CPU Intel Alder Lake-S non-K berhasil di-overclock, capai 5.2 GHz

OverclockingID – CPU Alder Lake 65W seri non-K yang merupakan seri dengan multiplier yang dikunci bukan menjadi pilihan pertama untuk overclocking karena banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Namun dengan seri Core Generasi ke-12 terbaru, Intel membuat overclocking CPU 65W Dengan CPU Alder Lake sedikit lebih sederhana dengan tidak perlu bergantung pada pengaturan daya maksimal saja (PL1/PL2).

Dengan hanya mengubah BCLK (Bus Speed) secara manual membuat frekuensi CPU target juga akan meningkat. Frekuensi BCLK tidak lagi berpengaruh ke komponen lain seperti antarmuka PCIe yang biasanya akan menyebabkan masalah dan biasanya bukan cara terbaik untuk meng-overclock CPU non-K dengan mengubah BCLK secara langsung.


Seorang overclocker ternama, der8auer menemukan bahwa opsi overclocking BCLK tersedia pada motherboard ASUS Z690 (dalam hal ini ROG Maximus APEX) dan hanya jika CPU non-K terpasang. Menurutnya, pilihan OC via BCLK sekarang dikonfirmasi hanya tersedia pada motherboard Z690 APEX dan Z690 HERO dengan BIOS 0811, namun opsi ini tidak tersedia di ROG STRIX Z690-I.

ASUS ROG Maximus Z690 APEX BCLK OC Settings, Source: der8auer

Der8auer mengklaim, Pengaturan overclocking yang baru akan membutuhkan lebih banyak voltase, itulah sebabnya voltase inti/cache harus ditingkatkan menjadi sekitar 1,35-1,37V. Namun, perlu diingat bahwa semua pengaturan ini akan bergantung pada sampel, karena hasilnya dapat bervariasi tergantung pada binning CPU. Pengujian telah menunjukkan bahwa konsumsi daya telah meningkat hingga maksimum 138W dan masing-masing inti akan mencapai 96°C:

Suhu dan Daya Intel Core i5-12400 OC, Sumber: der8auer

Menariknya, der8auer juga menguji CPU Core i5-12600 yang merupakan CPU 6-inti yang sama dengan 12400 dan secara teknis chip dengan spesifikasi lebih tinggi. Namun CPU ini tidak dapat mengatur frekuensi BCLK yang sama seperti 12400 dan sebagai hasilnya tidak akan secepat dalam pengujian yang sebenarnya.

Intel Core i5-12400 pada Cinbench, Source: der8auer

Kedua CPU menghasilkan kinerja dua digit dalam uji Multi-core Cinebench R20. Kinerja i5-12400 meningkat sebesar 33%, sementara Core i5-12600 berada di +16% dibandingkan dengan pengaturan default.

Intel Core i5-12400 pada Cinebench, Source: der8auer

Bergantung pada game yang sedang diuji, 12th Gen Core non-K yang di-overclock dapat menduduki puncak grafik sebagai CPU game terbaik, atau terkadang berada di tengah. Ini sangat tergantung pada bagaimana game memanfaatkan arsitektur inti hibrida atau hanya sejumlah besar inti umumnya hanya memakai P-core saja.

Der8auer berpikir bahwa opsi ini mungkin hanya akan tersedia pada motherboard Z690 kelas atas yang dilengkapi dengan clock generator eksternal, fitur yang umumnya ada pada motherboard seperti ROG Maximus, ASRock Aqua, dan model Z690 lain yang sangat mahal.

Belum diketahu dengan pasti motherboard mana yang mendukung fitur BCLK OC entah dari ASUS atau perusahaan lain. Metode overclocking ini mungkin memiliki akses yang sangat terbatas karena biaya motherboard kelas atas dengan clock-gen eksternal yang diperlukan agar metode ini berfungsi. Jika hal itu tidak diperlukan, maka BCLK OC akan didukung ke motherboard Z690 yang lebih murah di masa depan dimana menjadi pilihan yang sangat menarik untuk build PC kelas menengah.

Sumber :