Review realme C17, Ponsel 2 Jutaan Terbaik dengan Memori Besar 256GB dan 6GB RAM

0
116

Jakarta, 14 Oktober 2020Smartphone realme seri C merupakan seri smartphone realme yang ditujukan untuk pasar menengah bawah yang memiliki spesifikasi yang terbilang cukup standar untuk kelas menengah bawah. Setelah sebelumnya realme merilis C15 yang memiliki kapasitas baterai yang cukup besar di kelas menengah bawah, kali ini realme merilis smartphone seri C terbaru mereka yaitu realme C17 Memori Cadas, Layar Super.

Bila biasanya realme seri C dikategorikan sebagai smartphone murah, kali ini realme mencoba sedikit berbeda. C17 yang diulas kali ini memiliki beberapa hal yang sangat berbeda bila dibandingkan dengan seri C yang sebelumnya telah dirilis. Ulasan ini akan menjelaskan spesifikasi dan fitur dari C17 yang membuatnya berbeda dari seri C sebelumnya.

Paket Penjualan

Paket penjualan dari realme C17 sama persis seperti seri C15 sebelumnya dengan kotak warna kuning dan tulisan “realme C17”di tengahnya.

Paket penjualan

Untuk isi dari paket penjualannya, realme C17 berbekal kabel data USB type-C dan adaptor 2A 5V/9V dengan fast charging termasuk buku panduan dan kartu garansi. Selain itu, rubber case tersedia untuk seri membuatnya memiliki kelengkapan yang lebih baik dari seri sebelumnya.

Desain

Bentuk dari realme C17 lebih terlihat mirip dengan seri realme 7i bila dibandingkan seri C yang sebelumnya. Dengan dimensi 164.1 x 75 x 8.9 mm dan berat sekitar 190 gram, terlihat ukuran dari C17 kurang lebih sama dengan seri sebelumnya dengan perbedaan dimana C17 lebih ringan sekitar 20 gram dan lebih tipis daripada seri C15.

Jenis layar yang digunakan dari realme C17 kurang lebih sama dengan seri 7i yang memiliki lebar diagonal sekitar 6.5 Inchi ( luas 102 cm2 ) dengan resolusi 720 x 1600 piksel dan rasio 20 : 9. Untuk rasio layar-ke-bodi sekitar 90% membuat smartphone ini tetap terlihat sedikit lebih luas dari C15. Lapisan Gorilla Glass dari Corning tetap digunakan di smartphone ini ditambah dukungan 90Hz Ultra Smooth Display untuk tampilan layar yang lebih halus.

Selain itu, layar pada smartphone realme C17 ini sudah memiliki fitur Eye Protection. Eye protection berfungsi menyesuaiakan suhu warna layar untuk mengurangi radiasi cahaya biru layar, untuk mencegah ketegangan mata pengguna dan dapat diatur waktu secara otomatis untuk aktif.

Berbeda dengan seri C lainnya, desain body belakang realme C17 ini memiliki dua gaya visual yang berbeda. Yang pertama adalah biru tua reflektif dengan efek yang disorot, dan yang lainnya adalah biru muda dengan efek buram, menghadirkan nuansa yang sama sekali berbeda. Dari segi pengerjaan, kedua warna ini juga berbeda. Versi biru muda memiliki lapisan tambahan AG coating untuk memberikan hasil matte.

Dibagian tepi atas layar realme C17 terdapat earpiece beserta sensor cahaya berada di tepi layar seperti smartphone dengan layar luas pada umumnya.

Kamera depan dari Realme C17 menggunakan 8MP In-display Selfie Kamera dengan posisi di sudut kiri atas yang sama persis dengan seri 7i. Kamera depan 8MP Ultra-clear memenuhi kebutuhan selfie Anda dengan aperture F2.0 dan lensa 5P, mendukung mode AI Beauty, Efek Bokeh dan lainnya.

