Review ASUS Chromebook C214, Laptop Tangguh dengan Dual Kamera untuk Belajar Anak

0
145

OverclockingID – Laptop mungkin mudah digunakan oleh orang dewasa atau remaja yang sudah terbentuk pola pikirnya. Namun bagi anak-anak khususnya yang masih duduk di bangku sekolah dasar, menggunakan laptop modern bisa jadi menyulitkan karena fitur dan antarmukanya yang kompleks. Itulah salah satu alasan ASUS menghadirkan Chromebook C214. Sesuai dengan namanya, laptop ini menggunakan Chrome OS yang dikenal dengan antarmukanya yang mudah digunakan layaknya sebuah smartphone.

Tidak hanya itu, ASUS Chromebook C214 juga dirancang khusus agar tetap aman dan nyaman ketika digunakan oleh anak-anak untuk belajar. Berbagai fitur seperti desain khusus yang sangat tangguh, tahan cipratan air, dan tahan banting telah membuat ASUS Chromebook C214 sebagai salah satu perangkat edukasi terbaik bagi anak-anak saat ini.

Desain Tangguh

Dibandingkan dengan laptop kelas konsumen pada umumnya, ASUS Chromebook C214 hadir dengan desain yang lebih tangguh dan tahan banting. Perbedaannya bahkan langsung dapat terlihat, dimana ASUS Chromebook C214 memiliki karet pelindung di sekeliling bodinya. Karet pelindung atau rubber bumper ini berfungsi untuk meredam benturan. 

Seperti yang kita tahu, anak-anak memiliki perangai yang sangat aktif sehingga laptop yang digunakan kemungkinan besar akan sering terbentur. Kehadiran lapisan karet pelindung tersebut sangat penting agar komponen penting di dalam ASUS Chromebook C214 tetap terjaga.

Agar lebih terlindungi, ASUS Chromebook C214 juga dibekali fitur anti-spill pada keyboard-nya. Fitur tersebut membuat ASUS Chromebook C214 tetap dapat berfungsi dan tidak rusak meski terkena tumpahan air. Dengan demikian ASUS Chromebook C214 tetap aman dari kecelakaan seperti ketika anak-anak tidak sengaja menumpahkan segelas air ke laptop ini saat digunakan.

Semua fitur perlindungan ekstra tersebut tentu tidak akan banyak berguna jika ASUS Chromebook C214 sulit untuk digenggam oleh tangan anak-anak. Untuk itulah permukaan bodi laptop ini hadir dengan tekstur anti-selip khusus yang membuat ASUS Chromebook C214 mudah digenggam bahkan oleh tangan anak-anak yang ukurannya lebih kecil dari tangan orang dewasa. Jika terjatuh, Chromebook C214 juga masih dapat selamat. Berkat desain bodi yang sangat kokoh, Chromebook C214 dapat menahan benturan jika dijatuhkan dari ketinggian 1,2 meter.

Gelar sebagai salah satu laptop ASUS paling tangguh bukan hanya sekadar klaim sepihak semata. ASUS Chromebook C214 sendiri telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810G). Beragam pengujian ekstrem pun berhasil dilewati oleh ASUS Chromebook C214. Pengujian tersebut di antaranya adalah uji operasional pada suhu ekstrem hingga uji vibrasi dan benturan ekstrem. Singkatnya, dunia telah mengakui ketahanan ASUS Chromebook C214.

Durabilitas ASUS Chromebook C214 juga tidak hanya terdapat pada bodinya. Keyboard ASUS Chromebook C214 hadir dengan fitur tamper-resistant yang memungkinkan tombol keyboard tidak mudah untuk lepas dari modulnya baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Tidak hanya itu, jarak antar tombol pada keyboard di Chromebook C214 juga telah diukur sedemikian rupa sehingga penggunanya tidak mudah lelah saat mengetik. 

Nyaman untuk Pempelajaran Jarak Jauh

Kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) telah menjadi alasan mengapa para pelajar bahkan yang masih duduk di sekolah dasar kini membutuhkan laptop. Kondisi pandemi yang sedang melanda saat ini telah memaksa kegiatan belajar mengajar dialihkan secara online dalam bentuk PJJ. Tentu saja untuk mengikuti PJJ dan tetap dapat bersekolah, siswa membutuhkan sebuah laptop yang telah dilengkapi dengan fasilitas belajar secara online seperti tersedianya webcam serta fitur audio yang mumpuni.

ASUS Chromebook C214 sendiri telah dilengkapi dengan kamera khusus yang dibekali teknologi noise reduction sehingga wajah pengguna yang berada di depan kamera tetap terlihat dengan jelas di berbagai kondisi pencahayaan. Tidak hanya itu, Chromebook C214 juga mengusung desain convertible serta dilengkapi kamera kedua yang posisinya sejajar dengan keyboard. 

Kamera kedua yang disebut sebagai World Facing Camera tersebut berguna ketika ASUS Chromebook C214 digunakan pada mode tent atau tablet, dimana siswa bisa mengambil gambar atau video guru di depan kelas sambil tetap melihat ke arah layar. Kamera kedua tersebut bahkan sudah mendukung teknologi Augmented Reality (AR) untuk pembelajaran interaktif.

Soal penyimpanan data, ASUS Chromebook C214 sudah dilengkapi dengan penyimpanan berupa eMMC berkapasitas 64GB. Jika dirasa masih kurang, sebuah slot MicroSD terdapat di ASUS Chromebook C214 dan mendukung penyimpanan berkapasitas hingga 2TB. ASUS Chromebook C214 tidak mendukung penggunaan hard disk dengan alasan perangkat penyimpanan tersebut mudah rusak jika terkena benturan. Selain itu, hard disk juga memiliki kecepatan baca yang lambat sehingga akan menghambat performa secara keseluruhan.

