UL Perbarui 3DMark Dengan Tambahan Fitur Benchmark CPU Untuk Gamer Dan Overclocker

0
81

3DMark, 26 Juni 2021 – UL Benchmarks saat ini telah memperluas 3DMark dengan menambahkan satu set benchmark CPU khusus. Profil CPU 3DMark memperkenalkan pendekatan baru untuk benchmarking CPU yang menunjukkan bagaimana skala kinerja CPU dengan jumlah core dan thread yang digunakan. Tes benchmark Profil CPU baru sudah tersedia dalam 3DMark Advanced Edition dan 3DMark Professional Edition.

Profil CPU pada 3DMark diperkenalkan untuk pendekatan baru dalam benchmarking CPU. Alih-alih menghasilkan satu angka, Profil CPU 3DMark menunjukkan bagaimana skala kinerja CPU dan berubah dengan jumlah inti dan thread yang digunakan. Profil CPU memiliki enam tes, yang masing-masing menggunakan jumlah utas yang berbeda. Benchmark dimulai dengan menggunakan semua thread yang tersedia, Kemudian diulang menggunakan jumlah thread dari inti yang tersedia dan jumlahnya akan berkurang secara bertahap dan diakhiri dengan tes single thread. Keenam tes ini membantu untuk membandingkan dan membandingkan kinerja CPU untuk berbagai level threading. Mereka juga menyediakan cara yang lebih baik untuk membandingkan model CPU yang berbeda dengan melihat hasil dari junlah thread yang mereka miliki secara bersamaan.

Profil CPU 3DMark menunjukkan bagaimana skor CPU Anda dibandingkan dengan hasil lain dari model CPU yang sama. Ini adalah cara yang bagus untuk memeriksa apakah CPU Anda bekerja seperti yang diharapkan. Untuk overclocker, Profil CPU 3DMark akan menunjukkan potensi overclocking CPU Anda dan menyediakan lebih banyak cara untuk melacak dan mengukur keuntungan dari overclocking.

Lebih banyak inti, lebih banyak thread
Tren dalam pengembangan prosesor saat ini adalah menuju peningkatan jumlah inti CPU. Lebih banyak inti berarti lebih banyak pekerjaan dapat dilakukan pada saat yang bersamaan.

Multithreading simultan (SMT) memungkinkan setiap inti untuk menjalankan beberapa thread. Semakin banyak thread yang Anda miliki, semakin besar hasil kerja yang diberikan.

Namun, jumlah inti yang meningkat lebih cepat daripada kemampuan aplikasi populer untuk menggunakannya. Beberapa tugas lebih cocok untuk multithreading dan banyak inti daripada yang lain.

Tolok ukur CPU modern harus menunjukkan manfaat memiliki banyak inti dan thread dengan menskalakan lebih dari 16 thread tergantung prosesor yang ingin diuji. Itu juga harus menunjukkan bagaimana kinerja prosesor untuk bermain game dan aktivitas dunia nyata lainnya di mana kinerja yang sederhana jarang melampaui jumlah inti dan thread.

Tidak mungkin untuk mewakili kedua aspek kinerja CPU ini dengan satu angka saja. Jenis benchmark yang berbeda diperlukan.

Tolok ukur Profil CPU 3DMark
Profil CPU 3DMark mencakup enam tes yang menampilkan kombinasi perhitungan fisika dan simulasi khusus. Keenam tes menggunakan beban kerja yang sama; hanya jumlah utas yang berubah, dengan pengujian terbatas pada penggunaan 1, 2, 4, 8, 16, atau jumlah maksimum utas yang tersedia.

Masing-masing dari enam tes menghasilkan skor. Skor sebanding di seluruh tes. Anda dapat membandingkan skor 8-thread dengan skor 4-thread, misalnya. Skor yang lebih tinggi berarti CPU melakukan pekerjaan lebih cepat.

Bagan pemantauan perangkat keras menunjukkan kepada Anda bagaimana frekuensi clock CPU dan suhu CPU berubah saat pengujian berjalan.

