Review realme 9 4G: Hadirkan Kamera 108MP dan Super AMOLED 90Hz di Kelas Menengah

OverclockingID – realme telah meluncurkan realme 9 4G ke Indonesia pada 14 April 2022 kemarin. Smartphone ini memiliki sedikit perbedaan dibandingkan dengan seri Pro. realme 9 4G ditujukan sebagai smartphone 3 Jutaan yang memiliki resolusi kamera terbesar dikelasnya yaitu 108 Megapixel. Dan pada kali ini, Kami mendapat kesempatan untuk mencoba smartphone dari realme yang baru saja dirilis saat ini. Seperti apa sih kemampuan realme 9 4G? Yuk simak review Kami di bawah ini!

Paket Penjualan

Paket penjualan realme 9 hadir dengan kotak berwarna kuning polos seperti seri Pro dengan tulisan “realme 9” berwarna hitam dan tambahan aksen warna hitam di bagian bawah dan bagian belakang.

Untuk isi dari paket penjualannya, realme 9 berbekal kabel data USB Type-C dan adaptor dengan output hingga 11 V dan 3 A berteknologi Dart Charge hingga 33 W, sim tray ejector, rubber case bening, buku panduan dan kartu garansi. Paket dari smartphone ini terlihat cukup lengkap sama seperti seri Pro sebelumnya.

Desain

realme 9 yang Kami ulas kali ini memiliki warna Meteor Black dengan desain Ripple Holographic yang terinspirasi oleh cahaya dari gurun. realme 9 dilapisi dynamic 3D ripple texture yang diciptakan melalui proses Plasma Atom-coating dan UV-Nano Imprinting yang inovatif. Dengan teknik tersebut, smartphone ini mampu menampilkan desain dengan efek cahaya bergelombang seperti ombak dan hadir dalam 3 pilihan warna, Meteor Black, Sunburst Gold & Stargaze White.

Untuk ukuran, realme 9 ini memiliki dimensi 160.2 x 73.3 x 7.99 mm dengan berat 178 gram, terasa cukup ringan dan tipis sehingga nyaman saat digenggam. Selain itu, bodi belakang dari realme 9 4G memiliki efek tekstur doff/matte dan tidak terasa licin saat dipegang meski tanpa rubber case.

realme 9 memiliki layar Super AMOLED dengan in-display kamera selfie dan mendukung Always-On Display. Luas layarnya sekitar 6,4 Inchi dengan resolusi 1080 x 2400 piksel dan rasio layarnya 20 : 9 dengan kecerahan maksimal 450 nit. Untuk rasio layar-ke-bodi sekitar 90.8% dan telah mendukung adaptive refresh rate hingga 90Hz sehingga layar smartphone ini terasa cukup responsif saat digunakan.

Layar realme 9 ini juga dilengkapi dengan In-display fingerprint (Sensor sidik jari di dalam layar) yang mampu membuka kunci smartphone dengan sangat cepat. Sensor sidik jari dalam layar pada realme 9 juga terintegrasi dengan deteksi detak jantung yang 98% hasilnya akurat. Namun dengan catatan, bahwa deteksi detak jantung ini bukanlah alat medis yang dapat mendiagnosa lebih lanjut namun hanya sebagai referensi.

Di bagian samping sisi kanan dari realme 9 hanya terdapat tombol daya saja tanpa dengan fitur fingerprint. Pada bagian sisi bawah terdapat lubang mic, port audio 3.5 mm, port micro USB Type-C dengan OTG dan loudspeaker.

Dibagian sisi kiri terdapat Slot nano SIM dan Tray SIM yang memiliki konfigurasi 3 slot (SIM1 + SIM2 + Micro SD) dimana seri Pro menggunakan slot hybrid membuat smartphone ini dapat menggunakan SIM ganda dan Micro SD secara bersamaan. Selain itu, bagian belakang smartphone ini terdapat 108 MP ProLight Camera yang berjumlah tiga dan lampu flash di bawah dengan ukuran lingkar dua kamera yang besar dan posisi yang seperti segitiga.

Spesifikasi Hardware

realme 9 memakai SoC Qualcomm Snapdragon 680 4G dengan fabrikasi 6 nm memiliki konfigurasi 2-core Kryo 265 Gold dengan clock hingga 2,4 GHz dan 6-core Kryo 265 Silver dengan clock hingga 1,9 GHz termasuk GPU Adreno 610 yang membuat performa dari smartphone ini cukup baik di kelasnya.

realme 9 yang diulas kali ini memiliki kapasitas memori RAM LPDDR4X sebesar 8 GB dengan internal 128 GB UFS 2.2. Selain itu, smartphone ini tetap mendukung Micro SDXC untuk menambah kapasitas penyimpanannya hingga 256 GB. Untuk konektivitas selain mendukung 4G LTE, realme 9 juga mendukung WiFi 802.11 b/g/n/ac dan Bluetooth v5.1 namun minus NFC.