ASUS Chromebook C214 menggunakan Chrome OS sebagai sistem operasinya. Keunggulan utama Chrome OS ada pada kemudahan operasional serta antarmukanya yang mirip dengan smartphone, sehingga memudahkan anak-anak untuk mengoperasikan laptop ini. Tidak hanya itu, ASUS Chromebook C214 juga mendukung banyak aplikasi penunjang pembelajaran yang tersedia 

Konektivitas Lengkap dan Daya Tahan Baterai Panjang

Selain kamera dan sistem audio yang mumpuni, ASUS Chromebook C214 juga dibekali dengan berbagai konektivitas untuk menunjang kegiatan belajar sehari-hari. Dimulai dari konektivitas nirkabel, ASUS Chromebook C214 sudah dibekali dengan teknologi WiFi 5 (802.11ac) yang kompatibel dengan sebagian besar router WiFi yang tersedia saat ini. 

Sementara dari sisi konektivitas menggunakan kabel, ASUS Chromebook C214 dilengkapi dengan port yang sangat mumpuni. Port yang tersedia di ASUS Chromebook C214 di antaranya adalah USB Type-C, USB Type-A, HDMI, dan Ethernet. Selain itu, terdapat juga 3.5mm audio jack untuk penggunaan perangkat audio tambahan. Port tersebut memastikan berbagai perangkat tambahan bisa dihubungkan tanpa kendala bahkan tanpa bantuan dongle.

Harus mengisi daya baterai laptop ketika sedang digunakan untuk aktivitas berlajar memang tidak akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Untuk itulah ASUS Chromebook C214 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 50WHrs yang mampu membuatnya dapat digunakan hingga lebih dari 10 jam.

Bahkan dalam pengujian menggunakan PCMark Mobile Battery Benchmark, ASUS Chromebook C214FCK yang ditenagai prosesor Intel Celeron N4000 bisa bertahan hingga hampir 10 jam. Artinya, anak-anak akan lebih leluasa belajar seharian tanpa perlu baterainya habis, serta hanya perlu mengisi daya baterai selama sekali untuk penggunaan seharian.

Cocok untuk Sekolah dan Institusi Pendidikan

ASUS Chromebook C214 telah mendukung sistem manajemen Chrome Education. Sistem tersebut memungkinkan pihak IT sekolah atau institusi pendidikan untuk memantau serta mengatur semua perangkat Chromebook C214 yang digunakan di lingkungan institusinya. Dengan demikian, sekolah dapat mengatur aplikasi apa saja yang dapat dipasang di Chromebook C214.

Tidak hanya itu, ASUS Chromebook C214 juga mudah untuk dirawat dan diperbaiki. Meski mengusung desain ruggedized yang sangat tangguh, ASUS masih memberikan fasilitas agar tim IT sekolah dapat mengakses berbagai komponen penting yang berada di dalam Chromebook C214. Berkat kemudahan tersebut, sekolah dapat menghemat waktu, tenaga, dan pengeluaran untuk merawat laptop ASUS Chromebook C214 yang dimiliki oleh sekolah dan digunakan oleh siswanya.

ASUS juga memastikan keamanan pada Chromebook C214 tetap terjaga. ASUS Chromebook C214 dipastikan akan selalu mendapatkan update keamanan secara berkala sehingga memastikan penggunanya, khususnya anak-anak tetap terjaga dari berbagai ancaman siber. Update keamanan secara berkala juga memastikan sistem IT sekolah dapat lebih terjaga.

Kesimpulan

Dengan harga Rp5.609.000, laptop ini sangat layak untuk dimiliki oleh anak-anak yang saat ini sedang belajar dari rumah. Karena selain mudah untuk mengoperasikannya, laptop ini juga memiliki daya tahan yang sangat tangguh, tahan cipratan air, dan tahan banting. Daya tahan baterai laptop ini juga tak kalah tangguh, jadi tak perlu khawatir akan habis baterai ketika sedang melakukan kegiatan belajar.

Laptop ASUS Chromebook C214 ini juga sudah mendukung penggunaan stylus dan sudah terdapat di dalam paket penjualannya. Jadi, selain untuk belajar anak-anak juga bisa berkreasi dengan menggunakan laptop ini. Selain itu, hal yang sebenarnya penting tapi jarang diperhatikan adalah soal keamanam. Laptop ini memiliki keamanan terbaik untuk menghindarkan anak-anak dari ancaman siber, sehingga orang tua dapat memberikan laptop ini kepada anak-anak tanpa rasa khawatir.

Spesifikasi

Main Spec.ASUS Chromebook C214
CPUIntel® Celeron™ N4000 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating SystemChrome OS
Memory4GB RAM
Storage32GB eMMC 5.1
Display11.6″ (16:9) LED backlit HD (1366×768) Anti-Glare, Touchscreen
GraphicsIntel HD Graphics 600
Input/Output1 x COMBO audio jack, 1 x Type-A USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), 2 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1) with display and power delivery support, 1 x micro SD card
CameraUser-facing HD 720p camera, world-facing 5MP AR camera
ConnectivityIntegrated Wi-Fi 5 (802.11 ac), Bluetooth 5.0
AudioBuilt-in 2 W Stereo Speakers with Microphone
Battery3 -Cell 50 Wh Battery
Dimension 292 x 199 x 19,5 ~20,1 mm (WxDxH)
Weight1,2Kg
ColorsDark Grey
PriceStart from Rp5.609.000
Warranty3 tahun