Review realme C35, Smartphone Entry Level Paling Stylish dengan Kamera 50MP

OverclockingID – Saat ini, realme telah meluncurkan smartphone entry-level terbaru mereka yaitu realme C35 ke Indonesia. Seri C dikenal sebagai seri yang berada di kelas harga entry-level, dengan mengandalkan ketahanan baterai yang awet dan sertifikasi ketahanan smartphone dari TÜV Rheinland.

Kali ini, dengan slogan “Kamera Cakep, Desain Stylish” realme C35 menawarkan beberapa perubahan terutama desain bodi yang stylish dan Kami mendapat kesempatan untuk mencoba smartphone realme C35 ini. Penasaran seperti apa performanya? Yuk langsung saja simak review Kami di bawah ini!

Paket Penjualan

Paket penjualan realme C35 hadir dengan kotak berwarna kuning polos yang merupakan ciri khas realme dengan tulisan “C35” di tengah dan “realme” di bagian bawah. Isi dari kotak penjualan realme C35 terdiri dari smartphone realme C35, adaptor daya 9V 2A/18 W, kabel USB Type-C, SIM ejector, panduan pengguna, dan buku jaminan garansi.

Desain

Desain bodi realme C35 hadir dengan desain bezel right-angle terbaru yang disebut Dynamic Glowing Design, menggabungkan pengalaman visual dengan rasa nyaman. Dimensi dari smartphone ini adalah 164.4 x 75.6 x 8.1 mm dengan bobot 189 gram.

Layar yang digunakan adalah IPS LCD dan luas layar sekitar 6,6 inci dengan resolusi 1080 x 2408 piksel. Layar smartphone ini terlihat cukup luas dengan rasio layar yang mendukung 20:9 dengan rasio layar-ke-bodi diklaim sekitar 90,7%. Spesifikasi layar seperti ini membuat realme C35 menjadi C-series pertama dengan layar FHD+ dimana sebelumnya hanya di kisaran 720 x 1600 pixel saja.

Dibagian sisi atas layar realme C35 terdapat earpiece beserta sensor cahaya yang berada di tepi layar seperti seri C pada umumnya. Kamera depan dari realme C35 tetap gunakan model kamera mini-drop dengan posisi di tengah atas layar.

Di bagian samping sisi kanan dari realme C35 hanya terdapat tombol daya saja yang menyatu dengan sensor sidik jari. Pada bagian sisi bawah terdapat lubang mic, port audio 3.5 mm, port USB 2.0 Type-C dengan dukungan OTG dan reverse charging dan lubang loudspeaker.

Dibagian sisi kiri terdapat tombol volume dan tray SIM yang memiliki konfigurasi triple slot (SIM1 + SIM2 + Micro SD) yang didesain membawa lebih banyak ruang untuk menyimpan game, foto, dan file.

Bagian belakang smartphone ini terdapat 50 MP AI Camera untuk kamera utama dan kamera 2 MP untuk macro dan B/W dengan lampu flash. Desain modul kamera pada smartphone ini terlihat sedikit mirip dengan smartphone seri menengah realme seperti realme 9 Pro dengan perbedaan bentuk dan posisi lampu flash.

Untuk pertama kalinya, realme C35 menampilkan bezel right-angle yang terbuat dari bahan 2D, dan desain yang glowing dinamis membuatnya terlihat futuristik dan trendi. Sebagian besar kompetitor menggunakan bahan plastik terintegrasi, sementara realme C35 menggunakan pelat 2D yang sulit ditemui dalam kisaran harga ini. Desain seperti ini membuat smartphone ini terlihat cembung dilayar namun rata di bodi belakang dengan efek glossy. realme C35 tersedia dalam 2 warna menarik: Glowing Black dan Glowing Green.

Spesifikasi Hardware

realme C35 ditenagai oleh chipset terbaik di kelas entry-level yaitu, UNISOC T616. UNISOC T616 merupakan prosesor octa-core 12nm yang memiliki struktur 2 x Cortex-A75 dengan clock speed hingga 2,0 GHz dan 6 x Cortex-A55 dengan clock speed hingga 1,8 GHz. Ditambah dengan GPU Mali G57 MP1, meningkatkan pengalaman bermain game ke tingkat tinggi.

realme C35 yang Kami uji memiliki spesifikasi memori 4 GB LPDDR4X RAM dengan penyimpanan internal 128 GB UFS 2.2 dan dilengkapi dengan slot 3-Kartu, dua untuk kartu nano SIM dan satu untuk kartu MicroSD (hingga 1 TB). Untuk konektivitas, selain mendukung 4G LTE, realme C35 juga mendukung 2,4 GHZ WiFi dan Bluetooth 5.0.

