Review NYK Nemesis KC-500 Basillisk, Gaming Combo Murah dengan Fitur Berlimpah

0
249

Overclockingid.com – Periferal Gaming seperti keyboard dan mouse pada umumnya dijual secara terpisah. Namun, ketersediaan paket kombo keyboard dan mouse terbilang cukup banyak. Pengguna yang tidak mau repot membeli keyboard dan mouse secara terpisah akan lebih memilih membeli paket kombo, apalagi jika harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan membeli secara terpisah.

Paket kombo biasanya hanya untuk digunakan pada kantor saja. Meskipun begitu, paket kombo seperti ini cukup menarik khususnya untuk gaming. Kali ini, kami akan mengulas paket kombo keyboard dan mouse gaming dari NYK Nemesis yaitu NYK Nemesis KC-500 Basillisk.

NYK Nemesis Basillisk KC-500 merupakan perangkat periferal PC yang terdiri dari keyboard dan mouse dalam satu paket yang biasa disebut “Keyboard Mouse Combo”. Selain kedua perangkat tersebut, paket penjualan juga dilengkapi dengan sebuah mousepad untuk kemudahan penggunaan mouse.

Keyboard

Keyboard dari KC-500 ini menggunakan layout 108 key untuk tombol keyboard-nya dan ditambah dengan tombol shortcut khusus untuk akses browser, file explorer, kalkulator dan tombol untuk kontrol multimedia. Material yang digunakan untuk keyboard ini adalah plastik ABS yang ringan namun kokoh.

Dengan ukuran 490mm (P), 220mm (L) dan 40mm (T) membuat keyboard ini terlihat cukup besar. Kabel yang digunakan memiliki interface USB Type-A yang cukup umum digunakan. Untuk panjang kabelnya sekitar 1.5 m dengan tambahan braided kain pada kabelnya sehingga lebih aman dan tahan lama.

Untuk bagian keycaps, keyboard ini menggunakan rubber dome membrane dan terdapat fitur 19 key anti-ghosting yang berfungsi untuk respon cepat saat digunakan bermain game. Sama halnya dengan tombol utama, tombol shortcut menggunakan mekanisme yang sama. Alih-alih terasa keras, tombol shortcut terasa seperti mengambang saat ditekan.

Selain tombol shortcut, keyboard ini memiliki RGB lighting untuk menambah kesan gaming. Dengan tampilan RGB yang terlihat seperti 4-zone RGB dan pencahayaannya dapat diatur seperti timing kedip, kecerahan dan pilihan warna (RGB dan CMY).

Meskipun begitu, angka dan huruf pada keycaps tidak transparan sehingga pencahayaan hanya pada bagian celah keycaps saja. Keyboard ini memiliki fitur keyboard lock untuk mencegah tombol keyboard tertekan tidak disengaja saat tidak digunakan.

Mouse

Selain keyboard, mouse dari Basillisk KC-500 juga memiliki desain seperti mouse gaming pada umumnya dengan RGB lighting. Mouse ini cukup nyaman saat digenggam, ditambah dengan bobot yang hanya 95g sehingga terasa ringan saat digunakan. Kabel dari mouse ini juga menggunakan material yang sama dengan kabel keyboard dengan panjang 1.5 m dan menggunakan braided cover.

Untuk tombolnya, mouse ini memiliki 7 tombol termasuk scroll mouse yang cukup ringan saat di-scroll. Selain tombol left dan right click, terdapat 2 tombol tambahan di sisi kiri dekat ibu jari yang terasa mirip seperti tombol shortcut keyboard.

Mouse ini juga memiliki 2 tombol di tengah dekat scroll mouse dengan fungsi pengaturan DPI dengan nilai maksimal 7200 DPI untuk tombol bagian atas dan pengaturan mode RGB lighting (single color, RGB illumination dan off) untuk tombol bagian bawah. Tombol kiri dan kanan dari mouse ini diklaim akan tahan hingga 10.000 masa pakai.

Mousepad

Untuk melengkapi paket keyboard dan mouse dari NYK Nemesis Basillisk KC-500, terdapat sebuah mousepad yang cukup panjang dengan dimensi 800 mm (P) dan 300 mm (L) dan 3 mm (T). Permukaan dari mousepad ini berwarna hitam dan abu-abu yang menggunakan tipe speed, terasa halus untuk kelancaran dalam menggerakkan mouse dengan cepat.

Bagian tepi dari mousepad ini tidak memiliki jahitan tambahan sehingga bagian atas dan bawah berpotensi mengelupas seiring dengan waktu penggunaan.

Kesimpulan

NYK Nemesis Basillisk KC-500 merupakan paket keyboard dan mouse gaming dengan berbagai fitur menarik di dalamnya. Dengan desain yang cukup menarik membuat paket keyboard dan mouse ini cocok untuk digunakan pada internet cafe/game center.

Paket penjualannya terbilang cukup lengkap dengan tambahan mousepad yang panjang untuk alas keyboard dan mouse sehingga terlihat rapih tanpa direpotkan membeli mousepad terpisah.

Pencahayaan RGB lighting yang dapat diatur menambah kesan gaming dari paket keyboard dan mouse ini. Bagi pengguna PC gaming yang menginginkan paket keyboard dan mouse gaming dengan fitur lengkap, NYK Nemesis Basillisk KC-500 ini merupakan pilihan yang tepat dengan harga terjangkau.

Kelebihan

  • Paket kombo yang menarik dengan harga sangat terjangkau
  • Keyboard dengan fitur gaming yang cukup banyak
  • Mouse yang cukup responsif
  • Cocok untuk yang memiliki usaha Internet Cafe

Kekurangan

– Dukungan driver belum tersedia