Wednesday , February 20 2019
Home / Home / ASUS ZenBook UX333FN, Sebuah Laptop Ringkas, Kuat dan Powerfull

ASUS ZenBook UX333FN, Sebuah Laptop Ringkas, Kuat dan Powerfull

Benchmark

Kerja oke, main juga bisa

Seri ZenBook merupakan laptop dengan performa premium, tidak terkecuali ZenBook UX333FN. Karena menyasar pengguna profesional on-the-go, laptop ini hadir dengan hardware yang mumpuni sehingga tidak menghambat kegiatan bekerja. Menariknya, hardware tersebut ternyata juga cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi hiburan seperti game kasual.

Intel Core i7-8565U merupakan prosesor dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread yang sudah mendukung teknologi Hyper-Threading. Prosesor ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Turbo Boost sehingga kecepatan pemrosesannya dapat dipacu hingga 4,6GHz, sementara base clock-nya ada di angka 1,8GHz. Hasil benchmark prosesor pada laptop ini menggunakan Cinebench R15 menunjukkan angka yang cukup memuaskan, yaitu 671 poin untu multi-thread performance dan 164 poin untuk single-thread performance.

cb
Cinebench R15

Agar performanya lebih optimal dan bisa menunjang kebutuhan para profesional, ZenBook UX333FN dilengkapi dengan chip grafis (GPU) NVIDIA GeForce MX150. Chip grafis ini memang bukan untuk bermain game, namun keberadaannya sangat bermanfaat untuk mendongkrak performa grafis  di laptop ini sehingga dapat menjalankan berbagai aplikasi profesional seperti Adobe Photoshop dan Premiere lebih optimal.

Bagaimana dengan game? ZenBook UX333FN memang bukan merupakan mesin gaming seperti jajaran laptop ASUS ROG atau TUF Gaming meski sama-sama menggunakan GPU terpisah. NVIDIA GeForce MX150 merupakan GPU berdaya rendah yang memang dirancang agar ultrabook seperti ZenBook UX333FN bisa hadir dengan performa grafis lebih baik.

Namun, bukan berarti ZenBook UX333FN tidak bisa digunakan untuk bermain game. Laptop ini masih bisa memainkan berbagai game AAA lama serta beberapa game yang memang tidak fokus pada kualitas grafis speerti Sid Meier’s Civilization VI dan Beyond Earth. Kedua game tersebut pun bisa berjalan lancar dengan framerate yang cukup baik di sekitar 30fps, meski pengaturan grafisnya tidak maksimal.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah hasil benchmark ZenBook UX333FN menggunakan berbagai aplikasi benchmark ternama.

pcm8
PCMark 8 Benchmark
pcm10
PCMark 10 Benchmark
3dmcg
3DMark Cloud Gate Benchmark
3dmsd

3DMark Sky Diver Benchmark
ue
Unigine Heaven Benchmark 4.0

ZenBook UX333FN sudah menggunakan M.2 NVMe SSD sebagai media penyimpanannya. TIdak ada media penyimpanan kedua di laptop ini sehingga akses terhadap datanya sangat cepat. Untuk ZenBook UX333FN kali ini, ASUS menghadirkan kapasitas penyimpanan sebesar 512GB, sangat cukup untuk menyimpan berbagai data pekerjaan dan hiburan Anda.

cdm
CrystalDiskMark 6.0 SSD Benchmark

Beralih ke baterai, ZenBook UX333FN hadir dengan baterai lithium-polymer berkapasitas 50Wh. Dalam pengujian menggunakan PCMark 8 Battery pada mode Home Conventional, laptop ini mampu bertahan cukup lama yaitu hingga 5 jam 22 menit. Artinya, untuk penggunaan aplikasi rumahan laptop ini bisa bertahan kurang lebih selama 5,5 jam. Pengujian ini juga dilakukan dengan kondisi laptop terhubung dengan WiFi dan tingkat kecerahan layar 50 persen.

battery
PCMark Battery Life Benchmark

Kesimpulan

Secara spesifikasi, ZenBook UX333FN mungkin tidak berbeda jauh dengan ultrabook sekelasnya. Bahkan mungkin ada juga ultrabook yang menawarkan spesifikasi serupa di luar sana. Yang menjadi keistimewaan laptop ini adalah bodinya yang sangat ringkas. Hingga saat ini tidak ada laptop 13 inci dengan bodi yang lebih ringkas dari ZenBook UX333FN dan hal tersebut tentu luar biasa. Apalagi ASUS harus menyematkan berbagai komponen premium ke dalam bodi yang sangat ringkas tersebut.

ZenBook UX333FN bersama dengan dua saudaranya bisa jadi akan tampil sebagai standar baru untuk ultrabook karena mengecilkan dimensi bodi secara keseluruhan terbukti memiliki manfaat lebih besar ketimbang hanya membuat laptop menjadi semakin tipis.

spek

About novri

PC Hardware Enthusiast and casual gamer

Check Also

17 Januari, Indonesia Jadi Saksi Kehadiran Laptop Paling Ringkas di Dunia

Jakarta (11 Januari 2019) – Tanggal 17 Januari mendatang akan menjadi hari bersejarah bagi industri …