TecLab Memecahkan Rekor Clock GPU Tertinggi Dengan GeForce RTX 2080 Ti

0
108

Nvidia telah memperkenalkan GPU terbaru mereka yaitu GeForce RTX 30-Series dengan arsitektur GPU Ampere pada awal bulan ini. Meskipun begitu, babarapa pengguna PC kelas enthusias diantaranya masih menggunakan kartu grafis RTX 20-Series untuk sekedar membuat rekor khususnya GPU clock.

Teclab, dengan tim mereka telah memecahkan rekor GPU clock tertinggi saat ini yaitu 3 GHz dengan menggunakan kartu grafis GeForce RTX 2080 Ti. Tim Teclab yang terdiri dari Ronaldo “rbuass” and Jacson Schenckel membutuhkan waktu beberapa hari untuk dapat mencapai GPU clock tersebut.

Untuk mencapai angka tersebut, mereka menggunakan kartu grafis GALAX GeForce RTX 2080 Ti HOF OCLab Edition dimana secara default memiliki reference clock sebesar 1350 MHz (base) dan 1680 MHz (boost) dan dengan bantuan pendinginan liquid Nitrogen (LN2) yang membuatnya mencapai GPU clock sebesar 2243 MHz dan 2573 MHz secara bersamaan (peningkatan sebesar +893 MHz dari clock default) dengan catatan memory clock diturunkan menjadi 1653 MHz (100 MHz lebih rendah).

Untuk menjalankan kartu grafis tersebut, mereka menggunakan CPU Core i9-10900K dengan clock 5.3 GHz, memori RAM Samsung B-Die DDR4 4.2 GHz dan motherboard ASUS ROG Apex XII. Sisanya Hanya beberapa lapping yang diterapkan pada inti GPU, tidak diperlukan penyesuaian lebih lanjut (kecuali memilih GPU dan banyak pengalaman). Sayangnya, Skor GPUPI yang dicapai bukanlah yang tertinggi, bahkan lebih buruk daripada kecepatan clock yang lebih rendah atau default clock (2.646s vs yang baru 2.647s). Pada beberapa frekuensi dan titik termal, GPU tidak memberikan efisiensi linier terhadap peningkatan clock.

Ini bukan pertama kalinya GPU Nvidia mencapai clock tersebut, sebelumnya saat event GALAX GOC 2016, sampel dari kartu grafis GeForce GTX 1060 berhasil mencapai GPU clock sebesar 3012 MHz. Perbedaan dari yang saat ini dilakukan terletak pada ukuran GPU itu sendiri yang menyebabkan proses pencapaian angka tersebut cukup sulit diantaranya saat proses pendinginan dan saat melakukan overclocking untuk mencapai frekuensi tertentu.

Sumber : HWbot melalui videocardz.com