Monday , September 24 2018
Home / Info Hardware / Processor / Amd / Review Notebook ASUS Vivobook X505ZA, Simpel , Ringan , Powerfull

Review Notebook ASUS Vivobook X505ZA, Simpel , Ringan , Powerfull

ASUS  belum lama ini mengumumkan salah satu produk terbarunya di Indonesia yakni notebook ASUS VivoBook X505ZA. Notebook ini ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan notebook dengan kemampuan multimedia dan gaming dengan harga terjangkau. Tentu saja, pelajar atau mahasiswa menjadi salah satu target pasar dari VivoBook X505ZA.Salah satu keunikan yang dimiliki oleh notebook ini adalah penggunaan APU Ryzen 5 sebagai dapur pacu dari VivoBook X505ZA. Untuk pertama kalinya ASUS menggunakan APU Ryzen sebagai dapur pacu pada notebook terbarunya yang berarti performa dari notebook ini bisa sejajar dengan pesaingnya di harga yang sama.

Dengan grafis terintegrasi Radeon Vega 8 menjadikan notebook ini merupakan salah satu solusi notebook irit daya karena grafis diskrit tidak diperlukan.ASUS VivoBook X505ZA  dalam ulasan ini dipersenjatai dengan Prosesor APU Ryzen 5 2500U dengan arsitektur Zen yang sama persis seperti CPU Ryzen pada Desktop. Ryzen 5 2500U termasuk dalam prosesor  APU Ryzen khusus notebook dari AMD. Ryzen 5 2500U memiliki konfigurasi Quad-Core dan memiliki teknologi SMT (simultaneous multi-threading) sehingga prosesor tersebut memiliki 8 Thread.

Nilai base clock dari Ryzen 5 2500U sebesar 2.0 GHz dan saat Turbo menjadi 3.6 GHz. dengan nilai TDP sebesar 15 W membuat notebook ini irit daya meskipun spesifikasi APU Ryzen 5 memiliki performa mumpuni.ASUS VivoBook X505ZA pada pengujian kali ini menggunakan RAM DDR4 berkapasitas 8 GB dengan kecepatan maksimal sebesar 2400 MHz. konfigurasi memori yang digunakan yaitu Single-channel. Dengan spesifikasi memori seperti ini membuat performa dari notebook ini cukup baik.

Meskipun begitu, dengan harga yang dilabel untuk notebook ini seharusnya memori Dual-Channel merupakan keharusan sehingga Ryzen 5 2500U dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya.ASUS VivoBoo X505ZA yang digunakan dalam pengujian kali ini memiliki grafis terintegrasi Radeon Vega 8 yang dilengkapi 512 Shaders dengan Base Clock 1100 MHz yang dilengkapi memori grafis/VRAM sebesar 1GB dari memori sistem.

Radeon Vega 8 menggunakan arsitektur GCN5 seperti grafis diskrit Radeon Vega 56/64 yang merupakan kartu grafis High-End dari AMD. Dengan arsitektur yang dimiliki memungkinkan Radeon Vega 8 mampu menangani proses multimedia dengan baik termasuk bermain game.Untuk desain, sisi luar ASUS VivoBook X505ZA menggunakan material plastik polimer dan memiliki desain yang sama dengan seri VivoBook pada umumnya. Meskipun berbahan plastik, casing dari notebook ini terlihat kokoh dan tidak ringkih.Asus X505ZA dilengkapi layar 15.6 inch dengan resolusi 1366 x 768 pixel dan memiliki desain anti-glare sehingga cahaya matahari tidak terpantul dari layar saat notebook digunakan di luar ruangan.

Penggunaan bezel NanoEdge membuat rasio dan ukuran layar dari notebook ini terlihat besar meskipun ukuran notebook sejatinya merupakan notebook 14 inch.Sisi kiri dari X505ZA terdapat konektor lubang DC-in adaptor, LAN port, HDMI, USB3.0, dan terdapat port reversible USB 3.0 Type-C yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat smartphone pada notebook ini.Sementara di sisi kanan terdapat indikator daya dan baterai, Kensington Lock, 2x USB 2.0, 1x Card Reader dan Audio jack combo 3.5mm. absennya DVD writer pada notebook ini membuat tebal notebook ini juga menipis dan bobot menjadi ringan.Keyboard ASUS X505ZA menggunakan desain tombol Chiclet seperti notebook ASUS pada umumnya kecuali tata letaknya. Untuk ukuran luas tiap tombol kecuali deretan paling atas dan tombol di sudut kanan bawah, terlihat cukup besar sehingga pengguna yang berjari besar dapat mengetik dengan cukup mudah. Tombol terasa cukup responsif bahkan pada tombol dengan ukuran kecil sekalipun.Terlihat pada sisi kanan atas terdapat tombol daya dengan indikator yang sejajar dengan tombol deret atas sehingga jika tersentuh secara tidak sengaja notebook ini akan masuk mode sleep.

Untuk touchpad, posisinya terletak dibawah tombol spasi dan terlihat tombolnya menyatu dengan area touchpad dengan garis di tengah sebagai tanda pemisah antara tombol kanan dan kiri touchpad.Untuk pengisian daya, power adapter ASUS X505ZA yang disertakan memiliki power rating sebesar 45 Watt dengan besaran arus 2.3A. Terlihat dari ukuran yang cukup ringkas dan ringan membuat anda tidak perlu khawatir soal beban yang dibawa saat laptop ini dibawa bersama dengan adaptor-nya. Power rating dari adaptor notebook ini sangat sesuai karena APU Ryzen 5 yang tertanam memiliki TDP sekitar 15 Watt saja.

Spesifikasi lengkap dari VivoBook X505ZA adalah sebagai berikut.

About novri

PC Hardware Enthusiast and casual gamer

Check Also

Preview Singkat Asus ZenBook 13 UX331UAL, Laptop Mungil yang Tangguh

ASUS menghadirkan ZenBook 13 UX331UAL ke pasaran Indonesia. Model ini merupakan ZenBook yang paling menggambarkan …