Review vivo V19: Andalkan Fitur Night Selfie dan Quad Camera

0
241

Overclockingid.com – Sebagai salah satu merek smartphone di Indonesia yang mengandalkan fitur fotografi, Vivo telah merilis smartphone terbaru mereka yaitu Vivo V19. Setelah merilis V17 Pro akhir tahun lalu, V19 dirilis untuk menambah lini smartphone mereka khususnya seri V. Disini kami akan mengulas beragam fitur dan spesifikasi yang dimiliki oleh Vivo V19.

Paket Penjualan

Untuk isi dari paket penjualannya bisa dibilang sama persis dengan seri sebelumnya. Selain Vivo V19 itu sendiri, terdapat aksesori tambahan seperti earphone 3.5 mm khas Vivo, SIM tray ejector pin, soft rubber casing, kabel data USB type-C dan adaptor 2A dengan output voltase 5V/9V yang mendukung fast charging termasuk buku panduan kartu garansi yang tersimpan di tempat terpisah.

Bentuk dari Vivo V19 mirip dengan V17 Pro dengan sedikit perbedaan di bagian kamera dan bagian samping. Dengan dimensi 159 x 74.2 x 8.5 mm dan berat sekitar 176 gram membuat smartphone ini terasa lebih ringan daripada Vivo V17 Pro.

Untuk layar,  Vivo V19 memiliki lebar diagonal sekitar 6.44 Inchi ( luas 100.1 cm2 ) dengan resolusi 1080 x 2400 piksel dan rasio layar 20 : 9. Untuk rasio layar-ke-bodi sekitar 85% membuat smartphone ini terlihat cukup luas. Jenis layar yang digunakan tetap menggunakan Super AMOLED dengan dukungan always-on display yang jernih dan hemat daya.

Tombol havigasi (Back, All Apps dan Home) virtual on-screen tetap digunakan. Selain itu, layar smartphone ini sudah menggunakan Corning Gorilla Glass dan tetap menggunakan sensor sidik jari di layar seperti seri sebelumnya dan sudah menggunakan lapisan anti gores pada layarnya.

Dibagian sisi atas V19 terdapat earpiece beserta sensor cahaya berada di tepi layar seperti smartphone Vivo dengan layar luas pada umumnya. Dibandingkan dengan V17 Pro, disini tidak ada port apapun selain lubang mic.

Untuk kamera depan, V19 justru mengadopsi desain dari seri Z1 Pro yang berada di dalam layar alih-alih menggunakan desain pop-up seperti V17 Pro. Perbedaannya hanya posisi kamera depan yang berada di pojok kanan atas saja. Karena tidak menggunakan pop-up camera membuat fitur face unlock kembali tersedia di smartphone ini.

Di bagian samping sisi kanan dari V19 terdapat tombol volume (+/-) dan tombol daya seperti smartphone pada umumnya.

Pada bagian sisi bawah dari V19 terdapat lubang mic, port audio 3.5 mm, port USB type-C dengan OTG dan loudspeaker. Bisa dibilang, sisi bawah smartphone ini kembali menggunakan layout seperti seri V15.

Dibagian sisi kiri V19 hanya terdapat sebuah Slot nano SIM smartphone tanpa tombol akses google assistant seperti V17 Pro.

Tray SIM dari V19 kembali menggunakan konfigurasi triple slot (SIM1 + SIM2 + Micro SD) untuk memudahkan pengguna untuk menambah memori penyimpanan smartphone ini.

Bagian belakang dari V19 menggunakan material plastik berwarna Crystal White yang Glossy. Bodi dari smartphone ini terlihat seperti V17 Pro yang terasa licin dan mudah meninggalkan sidik jari namun tidak memiliki lapisan kaca Corning Gorilla Glass. Selain itu, bagian belakang smartphone ini terdapat empat buah kamera dan lampu flash di kiri atas dengan posisi vertikal.

Spesifikasi

Spesifikasi yang ditawarkan oleh V19 menggunakan Qualcomm Snapdragon 675 sebagai SoC seperti V17 Pro. Mengusung 11 nm 8-core Kryo 460 dengan clock up to 2 GHz dan GPU Adreno 612 membuat performa dari smartphone ini masih cukup bertenaga dan hemat daya.

Vivo V19 yang diulas memiliki kapasitas memori sebesar 8 GB dengan internal 256 GB. Kapasitas memori internal V19 lebih besar dari seri sebelumnya dan tetap menggunakan memori jenis UFS 2.1 yang membuat proses baca-tulis data lebih cepat. Selain itu, smartphone ini masih mendukung Micro SDXC untuk menambah kapasitas penyimpanannya.

Baterai Li-Po non-removable yang digunakan pada V19 memiliki kapasitas sebesar 4500 mAh. Kapasitas baterai smartphone ini lebih besar dari seri sebelumnya namun tetap terlihat kecil bila dibandingkan dengan Z1 Pro.

OS Android yang digunakan di V19 ini adalah Andriod 10  dengan UI FunTouch 10 dan memiliki fitur AI khas Vivo yaitu Jovi. UI yang digunakan pada smartphone ini tetap terasa lancar mengingat RAM smartphone ini cukup besar. Untuk fitur seperti mode Ultra Gaming tetap tersedia sehingga masih mampu untuk bermain game.

