GPU Intel Arc Alchemist untuk Laptop dengan 512 EU muncul di Geekbench

0
124

Overclockingid.com – Intel meluncurkan seri GPU Arc pada Hari Arsitektur bulan lalu. Perusahaan mengkonfirmasi bahwa iterasi pertama GPU berbasis Xe-HPG akan diberi nama kode Alchemist. Tampaknya bocoran skor benchmark sintetis dengan model Xe-HPG 512-EU untuk laptop berikutnya telah muncul.

Dari bocoran tersebut, GPU Mobile diskrit kelas atas dari Intel ini sebenarnya ditambahkan ke laptop Tiger Lake-H, yang berarti bahwa Intel tidak menunggu laptop Alder Lake-H55 atau pembaruan AMD yang menggunakan silikon Rembrandt.

Pada Geekbench, GPU muncul sebagai Xe Graphics, tanpa menyebutkan nama produk Arc yang dilaporkan berjalan pada frekuensi maksimum 1800 MHz. GPU memiliki 512 CU (Compute Unit), yang merupakan cara Geekbench untuk menggambarkan EU (Execution Unit / Unit Eksekusi) dari GPU Intel. Baru-baru ini, Intel mengumumkan bahwa produk Xe-HPG akan menggunakan nama baru untuk klaster inti ini: Xe-Cores.

Intel Xe-HPG 512EU, Source: Geekbench

Ini bukan pertama kalinya skor GPU Xe-HPG di Geekbench. Sudah ada bocoran yang menampilkan model DG2-256EU, serta DG2-128EU. 512EU jelas lebih cepat daripada kedua model dimana memiliki spesifikasi lebih rendah, tetapi tidak ada solusi kelas menengah saat ini yang mendekati AMD/NVIDIA (lebih lambat dari RX 570/GTX1650). Namun, rumor menempatkan GPU Arc Alchemist teratas dekat dengan GPU NVIDIA RTX 3070.

Pada kondisi saat ini, model 512EU 85% lebih cepat dari model 256EU. Namun, kedua GPU diuji menggunakan platform yang berbeda (Tiger Lake vs Alder Lake).

Skor OpenCL Intel Xe-HPG 512EU, Source: Geekbench

Intel diperkirakan akan meluncurkan setidaknya 5 GPU diskrit mobile untuk laptop pada kuartal pertama tahun 2022. Model 512EU adalah GPU gaming kelas atas, tetapi Intel juga akan meluncurkan GPU dengan 384EU dan 128EU, keduanya ditawarkan dalam dua konfigurasi dengan jumlah inti yang bervariasi.

Sumber :  Geekbench via @Benchleaks