Gigabyte mempersiapkan Radeon RX 6600 non-XT

0
130

Overclockingid.com – Rumor tentang peluncuran Radeon RX 6600 non-XT yang sebelumnya beredar tampaknya benar. Bocoran terbaru menyebut bahwa Gigabyte sedang mempersiapkan model kelas menengah baru berdasarkan GPU Navi 23 yang dikurangi Stream processor-nya termasuk gambar dari kartu grafis tersebut.

Kartu tersebut hampir identik dengan RX 6600 XT yang baru diluncurkan sebulan lalu. AMD seharusnya tidak berhenti pada model Navi 23 tunggal, karena perusahaan bersiap untuk meluncurkan versi non-XT dengan jumlah inti GPU yang lebih sedikit dan dengan label harga yang lebih masuk akal.

Gigabyte RX 6600 memiliki memori 8GB, ini menegaskan bahwa AMD tidak meluncurkan model 6GB atau 4GB dalam waktu dekat. Namun, spesifikasi pastinya belum diketahui. Kartu tersebut diduga memiliki fitur GPU Navi 23 XL dengan 1792 Stream Processors, sama seperti Radeon Pro W6600. Menurut kemasannya, ia menargetkan gaming 1080p.

Kartu grafis ini memiliki desain yang identik dengan RX 6600 XT EAGLE yang telah beredar lebih dahulu, tetapi ada perubahan pada tata letak PCB dan heatsink. Papan PCB terlihat sedikit lebih pendek tetapi masih memiliki konektor daya 8-pin tunggal.

Kartu grafis ini akan bersaing dengan seri desktop GeForce RTX 3050 yang masih belum dirilis oleh NVIDIA, meskipun seri dan GPU GA107 telah diperkenalkan untuk pasar laptop pada kuartal kedua tahun ini. Rumor terbaru menempatkan tanggal rilis RX 6600 non-XT pada akhir September, mungkin awal Oktober.

Sumber : videocardz