Review NYK E8 Zeus: Gaming PC Headset Murah yang Esports Ready

0
43

Kami kembali kedatangan sebuah headset gaming dari NYK Nemesis. Setelah sebelumnya kami mencoba NYK M02 Mage, kali ini kami akan mengulas headset NYK E8 Zeus. Headset gaming NYK E8 Zeus ini merupakan headset gaming yang diperuntukkan bagi para gamer PC. Nah, bagaimanakah performa dari headset gaming ini? mari simak artikel ini sampai habis!

Paket Penjualan dan Desain

Dari segi paket penjualan, headset ini tidak bedanya dengan NYK M02 Mage yang hanya berisikan unit headsetnya saja. Tidak ada bonus tambahan seperti stiker ataupun pouch untuk memudahkan kita jika ingin membawanya kemana-mana.

Kita masuk ke bagian desain, headset ini memiliki desain dual headband yang dapat menyesuaikan bentuk kepala dan juga dilengkapi dengan metal headband yang kuat. Untuk earcup-nya sendiri, NYK E8 Zeus ini menggunakan bahan kulit yang lembut namun kuat, membuat saya merasa nyaman saat menggunakan headset ini.

Untuk bagian konektivitasnya, headset ini sudah menggunakan USB Gold Plated dan mempunyai fitur 7.1 Surround Sound. Suara yang dihasilkan mempunyai detail yang cukup baik untuk bermain game dan mendengarkan musik.

Ditambah dengan diameter lubang earcup yang cukup besar membuat telinga saya secara utuh masuk ke dalamnya dan tidak ada bagian telinga saya yang terjepit oleh earcup. Hal ini yang membuat saya merasa nyaman dan telinga saya tidak terasa sakit saat menggunakan headset ini selama berjam-jam.

Headset NYK E8 Zeus ini memiliki microphone elastis yang dapat diatur posisinya sesuai dengan keinginan kita. Untuk performanya sendiri terbilang cukup baik, microphone ini mampu membuat suara saya terdengar cukup jelas saat saya menggunakan aplikasi discord.

Berbeda dengan NYK M02 Mage, headset ini memiliki panel control yang ada di bagian kabel untuk mengatur volumenya. selain itu juga ada pengaturan untuk on/off microphonenya,lalu ada pengaturan equalizer suara dan juga pengaturan untuk led nya.

Pada bagian control panel, headset ini juga memiliki 4 mode LED dan juga memiliki 3 mode equalizer berbeda (Bass, Middle, Treble) yang dapat dipilih sesuai dengan selera kita. Sayangnya, kita hanya bisa memilih preset yang sudah disediakan oleh bawaan pabrik. Kita tidak dapat meng-custom sendiri warna LED dan juga settingan equalizernya sesuai dengan keinginan kita.

Performa

Bagian kualitas suara merupakan poin penting dalam pengujian headset. NYK E8 Zeus yang diuji kali ini memiliki karakteristik suara yang cukup unik.

  • Musik : Seperti yang telah kami jelaskan di atas, headset ini memiliki 3 mode equalizer yaitu middle, bass dan juga treble. Setelah kami mencoba mendengarkan beberapa genre lagu mulai dari pop, metal, dan edm. Dapat kami tarik kesimpulan bahwa preset terbaik yang diberikan oleh headset ini adalah preset middle. Bahkan untuk lagu-lagu edm sekalipun preset bass-nya kami rasa terlalu timpang antara komposisi instrumen yang satu dengan lainnya. Sedangkan untuk preset treble, sama sekali tidak cocok untuk semua lagu, karna suara treble-nya terlalu menonjol sehingga instrumen suara yang lainnya terdengar mendem.
  • Game : Game yang pertama kami coba adalah DOTA 2, ketika hero berjalan di sungai terdengar percikan air, ketika menggunakan item terdengar efek suara dari masing-masing usable item dan juga ketika war semua suara dari berbagai skill yang dikeluarkan hero juga terdengar dengan sangat jelas. Lalu untuk game FPS kami mencoba game PUBG LITE, suara langkah musuh, suara saat mengganti senjata, suara saat reload peluru, saat mengisi darah dan melakukan boosting semua terdengar dengan sangat jelas tanpa ada masalah. Untuk penggunaan bermain game menurut kami preset terbaik adalah mode Bass, karena dapat mendengat detail suara yang kecil dengan cukup jelas.

Kesimpulan

Headset NYK E8 Zeus ini memang memiliki desain yang sama dengan NYK M02 Mage, namun soal performa suara yang dihasilkan cukup berbeda. Selain memiliki control panel yang dapat mengatur 3 mode equalizer, NYK E8 Zeus ini sudah mempunyai fitur 7.1 Surround Sound.

Bagi kalian yang suka bermain game PC baik itu casual ataupun kompetitif esports. Kami rasa headset ini sudah dapat memenuhi kebutuhan kalian karena kualitas suaranya sudah cukup baik untuk sektor gamingnya. Lalu soal kenyamanan sudah tak diragukan lagi, headset ini memiliki lubang earcup yang cukup besar sehingga telinga akan merasa nyaman saat menggunakannya berjam-jam. Selain itu, NYK E8 Zeus ini juga memiliki lampu LED yang menambah estetika dari headset ini.

Headset ini dijual dengan harga Rp. 330.000.