Di bagian samping sisi kanan dari C17 terdapat tombol daya dan volume sperti smartphone pada umumnya. Dibagian sisi kiri C17 terdapat Slot nano SIM dan Tray SIM C17 tetap  menggunakan konfigurasi triple slot (SIM1 + SIM2 + Micro SD) untuk memudahkan pengguna saat ingin menambah memori penyimpanan smartphone ini.

Pada bagian sisi bawah dari C17 terdapat lubang mic, port audio 3.5 mm, port USB Type-C 1.0 dengan OTG dan loudspeaker. Untuk pertama kalinya pada seri C, realme memberikan port USB Type-C sebagai port USB alih-alih memakai mini USB 2.0. Dan juga, semua lubang di smartphone realme C17 kedap air dengan pelindung silikon yang secara efektif mencegah percikan air.

Selain itu, bagian belakang smartphone ini terdapat empat buah kamera dan lampu flash di sebelah kamera dengan pola yang membentik persegi. Selain mendukung pembukaan kunci sidik jari ultra-cepat, realme C17 juga mendukung pengenalan wajah yang dapat dengan mudah dibuka dengan satu klik atau pandangan, nyaman untuk dibuka dan aman untuk privasi pengguna.

Spesifikasi

Spesifikasi yang dimiliki dari realme C17 menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 460 berbasis 11nm 8-core dengan clock sekitar 1.8 GHz dan GPU Adreno 610 membuat performa dari smartphone ini terlihat lebih baik dibandingkan dengan seri sebelumnya.

realme C17 hadir dengan konfigurasi memori paling besar yang di kelasnya termasuk di seri C yaitu 6GB+256GB yang masih dapat ditambah dengan MicroSD hingga 256GB. Konfigurasi memori besar ini hanya khusus untuk pasar Indonesia. Dengan kapasitas memori yang cukup besar seperti ini membuatnya mampu menyimpan lebih banyak foto dan video dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Untuk konektivitas, selain mendukung 4G LTE, C17 tetap mendukung WiFi 802.11 AC dan Bluetooth v5.0 dan GPS. Baterai Li-Po non-removable yang digunakan realme C17 memiliki kapasitas sebesar 5000mAh dengan pengisian daya cepat 18W Quick Charge. Kapasitas baterai sebesar ini cukup umum untuk mendukung penggunaan yang cukup lama termasuk saat bermain game mobile.

OS Android yang digunakan C17 adalah Android 10 dengan Realme UI 1.0 yang sama seperti seri C15. Performa dari UI smartphone ini terasa lancar mengingat kapasitas RAM smartphone yang besar. Fitur seperti Game Space untuk kelola game juga tersedia.

Benchmark

Antutu merupakan aplikasi benchmark yang paling sering digunakan sebagai tolok ukur performa sebuah perangkat berbasis  Android. AnTuTu menmiliki beberapa pengujian performa dari  perangkat berbasis Android berdasarkan empat poin pengujian yaitu Graphics, CPU, UX (user experience) dan RAM. AnTuTu yang digunakan dalam pengujian kali ini menggunakan AnTuTu v8.

Geekbench merupakan benchmark lintas platform yang mengukur kinerja CPU dan GPU sebuah perangkat smartphone, tablet dan PC. Aplikasi ini menggunakan beberapa algoritma komputasi yang umumnya digunakan pada scenario real world sehingga dapat menganalisa kemampuan CPU saat melakukan proses single core maupun multi core dan juga GPU. Geekbench yang digunakan untuk pengujian kali ini yaitu Geekbench 5.

3DMark merupakan benchmark yang ditujukan untuk menguji performa dari system perangkat berbasis Android dalam melakukan pemrosesan berdasarkan grafis. Semakin tinggi nilainya semakin baik performa perangkat tersebut. Pengujian yang dijalankan yaitu Sling Shot dan Sling Shot Extreme.

PCMark merupakan aplikasi benchmark untuk menguji perangkat Android lewat pengujian yang berdasarkan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan pengguna. Nilai yag dihasilkan mencerminkan performa dari perangkat Android yang sebenarnya. Tes yang dijalankan adalah Work 1.0 dan Work 2.0.

