Review Genshin Impact, Game Open World RPG Terbaik dengan Kualitas Grafis yang Memukau

0
203

Jakarta, 12 Oktober 2020 – MiYoHo akhirnya resmi merilis game Open World RPG terbarunya Genshin Impact pada tanggal 28 September 2020, dan dirilis melalui berbagai platform mulai dari Android/Ios, PC, dan Playstation 4. Meskipun baru dirilis, antusias para gamer sangat tinggi dan sekarang telah mencapai lebih dari 5 juta download di Playstore.

Melihat kualitas game buatan MiHoYo yang sebelumnya yaitu Honkai Impact 3rd, tidak heran kalau game Open World RPG ini sangat ditunggu-tunggu kehadirannya oleh para gamer. Dan benar saja, setelah saya mencoba game ini kurang lebih satu minggu, saya puas dengan kualitas game buatan MiHoYo ini, dari segi cerita, gameplay, hingga grafisnya benar-benar membuat saya terpukau.

Story

Pada awal cerita, kita akan disajikan sebuah pilihan untuk menggunakan karakter laki-laki atau perempuan. Jika kita memilih perempuan, maka saudara laki-laki kita akan diculik oleh dewa, begitupun sebaliknya. Tugas kita disini adalah menjadi seorang Traveler yang menjelajah dunia untuk mencari saudaranya yang diculik oleh dewa tidak dikenal.

Lalu, cerita berlanjut setelah beberapa tahun kejadian tersebut, kita akan bertemu dengan Paimon sebagai pemandu untuk mengeksplorasi dunia ini dan bertemu dengan karakter lain seperti Amber, Jean, Lisa, dll yang akan menjadi rekan kita untuk mencari saudara Traveler yang diculik.

Cerita yang disuguhkan cukup menarik dan penuh misteri. Ada banyak hal-hal tak terduga yang akan kita alami selama perjalanan menjelajahi dunia. Meskipun jalan ceritanya terbilang sangat panjang, namun saya tidak pernah merasa jenuh atau bosan ketika memainkannya.

Gameplay

Di dalam game ini, kita disajikan dengan Map permainan yang sangat luas. Map itu sendiri terdiri dari berbagai macam medan lingkungan yang berbeda, mulai dari sungai, pegunungan, kota, hutan, reruntuhan, bebatuan, tebing, ladang rumput yang luas dan masih banyak lagi. Selain itu, Traveler juga memiliki kemampuan untuk berenang, memanjat, berlari, loncat dan juga terbang.

Dalam game RPG, level-ing merupakan hal yang sangat penting agar karakter yang kita mainkan menjadi lebih kuat dan mudah melawan musuh. Cara untuk menaikkan level bisa dengan memberikan persembahan pada Patung The Seven, membuka Teleport Waypoint, Membuka peti harta, menyelesaikan Quest dan menyelesaika Domain. Selain itu, game ini juga memiliki sistem co-op yang membuat kalian bisa bermain bersama teman kalian ketika sudah mencapai level 16.

Selain itu, kita juga dapat memasak di dalam ini. Fungsi dari makanan di dalam game ini beragam mulai dari memulihkan HP, menambah daya serang, meningkatkan pertahanan hingga membangkitkan karakter yang sudah mati. Kalian bisa mendapatkan resep makanan dari eksplorasi, menyelesaikan quest atau membeli di Restaurant.

Battle System

Jika sebelumnya kalian pernah memainkan game Honkai Impact 3rd, kalian pasti akan mudah memahami sistem permainan dari game Genshin Impact ini. Yang membedakan disini adalah dengan adanya sistem elemental yang membuat pertarungan kita di dalam game ini menjadi lebih bervariasi.

Sumber: Facebook grup Genshin Impact

Terdapat 7 elemen di Genshin Impact, Yaitu: Pyro, Hydro, Ameno, Electro, Dendro, Cyro, dan Geo. Dengan ketujuh elemen tersebut, kita bisa membuat berbagai macam variasi serangan tergantung dengan lawan kita hadapi. Kalian dapat melihat bagan di bawah ini sebagai referensi kombo elemental dari berbagai karakter dalam melakukan serangan.