Bagaimana membandingkan dan membandingkan kinerja CPU
Profil CPU 3DMark menunjukkan bagaimana skor CPU Anda dibandingkan dengan hasil lain dari prosesor yang sama.

Bilah berwarna hijau pada layar hasil Profil CPU 3DMark menunjukkan bagaimana skor Anda dibandingkan dengan skor terbaik untuk CPU Anda. Semakin panjang bilah hijau, semakin dekat skor Anda dengan hasil terbaik untuk model CPU Anda.

Skor median, yang ditunjukkan oleh penanda di gambar, menunjukkan tingkat kinerja yang Anda harapkan untuk CPU Anda. Dalam kebanyakan kasus, median mewakili kinerja dengan pengaturan stok ( tanpa melakukan OC). Jika skor Anda di bawah median, ini mungkin menunjukkan masalah dengan proses pendinginan atau aplikasi yang berjalan di latar belakang. Periksa bagan pemantauan perangkat keras untuk melihat bagaimana suhu CPU berubah selama proses pengujian.

Jarak dari penanda median ke ujung bar pada gambar menunjukkan potensi overclocking dari CPU. Untuk overclocker, Profil CPU 3DMark menyediakan lebih banyak cara untuk mengukur efek overclocking dan lebih banyak cara untuk bersaing mendapatkan skor tertinggi!

Harap dicatat bahwa fitur ini didukung oleh hasil benchmark dari pengguna 3DMark. Wawasan ini mungkin tidak tersedia untuk beberapa model CPU hingga hasil yang cukup dikirimkan.

Skor Profil CPU 3DMark Anda akan meningkat hingga jumlah utas yang didukung oleh CPU Anda. Dalam tangkapan layar ( screenshot) dari CPU dengan 4 inti dan 8 thread ini, Anda dapat melihat bahwa skor untuk 8 thread, 16 thread, dan thread Max yang sama dalam kisaran akurasi 3% yang biasa untuk tolok ukur UL. Untuk CPU dengan SMT, yang memiliki lebih banyak thread daripada inti, manfaat memiliki lebih banyak thread berkurang melebihi jumlah inti CPU.

Enam tingkat kinerja CPU
Profil CPU 3DMark mencakup enam tes. Keenam level ini memudahkan untuk membandingkan kinerja model CPU yang berbeda dengan melihat hasil dari level utas yang mereka miliki bersama.

Thread maksimal
Skor Max-threads mewakili potensi kinerja penuh CPU Anda saat menggunakan semua thread yang tersedia. Kasus penggunaan praktis untuk skor ini terletak di luar permainan dalam beban kerja multithreading yang sangat berat seperti rendering kualitas film, simulasi, dan analisis ilmiah.

16 thread
Tugas komputasi intensif seperti pembuatan konten digital dan rendering 3D mendapat manfaat dari lebih banyak thread, tetapi skor 16 thread kurang relevan untuk memperkirakan kinerja game praktis.

8 thread
Game DirectX 12 modern memanfaatkan kinerja multithreaded dengan lebih baik di luar 4 core. Performa gaming CPU biasanya berkorelasi paling dekat dengan skor 8-thread. Skor ini juga memiliki korelasi yang tinggi dengan skor CPU 3DMark Time Spy.

4 thread dan 2 thread
Game lama yang dikembangkan untuk DirectX 9 sering terhambat oleh CPU pada PC game modern. Frame rate judul esports populer, seperti DotA 2, League of Legends, dan Counter-Strike: Global Offensive, biasanya berkorelasi paling dekat dengan skor 2-thread dan 4-thread.

1 thread
Skor 1-utas adalah ukuran mendasar dari kinerja prosesor. Namun, untuk permainan dan kasus penggunaan dunia nyata, skor multithreaded biasanya merupakan indikator kinerja praktis yang lebih baik.

Profil CPU 3DMark sekarang tersedia sebagai pembaruan gratis untuk 3DMark Advanced Edition dan 3DMark Professional Edition.