Baterai Li-Po non-removable yang digunakan C35 memiliki kapasitas sebesar 5000 mAh. Kapasitas baterai sebesar ini dipastikan terasa cukup untuk mendukung penggunaan yang lama untuk skenario bermain game, menonton video dan memainkan musik.

OS Android yang digunakan realme C25Y adalah Android 11 dengan realme UI R Edition. Pada realme UI yang terdapat di realme C35 ini, performa ditingkatkan yang membuat realme UI pada C35 terasa sangat ringan dan nyaman seperti UI stock Android.

Benchmark

Untuk menguji kemampuan dari SoC Unisoc T616 yang digunakan realme C35, Kami menjalankan beberapa aplikasi benchmark yaitu 3DMark, PCMark, AnTuTu Benchmark dan geekbench 5.

Hasil benchmark diatas memberi sedikit gambaran bahwa realme C35 masih cukup untuk penggunaan harian bahkan untuk bermain game seperti Mobile Legend dengan lancar.

Hasil Foto

Untuk sektor fotografi, realme C35 memiliki kamera utama yang mengadopsi sensor gambar 50MP dengan area yang luas dan aperture besar f/1.8 yang mengamankan cahaya yang cukup dan membuat foto lebih jernih dan cerah. Selain itu, 4X Max Digital zoom juga memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang jelas dari jarak jauh. Untuk Hasil fotonya bisa dilihat di bawah ini:

Selain itu, realme C35 hadir dengan Lensa Makro dengan jarak fokus super dekat dan Lensa B/W memberikan efek filter artistik untuk mereproduksi hasil potret dalam hitam dan putih.

Kamera depan dari realme C35 memiliki sensor 8 MP tanpa flash terdedikasi dengan dukungan rekam video 1080p pada 30fps. Kamera depan ini juga mendukung AI beauty, mode HDR, dan fitur filter untuk membuat hasil foto lebih baik.

Performa Baterai

Untuk pengujian baterai realme C35, Kami menjalankan benchmark PCMark Battery Life. Untuk performa pengisian dari baterai 5000mAh yang digunakan pada realme C35 terbilang cukup baik dengan adaptor yang sudah memiliki rating 2A 9V atau 18W sehingga mampu mengisi baterai dengan cepat sekitar 2 jam 30 menit.

Kesimpulan

Kemampuan SoC Unisoc T616 pada realme C35 dipastikan mampu untuk memainkan game-game masa kini seperti Mobile Legends dengan kualitas grafis yang baik. Untuk RAM dan Storage, realme C35 dilengkapi dengan RAM 4 GB dan memori internal 128 GB dimana terasa cukup luas dikelasnya untuk saat ini, ditambah kalian bisa menambahkan kapasitas penyimpanannya dengan MicroSD hingga 1 TB.

Di sektor kamera, realme C35 memiliki resolusi kamera utama yaitu 50 MP dengan dukungan macro dan sensor B/W termasuk kamera selfie 8 MP untuk hasil foto yang memukau. realme C35 ini juga dilengkapi dengan baterai besar 5000mAh dengan dukungan mode super power saving untuk memastikan smartphone dapat bertahan seharian saat digunakan.

Masuk ke bagian harga, realme C35 ini ada di harga Rp2.349.000 (4/128). Dengan spesifikasi, fitur dan harga yang ditawarkan, Kami rasa sangat layak untuk menyebut realme C35 ini sebagai smartphone entry-level dengan desain paling stylish yang ada di pasar smartphone Indonesia saat ini.

(+)

  • Baterai Besar 5000mAh
  • sertifikasi ketahanan smartphone dari TÜV Rheinland
  • Prosesor Unisoc T616 yang bertenaga
  • Desain 2D plate glowing yang stylish
  • USB Type-C

(-)

  • Paket penjualan yang minim tanpa adanya rubber case
  • Belum tersedia NFC