Benchmark

Antutu merupakan aplikasi benchmark yang paling sering digunakan sebagai tolok ukur performa sebuah perangkat berbasis  Android. AnTuTu menmiliki beberapa pengujian performa dari  perangkat berbasis Android berdasarkan empat poin pengujian yaitu Graphics, CPU, UX (user experience) dan RAM. AnTuTu yang digunakan dalam pengujian kali ini menggunakan AnTuTu v8.

Geekbench merupakan benchmark lintas platform yang mengukur kinerja CPU dan GPU sebuah perangkat smartphone, tablet dan PC. Aplikasi ini menggunakan beberapa algoritma komputasi yang umumnya digunakan pada scenario real world sehingga dapat menganalisa kemampuan CPU saat melakukan proses single core maupun multi core dan juga GPU . Geekbench yang digunakan untuk pengujian kali ini yaitu Geekbench 5.

3DMark merupakan benchmark yang ditujukan untuk menguji performa dari system perangkat berbasis Android dalam melakukan pemrosesan berdasarkan grafis. Semakin tinggi nilainya semakin baik performa perangkat tersebut. Pengujian yang dijalankan yaitu Sling Shot dan Sling Shot Extreme.

Mengingat kesamaan chpiset, 3DMark mendeteksi V19 sebagai V17

PCMark merupakan aplikasi benchmark untuk menguji perangkat Android lewat pengujian yang berdasarkan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan pengguna. Nilai yag dihasilkan mencerminkan performa dari perangkat Android yang sebenarnya. Tes yang dijalankan adalah Work 1.0 dan Work 2.0.

GFXBench merupakan tool benchmark yang digunakan untuk menguji kemampuan render objek 3D dari SoC smartphone. Pengujian dilakukan dengan tes render dan hasilnya dinilai berdasarkan poin dan fps yang dihasilkan. Semakin tinggi poin dan fps yang dihasilkan, performa SoC tersebut semakin baik.

Baterai Li-Po 4500 mAh yang disematkan pada V19 ini diberikan pengujian dengan memutar video 720p terus-menerus dengan kecerahan otomatis dan volume suara 50% dengan kapasitas baterai penuh (100 %) dan pengujian kapasitas baterai 10% saat pengisian daya.

Untuk sektor fotografi, V19 memakai konfigurasi quad camera pada kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera utama yang terpasang di belakang sama seperti V17 Pro yang terdiri dari 48 MP AF f/1.8 untuk kamera utama, 13 MP  dengan 2x optical zoom untuk telephoto, 8 MP f/2.2 untuk kamera ultrawide view dan 2 MP f/2.4 untuk kamera bokeh dengan lampu flash. Kamera belakang ini memiliki dukungan perekaman video hingga 1080p pada 30 / 60 fps dan 2160p  pada 30 fps. Kamera depannya memiliki sensor 32 MP f/2.0 untuk kamera utama tanpa flash dengan ukuran lubang bukaan sekitar 2.9 mm.

Kamera Utama

Kamera Bokeh
Kamera Makro

Kamera Selfie

Kesimpulan

Vivo meluncurkan V19 bisa dibilang merupakan versi murah dari V17 Pro yang lebih dulu meluncur. Desain bodi yang digunakan hampir tidak jauh berbeda dengan Vivo seri sebelumnya namun tanpa proteksi Gorilla Glass di bagian belakang seperti V17 Pro. Selain desain bodi, V19 menawarkan solusi storage internal 256 GB dengan dukungan Micro SDXC sehingga lebih lapang dan RAM 8 GB untuk menjalankan banyak aplikasi meskipun SoC yang ditawarkan sama persis dengan seri V17 Pro yaitu Snapdragon 675.

Soal fotografi, quad main camera pertama kali digunakan seri V17 Pro dan tetap dipakai di V19 terlihat cukup baik untuk mengambil foto yang bukan hanya foto biasa, macro dan ultrawide tapi memiliki kamera tele untuk hasil foto jarak jauh yang jernih. Selain itu, kamera depan juga diperbarui dengan fitur night selfie untuk foto selfie malam yang jernih meskipun hanya satu kamera depan dan tanpa fotur pop-up.

Untuk performa setelah satu bulan pemakaian, V19 bisa dibilang masih cukup mumpuni dengan RAM 8 GB ditambah memori internal 256 GB jenis UFS 2.1. Meskipun masih menggunakan Snapdragon 675 seperti V17 Pro, performa saat memainkan game mobile terbilang cukup lancar dengan grafis yang cukup mulus.

Semua fitur dan spesifikasi dengan paket penjualan cukup berlimpah dari V19 dipasarkan dengan harga berkisar di angka 4,9 juta-an (8/256). Bila dibandingkan dengan V17 Pro, perbedaan yang mencolok hanya pada material bodi dan konfigurasi kamera depan membuat V19 bisa menjadi pilihan yang cocok bila menginginkan kapasitas memori dan baterai yang besar.

(+)

  • Layar AMOLED dengan screen touch ID
  • AI quad camera dan kamera depan dengan night selfie dan dukungan face unlock
  • Storage 256 GB dan dukungan Micro SDXC
  • Baterai Li-Po 4500 mAh

 (-)

  • SoC Snapdragon 675 yang sama dengan V17 Pro
  • Tidak menggunakan pop-up selfie camera