cipratan air dan keringat sehingga dapat digunakan juga untuk aktivitas olahraga ringan seperti jogging.

Infinix XE20 mengusung teknologi Bluetooth 5.0 yang terbilang sudah sangat mumpuni. Saat digunakan, proses singkronisasi dari Infinix XE20 ke perangkat lain dalam hal ini smartphone terbilang cepat saat Bluetooth di smartphone sudah aktif. Ketika casing TWS dibuka secara otomatis proses singkronisasi akan dimulai.

Fitur tambahan yang dimiliki TWS saat ini membuat Infinix XE20 semakin mumpuni. Seperti fitur gesture yang memungkinkan untuk mengontrol TWS ini hanya dengan sedikit sentuhan lembut.

Fitur gesture Infinix XE20 terdiri dari One Click yang dapat digunakan untuk melanjutkan atau menghentikan musik yang sedang diputar. Gesture ini juga dapat digunakan untuk menjawab panggilan telepon. Sementara Double tap pada earphone bagian kanan dapat berpindah ke musik selanjutnya. Sedangkan Long Tap selama 1 detik untuk menolak panggilan telepon atau mengaktifkan asisten suara. Terakhir, Long Tap selama 7 detik dapat mengaktifkan atau mematikan Infinix XE20. Bisa dibilang fitur gesture akan memudahkan pengguna untuk menjalankan fungsi tertentu secara cepat.

Kualitas Audio

Kualitas Audio dari Infinix XE20 terbilang cukup menarik, Infinix mengklaim XE20 menawarkan kualitas audio mumpuni dengan hasil suara yang jernih. Saat digunakan untuk mendegarkan musik dengan genre rock, suara yang dihasilkan cukup jernih dengan komposisi suara instrumen seimbang yang terasa nyaman di telinga.

Produk ini juga diklaim mempunyai latensi sangat rendah hanya 60ms saja sehingga pengguna dapat mendengarkan suara game, video, maupun musik streaming dari handphone secara lancar. Meskipun begitu, delay masih sedikit terasa di beberapa game mobile dengan kecepatan yang cukup intens seperti PUBG Mobile.

Untuk daya tahan baterai, Infinix mengklaim bahwa perangkat ini mampu bertahan selama seminggu dalam kondisi siaga di dalam charging case bawaannya. Untuk mengisi daya baterai charging case, XE20 menggunakan port USB Type-C yang cukup umum saat ini dengan kabel pengisian yang sudah termasuk di dalam paket penjualan.

Saat digunakan untuk mendengarkan musik secara nonstop, maka kedua earbud-nya masing-masing dapat bertahan selama 4 jam. Saat dimasukkan ke dalam charging case, earbud dapat terisi dari kondisi 0% ke 100% hanya dalam waktu sekitar 2 jam. Selama pengujian, klaim Infinix untuk daya tahan baterai XE20 terbilang cukup tepat.

Kesimpulan

Infinix XE20 dipatok dengan harga dibawah 200 ribu(harga saat ini), yang akan dipastikan menambah panas persaingan TWS di Tanah Air. Dari hasil pengujian yang dilakukan, TWS perdana dari Infinix ini mampu memberikan pengalaman audio yang berkualitas. Dengan segala kualitas yang dimiliki, Infinix XE20 diharapkan akan menjadi pesaing tangguh dalam persaingan perangkat TWS pada rentang harga 100 ribuan di Tanah Air.