Bocoran dari APU Ryzen 5000G Desktop Muncul

0
81

Bocoran screenshot CPU-Z dari APU AMD Ryzen terbaru muncul di forum Chiphell mengonfirmasi bahwa seri AMD Ryzen 5000G kemungkinan hadir dengan embel-embel seri PRO.

Contoh yang ditampilkan dalam screenshot CPU-Z adalah CPU 8-core dan 16-thread berdasarkan seri APU Cezanne AM4 yang kemungkinan adalah Ryzen 7 PRO 5750G.
Menurut postingan tersebut, APU tersebut tidak kompatibel dengan antarmuka PCIe Gen4, dan juga tidak menunjukkan apakah IGP menggunakan arsitektur Navi atau tetap dengan arsitektur Vega seperti seri sebelumnya.

Sumber : Chiphell

Dibandingkan dengan seri desktop Ryzen 5000 non-APU dengan desain chiplet, cache L3 juga telah berkurang pada APU Cezanne. Mengingat AMD telah meluncurkan seri mobile berbasis Cezanne untuk laptop kelas atas seharusnya memang sudah jelas. Varian soket AM4 dan FP6 untuk APU Cezanne didasarkan pada silikon yang sama.

Bocoran tersebut juga menunjukkan motherboard yang digunakan yaitu ASUS Crosshair VIII Hero yang dimana BIOS-nya saat ini belum sepenuhnya mendukung prosesor tersebut. Hanya firmware AGESA 1.2.0.0 yang dapat mem-boot CPU, yang dilaporkan terlihat berbeda dari sampel sebelumnya. Clock Infinity Fabric (FCLK) disetel ke 2300 MHz, dan beberapa sampel diduga dapat berjalan hingga 2500 MHz.

Dalam hal kecepatan clock, peningkatan untuk semua inti prosesor tersebut sekitar 4,05 GHz, tetapi dapat mencapai hingga 4,75 GHz dalam kondisi saat ini.

Sumber: Weixin QQ

Pembocor mengklaim bahwa CPU Ryzen 7 5750G PRO seharusnya tidak jauh lebih murah daripada CPU Vermeer. Selain itu, pembocor dari Chiphell menambahkan bahwa ada kemungkinan kuat seri Cezanne AM4 PRO tidak akan dijual secara eceran seperti APU seri 4000G atau Renoir. Untuk saat ini, tidak jelas apakah AMD memiliki rencana untuk seri Ryzen 5000G non-PRO.

Sumber : Chiphell melalui Videocardz