Intel Perkenalkan GPU Arc A750 untuk bersaing dengan GeForce RTX 3060


OverclockingID – Ryan Shrout (Bagian pemasaran Intel Graphics) menghadirkan GPU diskrit Arc A750, GPU model desktop berkinerja tinggi pertama Intel yang akan diluncurkan akhir musim panas ini.

GPU desktop Intel yang akan datang ini menggunakan prosesor ACM-G10 menawarkan kinerja hingga 17% lebih baik daripada GeForce RTX 3060 pada resolusi 2560×1440 dalam lima game. Dalam video yang diposting oleh Intel Graphics, perusahaan menunjukkan bagaimana kinerja kartu baru di game tertentu. Game-game itu termasuk F1 2021, Cyberpunk 2077, Control, Borderlands, dan Fortnite.

Intel Arc A750, Sumber: Intel

Performance results shown here are from a small subset of the games, that work very well with Intel® Arc™ and the Alchemist architecture. I’m not asserting that ALL GAMES will show these results, but it’s a view of what Intel Arc A-series cards are capable of with the right software and engineering enablement.

— Ryan Shrout, Intel
Intel Arc A750 Limited Edition, Sumber: Intel

Intel juga telah membagikan render baru untuk model desktop ini, yang diiklankan sebagai “Edisi Terbatas” meskipun masih belum tahu apa maksudnya. Selain itu, meskipun telah membagikan bocoran kinerja dari kartu grafis tersebut tidak ada spesifikasi yang diberikan secara rinci.

Intel Arc A750 vs RTX 3060, Sumber: Intel

Berdasarkan rumor, Arc A750 diharapkan memiliki fitur 24 Xe-Core dan memori GDDR6 12 GB. Intel telah mengkonfirmasi bahwa model ini memiliki dua konektor daya (6pin + 8pin), yang menunjukkan bahwa model ini akan mengkonsumsi daya lebih dari 225 W.

Untuk saat ini, gambaran desain khusus yang berdasarkan Arc A750 masih belum tersedia tetapi kemungkinan vendor GPU sudah mengembangkan desain mereka, seperti yang diungkapkan beberapa waktu lalu. Intel belum mengkonfirmasi tanggal peluncuran atau harga untuk GPU Arc A750 mereka saat ini, tetapi secara resmi SKU ‘berperforma tinggi’ dari GPU Intel Arc akan diluncurkan akhir musim panas ini.

Sumber : Intel via videocardz