AMD AM5 Dikabarkan Memiliki Kompatibilitas Sistem Pendingin dengan AM4

0
131

Overclockingid.com – Skema yang menunjukkan soket LGA1718 AMD yang akan datang yang dikenal sebagai AM5 telah bocor ke publik. Menurut dokumen teknis yang bocor terkait dengan soket tersebut, Prosesor desktop AMD yang akan datang dengan Socket AM5 dapat mempertahankan kompatibilitas dengan sistem pendingin yang mendukung Socket AM4. Jika benar, ini akan menjadi pertama kalinya dua soket yang berbeda secara mendasar—satu PGA, dan lainnya LGA—dirancang untuk kompatibilitas silang untuk sistem pendinginan baik HSF ataupun watercooling.

Tampak atas dari prosesor AMD dengan soket AM5 dan ukuran tinggi total saat CPU terpasang

Dokumen tersebut mengungkapkan bahwa dengan prosesor yang terpasang, Socket AM5 akan sejajar dengan klip retensi dan jarak lubang pemasangan yang identik dengan Socket AM4. Ini bisa berarti Anda dapat membawa pengaturan pendingin cair yang mahal atau AIO CLC yang mahal dari build desktop Ryzen Anda saat ini tanpa membutuhkan adaptor khusus.

Layout dari bracket socket AM5

Render baru dari Socket AM5 juga mengungkapkan bahwa mekanisme penguncian socket sebagian besar mirip dengan socket Intel, seperti LGA1200, dan bukan merupakan downscale dari TR4/sTRX4 seperti yang dikhawatirkan pada bocoran yang sebelumnya muncul di media sosial. Penjepit penahan atas berayun di sepanjang engsel, dan ditahan di tempatnya oleh tekanan dari tuas yang mengunci ke pengait. Tergantung pada modelnya, prosesor AMD Socket AM5 akan memiliki nilai TDP 45 W, 65 W, 95 W, 105 W, 125 W, dan 170 W.

Soket AM5 yang juga dikenal sebagai LGA1718, akan digunakan oleh prosesor AMD Ryzen generasi berikutnya berdasarkan mikroarsitektur Zen4. Soket ini akan digunakan oleh motherboard AMD seri 600 yang juga akan memperkenalkan dukungan memori DDR5.

Sumber : @TtLexington