Baterai Li-Po non-removable yang digunakan realme 9 memiliki kapasitas sebesar 5000mAh seperti seri Pro. Kapasitas baterai seperti ini dipastikan masih cukup untuk mendukung penggunaan harian yang cukup lama termasuk saat bermain game mobile.

OS Android yang digunakan realme 9 adalah Android 12 dengan realme UI 3.0 yang merupakan UI terbaru untuk smartphone realme. Performa dari UI smartphone ini terasa lancar dengan kapasitas RAM yang memadai untuk smartphone ini termasuk tambahan fitur seperti Dynamic RAM Expansion (DRE) untuk meningkatkan kapasitas RAM hingga 5 GB dengan memakai internal storage bila diperlukan.

Benchmark

Untuk menguji kemampuan dari realme 9 4G, Kami menjalankan beberapa aplikasi benchmark yaitu 3DMark, PCMark, AnTuTu Benchmark dan geekbench 5.

Selain itu, Kami juga melakukan sedikit pengujian game pada realme 9 dengan memainkan PUBG Mobile, Mobile Legend dan game terbaru yaitu APEX Legend. Dengan pengaturan yang telah disesuaikan, smartphone ini masih sanggup menjalankan berbagai game mobile saat ini.

Hasil Foto

Sektor kamera menjadi fokus pada realme 9 dengan resolusi kamera terbesar dikelasnya yaitu 108 MP dengan sensor ISOCELL HM6 dari Samsung. Selain membawa kamera resolusi besar, realme 9 membawa berbagai peningkatan di mode foto dan video yang memberikan hasil terbaik di sektor fotografi.

Kamera yang terpasang di belakang terdiri dari 108 MP Dual-PDAF f/1.75 untuk kamera utama, 8 MP f/2.2 dengan view angle 120 derajat untuk kamera UltraWide dan 2 MP f/2.4 untuk macro dengan dukungan night filter, street mode dan slo-mo.

Kamera Utama

Kamera Selfie

Kamera depannya memiliki resolusi 16 MP f/2.1 5P dengan sensor Sony IMX471. Kamera depan ini juga mendukung AI beauty, mode HDR, mode portrait dan fitur Panoselfie untuk membantu mengambil foto selfie lebih luas. Untuk perekaman video, kamera depan realme 9 4G ini sudah mendukung perekaman video hingga 1080p.

Performa Baterai

Dalam pengujian baterai realme 9, Kami menggunakan aplikasi PCMark Battery test dengan kecerahan layar dan volume 50%.

Untuk performa pengisian dari baterai 5000 mAh yang digunakan pada realme 9 terbilang cukup cepat dimana hanya butuh sekitar 1 jam 15 menit saja hingga terisi penuh, mengingat adaptor yang disediakan memiliki rating cukup tinggi dengan 3 A/11 V yaitu sekitar 33 W.

Untuk menjamin keamanan pengisian daya, realme 9 mengadopsi solusi Intelligent Five-core Chip dengan fitur sebagai berikut:

  1. Adapter overload protection
  2. Dart charge condition identification protection
  3. Interface overload protection
  4. Overcurrent-Protection and voltage overload protection
  5. Battery fuse protection

Kesimpulan

Membawa kamera dengan resolusi terbesar dikelasnya, realme 9 menjadi smartphone paling stylish dengan kamera terbesar di kelas menengah. Dilengkapi dengan baterai besar 5000mAh dengan pengisian cepat 33 W Dart Charge membuat realme 9 mampu untuk menunjang kebutuhan sehari-hari seperti fotografi, gaming, dan berselancar di dunia maya.

Untuk performa, realme 9 terbilang cukup mumpuni dengan RAM 8 GB yang mendukung Dynamic RAM Expansion (DRE) hingga 5 GB dan memori internal 128 GB. Kemampuan Snapdragon 680 4G masih mampu menunjang kebutuhan seperti memainkan game-game masa kini dengan detail grafis tinggi.

Dengan harga Rp3.599.000 (8/128), smartphone realme 9 4G ini sangat cocok dimiliki oleh pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan aktivitas harian yang sangat beragam. Selain itu, hal lain yang membuat realme 9 4G ini menjadi sangat layak untuk dimiliki adalah karena adanya fitur deteksi detak jantung yang terintegrasi dengan sensor sidik jari.

Kelebihan

  • Layar Super AMOLED 90Hz
  • Kamera ProLight 108MP dengan Sensor Samsung HM6 Terbaru
  • dukungan 33 W Dart Charge
  • Bobot ringan
  • Baterai Besar 5000mAh dengan 33W Dart Charge
  • In-display Fingerprint dengan Heartrate Detection

Kekurangan

  • Tidak adanya fitur NFC