Review Infinix Smart 6 HD: Smartphone Entry Level Terbaik dengan Layar Luas dan Baterai Besar!

OverclockingID – Pada akhir April 2022 lalu, Infinix menghadirkan Infinix Smart 6 HD yang akan mendefinisikan ulang segmen entry di pasar Indonesia. Infinix Smart 6 HD dipersenjantai oleh layar 6.6 inci HD+ yang sudah didukung oleh tingkat kecerahan hingga 500 nits. Layar lebarnya juga dipasangkan dengan layar waterdrop sunlight untuk meningkatkan pengalaman menonton yang lebih baik.

Pada kali ini, Kami mendapat kesempatan untuk mencoba langsung kemampuan smartphone Entry Level dari Infinix ini. Seperti apa hasilnya? Yuk simak review Infinix Smart 6 HD Kami di bawah ini!

Paket Penjualan

Infinix Smart 6 HD hadir dengan kotak berwarna Hijau dengan tulisan “ Infinix SMART 6 HD” berwarna hitam. Di bagian dalam kotaknya juga sudah menggunakan kompartemen untuk kabel dan kepala chargernya sehingga terlihat lebih rapih.

Untuk isi dari paket penjualannya, Infinix Smart 6 HD berbekal kabel data Micro USB dan adaptor dengan output 5V dan 1A, sim tray ejector, hard case bening, buku panduan dan kartu garansi. Paket dari smartphone ini terlihat cukup lengkap, apalagi di bagian layarnya juga sudah terpasang anti gores untuk melindungi layar dari goresan.

Desain

Infinix Smart 6 HD yang Kami ulas kali ini memiliki warna Force Black dengan perpaduan warna hitam pekat dan hitam doff yang bertekstur sehingga tidak licin saat digenggam meski tanpa case.

Untuk ukuran, Infinix Smart 6 HD ini memiliki dimensi 165.64 x 76.40 x 9.05 mm dengan berat 200 gram. Infinix Smart 6 HD memiliki layar 6,6 Inchi dengan resolusi 720 x 1600 piksel dan rasio layarnya 20:9 dengan kecerahan maksimal 500 nit. Dibagian layar juga terdapat kamera depan dengan desain Waterdrop.

Di bagian sisi kanan Infinix Smart 6 HD terdapat tombol daya dan tombol volume. Pada bagian sisi bawah terdapat lubang mic, port audio 3.5 mm, port micro USB, dan loudspeaker. Lalu di bagian sisi kiri terdapat Slot nano SIM yang memiliki konfigurasi 3 slot (SIM1 + SIM2 + Micro SD).

Spesifikasi Hardware

Infinix Smart 6 HD ini menggunakan SoC MediaTek Helio A22 dengan fabrikasi 12 nm memiliki konfigurasi 4-core ARM Cortex-A53 dengan clock hingga 2.00 GHz dan GPU PowerVR Rogue GE8300 yang membuat smartphone ini sangat hemat daya.

Infinix Smart 6 HD yang diulas kali ini memiliki kapasitas memori RAM sebesar 2GB dengan internal 32GB eMMC 5.1. Selain itu, smartphone ini tetap mendukung Micro SDXC untuk menambah kapasitas penyimpanannya hingga 512GB.

Baterai Li-ion non-removable yang digunakan Infinix Smart 6 HD memiliki kapasitas sebesar 5000mAh. Kapasitas baterai seperti ini dipastikan sangat cukup untuk penggunaan harian dan bermain game mobile.

OS Android yang digunakan Infinix Smart 6 HD adalah Android 11 Go dengan XOS v7.6. Performa dari UI smartphone ini terasa lancar meskipun hanya menggunakan RAM 2GB. Kami rasa Infinix sudah menyesuaikan OS mereka sedemikian rupa agar pengguna merasa nyaman meskipun smartphone ini hanya memiliki RAM 2GB saja.

Benchmark

Untuk menguji kemampuan dari Infinix Smart 6 HD ini, Kami menjalankan beberapa aplikasi benchmark yaitu 3DMark, PCMark, dan AnTuTu Benchmark. Untuk hasilnya, bisa dilihat di bawah ini:

Selain itu, Kami juga melakukan pengujian game dengan memainkan game Mobile Legends. Dengan pengaturan yang telah disesuaikan, smartphone ini mampu menjalankan game Mobile Legends dengan lancar.

Hasil Foto

Infinix Smart 6 HD ini memiliki kamera utama beresolusi 8MP AI Camera dengan Dual-Flash light dan kemampuan merekam video hingga 1080p 30fps.

Kamera depannya memiliki resolusi 5MP dengan single flash light dan kemampuan perekaman video hingga 1080p 30fps. Untuk hasil foto dari Infinix Smart 6 HD bisa dilihat di bawah ini:

Performa Baterai

Dalam pengujian baterai Infinix Smart 6 HD ini, Kami menggunakan aplikasi PCMark Battery test dengan kecerahan layar dan volume 50%.

Dari hasil uji di atas, terlihat bahwa Infinix Smart 6 HD ini memiliki kemampuan daya tahan baterai yang sangat luar biasa. Sedangkan untuk pengisian daya memakan waktu yang cukup lama sekitar 2 jam 30 menit untuk mengisi daya baterai dari 10% hingga ke 100%. Hal ini dapat dibilang wajar karena smartphone ini masih belum memiliki fitur fast charging.

Kesimpulan

Infinix Smart 6 HD ini layak disebut sebagai entry level killer, karena smartphone ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki kompetitor lain di kisaran harga yang sama. Keunggulan yang dimiliki Infinix Smart 6 HD ini adalah layar luas 6.6 inch HD+, baterai besar 5000mAh, fitur face unlock, speaker DTS Audio Processing, dan XOS yang membuat UI smartphone ini sangat smooth saat digunakan.

Dengan segala fitur dan kemampuan yang dimiliki, smartphone ini dibandrol dengan harga Rp1.174.000 (menurut harga tokopedia). Smartphone ini sangat layak untuk Kalian yang senang berselancar di sosial media, marathon film, berjualan online, dan bahkan bermain game seharian tanpa takut akan kehabisan daya.

Kelebihan

  • Layar super luas 6.6″ HD+ 500 nits
  • Baterai besar 5000mAh tahan beraktivitas seharian
  • UI dari XOS yang ringan dan smooth
  • Face Unlock
  • DTS Audio Processing

Kekurangan

  • Kualitas kamera kurang baik saat malam hari
  • Waktu pengisian daya yang cukup lama