Review realme C21, Andalkan Tiga Kamera dan Durabilitas dengan Harga Terjangkau

Jakarta, 23 Maret 2021 – Pada hari ini, realme telah meluncurkan realme C21 dan C25 ke Indonesia. Seri C realme terkenal sebagai seri yang menawarkan baterai besar harga terjangkau yang terkenal sukses memikat pengguna smartphone di kisaran harganya.

Kali ini realme menawarkan seri-C dengan baterai besar, tiga kamera dan kualitas tinggi berbekal sertifikasi dari TÜV Rheinland di rentang harga satu jutaan. Sertifikasi kualitas TÜV Rheinland ini menjadi yang pertama kalinya ada untuk smartphone kelas entry-level.

Lalu, kami mendapat kesempatan untuk mencoba salah satu smartphone dari seri C realme yang baru saja dirilis hari ini, yaitu realme C21 dengan warna Cross Black. Seperti apa sih kemampuan dari realme C21 ini? Yuk simak review kami di bawah ini!

Paket Penjualan

Paket penjualan Realme C21 dengan kotak berwarna kuning polos tanpa embel apapun yang merupakan ciri khas smartphone realme dengan tulisan “realme C21”.

Untuk isi dari paket penjualannya, realme C21 berbekal kabel data USB 2.0 dan adaptor 2A 5V/9V, sim tray ejector, buku panduan dan kartu garansi. Paket dari smartphone ini terlihat sangat simple karena tidak menyertakan case tambahan pada paket penjualannya.

Desain

realme C21 ini memiliki dimensi 165.2 x 76.4 x 8.9 mm dengan berat 190 gram, dan hadir dalam 2 pilihan warna, Cross Black dan Cross Blue. Terinspirasi oleh bentuk jam pasir, desain crosshatch yang berani, trendi dan fungsional, memberikan efek visual yang kuat sekaligus melindungi bagian belakang dari noda sidik jari.

Layar yang digunakan adalah IPS LCD dan luas layar sekitar 6.5 Inchi dengan resolusi 720 x 1560 piksel. Dengan luas layar sekitar 16,5 cm2, rasio layarnya tetap mendukung 20 : 9. Untuk rasio layar-ke-bodi sekitar 89.5% yang membuat smartphone ini terlihat luas.

Dibagian sisi atas realme C21 terdapat earpiece beserta sensor cahaya yang berada di tepi layar seperti seri sebelumnya. Kamera depan dari realme C21 tetap memakai model kamera mini-drop dengan posisi di tengah atas tepi layar yang umumnya digunakan smartphone saat ini.

Di bagian samping sisi kanan dari realme C21 terdapat tombol daya dan volume. Pada bagian sisi bawah hanya terdapat lubang mic, port audio 3.5 mm, port micro USB 2.0 dengan OTG tanpa adanya lubang loudspeaker seperti seri sebelumnya.

Dibagian sisi kiri terdapat Slot nano SIM dan Tray SIM yang memiliki konfigurasi triple slot (SIM1 + SIM2 + Micro SD) seperti seri sebelumnya untuk memudahkan pengguna saat ingin menambah memori penyimpanan smartphone ini.

Bagian belakang realme C21 menggunakan material plastik berwarna hitam beralur kasar yang membuat smartphone ini tidak meninggalkan sidik jari meskipun digenggam tanpa adanya rubber case.

Selain itu, bagian belakang smartphone ini terdapat 13MP AI Triple Camera dan lampu flash di kanan bawah dengan posisi yang membentik persegi. Dibandingkan dengan seri C11, instant fingerprint sensor mulai tersedia pada C21 dan berada dibelakang.

Loudspeaker dari smartphone ini berada pada bagian kiri bawah yang kemungkinan berada di bawah modul baterai smartphone dengan tambahan titik timbul yang bertindak sebagai penyangga speaker.

Spesifikasi Hardware

realme C21 menggunakan SoC Mediatek Helio G35 8-core Cortex A53 12 nm dengan clock hingga 2,3 GHz dan GPU PowerVR GE8320 yang membuat performa dari smartphone ini cukup baik dan tetap hemat daya.

realme C21 yang diulas kali ini memiliki kapasitas memori RAM sebesar 4 GB dengan internal 64 GB. Selain itu, smartphone ini tetap mendukung Micro SDXC untuk menambah kapasitas penyimpanannya. Untuk konektivitas, selain mendukung 4G LTE, realme C21 juga mendukung WiFi 802.11 b/g/n dan Bluetooth v5.0.