Sumber: genshin.gg

Kualitas Grafis

miHoYo memang tidak pernah mengecewakan para pemainnya jika berbicara masalah grafis. Kualitas yang dihadirkan di Genshin Impact ini bisa dibilang sangat memuaskan dengan menampilkan pemandangan indah di sepanjang mata memandang. Selain itu juga terdapat Photo Mode yang sengaja dihadirkan agar pemain dapat menangkap momen bagus saat melakukan perjalanan ke berbagai tempat.

Untuk pengaturan grafisnya sendiri terdapat berbagai macam pilihan, mulai dari terendah hingga tertinggi. Dan yang paling membuat saya terkesan adalah game ini sudah mendukung Frame Rate hingga 60 FPS. Pada game Genshin Impact yang saya coba kali ini, saya menggunakan ponsel ROG Phone 2. Saya tidak tahu apakah ponsel lain sudah mendukung fitur 60 FPS atau tidak.

Kesimpulan

Bagi saya pribadi, game ini merupakan time killer yang paling ampuh. Karena saya seakan tidak sadar sudah bermain selama beberapa jam lamanya ketika bermain game ini. Selain story yang menarik dan sistem battle yang bervariasi, game ini juga memiliki sistem co-op yang membuat saya lupa waktu ketika bermain bersama teman.

Secara garis besar, game ini benar-benar bisa dibilang sukses menarik perhatian para gamer yang menyukai genre Open Wolrd RPG. Selain pemandangan yang bagus di sepanjang mata memandang, game ini juga memiliki kualitas grafis yang sangat luar biasa.

Baiklah, demikian kesan-kesan saya setelah memainkan game Genshin Impact ini. Kalau kalian tertarik untuk memainkannya, kalian dapat mengunduhnya di genshin.mihoyo.com/id. Selamat bermain dan sampai jumpa di Teyvat!

Spesifikasi

Android
Minimum :

CPU: Android dengan CPU Arm v8a 64-bit.
RAM: 3 GB atau lebih tinggi.
Sistem Operasi (OS): Android 7.0 atau yang lebih tinggi.
Ruang penyimpanan: 8 GB

Recomended :
CPU: Qualcomm Snapdragon 845, Kirin 810 atau lebih tinggi.
RAM: 4 GB atau lebih tinggi.
Sistem Operasi (OS): Android 8.1 atau yang lebih tinggi.
Ruang penyimpanan: 8 GB

Ios:
Recomended:
– iPhone: iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE (Gen. 2)
– iPad: iPad Air (Gen. 3), iPad mini (Gen. 5), iPad Pro (Gen. 2) 12,9″, iPad Pro (Gen. 2) 10,5″, iPad Pro (Gen. 3) 11″, iPad Pro (Gen. 3) 12,9″, iPad Pro (Gen. 4) 11″, iPad Pro (Gen. 4) 12.9″

– Sistem operasi yang didukung: iOS 9.0 ke atas
– Ruang penyimpanan diperlukan: 8 GB

PC

Recommended:
– Sistem operasi: Windows 7 SP1 64-bit/Windows 8.1 64-bit/Windows 10 64-bit
– Prosesor: Intel Core i7 atau sebanding
– Memori: RAM 16 GB
– GPU: NVIDIA GeForce GTX 1060 6 GB ke atas
– Versi DirectX: 11
– Ruang penyimpanan diperlukan: 30 GB

Minimum:
Sistem operasi: Windows 7 SP1 64-bit/Windows 8.1 64-bit/Windows 10 64-bit
– Prosesor: Intel Core i5 atau sebanding
– Memori: RAM 8 GB
– GPU: NVIDIA GeForce GT 1030 ke atas
– Versi DirectX: 11
– Ruang penyimpanan diperlukan: 30 GB

PS4
PS4 (reguler), PS4 Slim, dan PS4 Pro
Ruang penyimpanan diperlukan: 30 GB