Hasil Foto

Untuk sektor fotografi, realme C17 memiliki konfigurasi quad camera pada kamera belakang dengan lampu flash dan satu kamera depan. Kamera utama yang terpasang di belakang terdiri dari 13 MP PDAF f/2.2 untuk kamera utama, 8 MP f/2.2 untuk kamera ultrawide view, 2 MP f/2.4 untuk B/W potrait dan 2 MP f/2.4 untuk macro. Kamera belakang ini memiliki dukungan perekaman video hingga 1080p pada 60 fps.

Kamera depannya memiliki sensor 8 MP f/2.0 tanpa flash dan dukungan rekam video 1080p pada 30fps. Dilihat dari spesifikasi kamera C17 memang terlihat sama persis dengan yang digunakan seri C15 termasuk kamera yang digunakan dengan perbedaan adanya kamera macro di C17 dibandingkan dengan kamera filter retro di C15. Namun, fitur Nightscape yang dimiliki realme 7i tersedia untuk smartphone ini.

Pengujian Baterai

Baterai Li-Po 5000 mAh yang disematkan pada C17 dilakukan pengujian dengan memutar video 720p terus-menerus dengan kecerahan dan volume suara 50%.  Pengujian baterai dilakukan dengan batas minimal kapasitas baterai 10%.

Meskipun baterai dari C17 tidak sebesar C15 ,namun kemampuan baterai dari smartphone ini terbilang cukup baik untuk penggunaan selama seharian. Dalam pengujian Internal yang dilakukan oleh realme, realme C17 dapat menjalankan aplikasi WhatsApp atau YouTube selama hampir 1,2 jam dengan pemakaian baterai hanya 5% saja. Selain itu, penggunaan baterai 5000mAh membuat C17 memliki bobot yang lebih ringan dan lebih tipis dari seri sebelumnya.

realme C17 juga memiliki fitur Super Power Saving Mode. Dalam mode ini, pengguna dapat memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan untuk tetap aktif untuk memperpanjang usia baterai yang sangat lama. Pada saat yang sama, smartphone akan menghidupkan strategi penghematan daya yang lebih agresif.

Kesimpulan

Setelah merilis seri 7i, realme merilis C17 sebagai seri C yang sedikit berbeda. Bodi smartphone sendiri lebih mirip seperti realme 7i daripada seri C yang sebelumnya. Paketnya sendiri terbilang cukup mirip termasuk adanya rubber case.

Bentuk fisik dari realme C17 jika dilihat lebih dekat terasa mirip sekali dengan seri realme 7i daripada C15 yang merupakan seri C sebelumnya. Selain itu, fitur refresh rate 90Hz tersedia di layar C17 untuk tampilan smooth.

Untuk spesifikasi, realme C17 jauh lebih baik dari seri sebelumnya dengan RAM 6 GB dan memori internal 256 GB. kemampuan dari Snapdragon 460 memiliki performa yang baik dengan Adreno 610 membuat C17 mampu untuk menjalankan mobile game popular saat ini.

Meskipun kapasitas baterainya tidak sebesar C15, penggunaan baterai 5000mAh pada C17 ini membuatnya jauh lebih ringan dan nyaman digenggam oleh tangan.

Dengan spesifikasi, fitur dan harga yang ditawarkan membuat realme C17 menjadi pilihan terbaik 6GB+256GB di harga 2 jutaan. Selain itu, realme C17 juga memiliki kemampuan yang cukup tinggi untuk sekelas seri C yang merupakan seri smartphone kelas menengah bawah.

(+)

  • SoC Snapdragon 460 dan Adreno 610
  • 6,5-inci 90Hz Ultra Smooth Display
  • Adanya rubber case dan sudah terpasang pelindung layar dalam paket penjualan
  • Adaptor 18 W dengan fast charging dengan antarmuka USB Type-C 1.0
  • RAM 6GB dan internal 256GB

 (-)

  • Kapasitas baterai tidak sebesar seri sebelumnya