Baterai Li-Po non-removable yang digunakan C21 memiliki kapasitas sebesar 5000 mAh. Kapasitas baterai sebesar ini dipastikan dapat mendukung penggunaan yang cukup lama termasuk saat bermain game mobile.

OS Android yang digunakan realme C21 adalah Android 10 dengan realme UI yang merupakan UI standar smartphone realme. Performa dari UI smartphone ini cukup lancar dengan kapasitas RAM yang memadai untuk smartphone ini dengan tambahan fitur seperti Game Space dan Ultra Saving tetap tersedia.

Benchmark

Antutu merupakan aplikasi benchmark yang paling sering digunakan sebagai tolok ukur performa sebuah perangkat berbasis Android. AnTuTu menmiliki beberapa pengujian performa dari perangkat berbasis Android berdasarkan empat poin pengujian yaitu Graphics, CPU, UX (user experience) dan RAM.

Geekbench merupakan benchmark lintas platform yang mengukur kinerja CPU dan GPU sebuah perangkat smartphone, tablet dan PC. Aplikasi ini menggunakan beberapa algoritma komputasi yang umumnya digunakan pada scenario real world sehingga dapat menganalisa kemampuan CPU saat melakukan proses single core maupun multi core dan juga GPU . Geekbench yang digunakan untuk pengujian kali ini yaitu Geekbench 5.

3DMark merupakan benchmark yang ditujukan untuk menguji performa dari system perangkat berbasis Android dalam melakukan pemrosesan berdasarkan grafis. Semakin tinggi nilainya semakin baik performa perangkat tersebut. Pengujian yang dijalankan yaitu Sling Shot dan Sling Shot Extreme.

PCMark merupakan aplikasi benchmark untuk menguji perangkat Android lewat pengujian yang berdasarkan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan pengguna. Nilai yag dihasilkan mencerminkan performa dari perangkat Android yang sebenarnya. Tes yang dijalankan adalah Work 1.0 dan Work 2.0.

Hasil Foto

Untuk sektor fotografi, C21 memakai konfigurasi triple camera pada kamera belakang dengan lampu flash dan satu kamera depan. Kamera utama yang terpasang di belakang terdiri dari 13 MP PDAF f/2.2 untuk kamera utama, 2 MP f/2.4 untuk macro dan 2 MP f/2.4 untuk kamera B/W dengan dukungan night filter yang sayangnya tanpa hadirnya kamera ultrawide. Selain itu, kamera belakang ini memiliki dukungan perekaman video hingga 1080p pada 30 fps.

Kamera depannya memiliki sensor 5 MP f/2.0 tanpa flash dengan dukungan rekam video 1080p pada 30fps. Kamera depan ini juga mendukung AI beauty, mode HDR, mode portrait dan fitur Panoselfie untuk membantu mengambil foto selfie lebih luas.

Performa Baterai

Dalam pengujian kami, realme C21 ini mampu memutar video 720p selama 22 jam secara terus-menerus dengan kecerahan dan volume suara sama-sama 50%.

Untuk performa pengisian dari baterai 5000 mAh yang digunakan pada C21 terbilang cukup standar mengingat adaptor yang disediakan hanya memiliki rating 2A 5V yaitu sekitar 10 W saja.

Kesimpulan

realme merilis C21 sebagai smartphone realme yang pertama kalinya mengandalkan ketahanan smartphone yang baik dan lolos uji pada TÜV Rheinland Smartphone Reliability Verification dan konfigurasi Triple Camera untuk segmen entry-level.

Untuk performa, realme C21 terbilang masih cukup mumpuni dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Kemampuan Helio G35 mampu menunjang untuk memainkan game-game masa kini seperti Mobile Legends dengan grafis tinggi.

realme C21 ini juga dilengkapi dengan baterai besar 5000mAh dengan masa pakai lama, hingga 47 hari dalam keadaan siaga berkat adanya mode super power saving dan tiga kamera kekinian untuk mengabadikan momen sehari-hari.

Semua fitur dan spesifikasi dengan paket penjualan yang ditawarkan C21 dihargai hanya 1 juta-an (4/64). Dengan spesifikasi, fitur dan harga yang ditawarkan membuat realme C21 menjadi salah satu smartphone dengan durabilitas yang baik di harga yang cukup murah.

(+)

  • Baterai Besar 5000mAh
  • Kamera khusus B/W dan Macro
  • Mendukung Super Power Saving Mode & Reverse Charging
  • Adanya sensor fingerprint
  • Bobot ringan dengan sertifikasi Keandalan dari TÜV Rheinland

 (-)

  • Paket penjualan yang minim tanpa adanya rubber case