AMD AM5 dikabarkan akan menjadi platform berumur panjang dengan konfirmasi dukungan pendingin AM4

0
50

OverclockingID – AMD saat ini sedang merancang platform Socket AM5 yang akan datang untuk menjadi “platform berumur panjang,” tidak seperti AM4. CEO Dr Lisa Su menanggapi pertanyaan tentang umur panjang soket AM5 oleh Paul Alcorn dari Tom’s Hardware pada serangkaian wawancara dengan PC World, mengatakan bahwa dia sangat senang dengan AM4 menjadi soket desktop perusahaan yang berumur panjang dan sementara dia tidak memiliki jumlah tahun yang tepat untuk dibagikan, orang bisa berharap AM5 menjadi “platform berumur panjang” dari jenis yang sama.

Socket AM4 memulai debutnya di AMD bersama prosesor Ryzen pertama pada Maret 2017. AM4 tetap menjadi soket desktop mainstream AMD selama hampir lima tahun dan AMD terus meluncurkan produk baru untuk socket tersebut. Bahkan pada tahun 2022, perusahaan diharapkan memberikan soketnya dengan prosesor Ryzen 5000X3D yang luar biasa. AM4 dirancang dengan mempertimbangkan DDR4 saluran ganda dan hingga 28 jalur PCIe Gen 3 (kemudian Gen 4). Perubahan ke Socket AM5 didorong oleh I/O generasi berikutnya, yaitu memori DDR5 (empat saluran 40-bit), dan PCIe Gen 5.

“AMD berkomitmen pada platform AM4, soket AM4 untuk waktu yang cukup lama. Bisakah kalian memberi tahu kami berapa lama Anda akan bertahan dengan AM5?,” tanya Paul Alcorn, yang ditanggapi oleh Dr Su: “Ya, kami’ sangat senang dengan bagaimana AM4 telah berevolusi …. kami mengatakan kami akan mempertahankan soket itu untuk waktu yang lama dan kami telah melakukannya. Kami terus percaya bahwa itu baik untuk komunitas dan terus terang, itu baik untuk kami juga. kami membawa banyak hal, sudah waktunya untuk melakukan transisi soket untuk I/O baru dalam teknologi baru, tetapi saya pikir dari segi strategi, itu harus serupa. Saya tidak memiliki jumlah tahun yang tepat tetapi saya akan mengatakan bahwa Anda harus mengharapkan bahwa AM5 akan menjadi platform berumur panjang seperti AM4. Saya pikir kami mengharapkan AM4 untuk tetap berada di pasar selama beberapa tahun dan itu akan menjadi semacam jenis hal yang tumpang tindih.”

Sumber: PC World