Intel Beri Dukungan Overclocking Memori Pada Motherboard H570 Dan B560

Intel telah memperkenalkan seri CPU Rocket Lake-S dan motherboard chipset seri 500 mereka pada CES 2021 yang baru saja usai. Dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, diharapkan Intel dapat membuat pasar PC Desktop semakin menarik.

Selain CPU Rocket Lake-S, ada sedikit pembaruan pada chipset motherboard terbaru. Intel akhirnya mematahkan tradisi dan mengaktifkan overclocking memori pada chipset non-Z yang pada seri sebelumnya tidak memiliki dukungan tersebut. Untuk generasi ini, konsumen yang memiliki motherboard yang berbasis chipset H570 atau B560 diberikan kemudahan untuk menggunakan memori yang lebih cepat daripada spesifikasi resmi yang didukung untuk Rocket Lake-S.

Sumber : Intel

Langkah terbaru Intel bisa dibilang tidak aneh bagi pemilik AMD, karena AMD selalu lebih mengakomodasi overclocking memori pada chipset seri A atau B yang merupakan chipset dengan harga murah. Sebelum chipset seri 500 hadir, pengguna Intel hanya bisa mengakses overclocking memori pada chipset seri Z saja, sedangkan motherboard seri Z tidaklah terjangkau. Butuh waktu cukup lama bagi Intel, tetapi Intrel akhirnya sadar akan pasar motherboard yang ramah kantong.

Untuk Comet Lake-S dan chipset seri 400, Intel menggunakan skema dua tingkat untuk dukungan memori. SKU Core i9 dan Core i7 secara native mendukung DDR4-2933, sedangkan Core i5 dan tingkatan di bawahnya terbatas pada DDR4-2666. Oleh karena itu, chipset H470 dan B460 dibatasi untuk dukungan DDR4-2933.

Halaman produk ASRock Z590 Taichi (melalui momomo_us) menunjukkan bahwa Intel menggunakan taktik yang sama dengan Rocket Lake-S. Deskripsi untuk dukungan memori tertulis “Intel Core ™ Generasi ke-11 (i9 / i7 / i5) mendukung DDR4 hingga 3200; Core (i3), Pentium, dan Celeron mendukung DDR4 hingga 2666.”

Sebuah rumor awal menunjukkan bahwa seri Core Generasi ke-11 memiliki chip Rocket Lake-S dan Comet Lake Refresh, dan ASRock mendukung teori ini. Model Core i9 hingga Core i5 adalah chip Rocket Lake-S yang mendukung DDR4-3200, dan sisanya adalah chip Comet Lake Refresh yang menjalankan DDR4-2666, sama persis dengan generasi yang ada saat ini.

Chipset H570 dan B560 sekarang mendukung overclocking memori (memori di atas DDR4-3200), tetapi masih perlu memasangkan motherboard tersebut dengan prosesor Core i5 ke atas. Core i3 dan di bawahnya hanya mendukung sampai DDR4-2666. Meskipun begitu, dibandingkan dengan masa lalu, memasangkan CPU Core i9 pada chipset seri H atau B berarti Anda tidak dapat menggunakan memori yang lebih cepat ataupun melakukan overclocking memory.

Sumber : Twitter momomo_us melalui Tom’s