Review vivo S1: Smartphone Stylish dengan Segudang Fitur Andalan

0
130

Overclockingid.com – Pada pertengahan bulan Juli ini, vivo kembali meluncurkan smartphone terbarunya yaitu S series. S series pertama yang mereka luncurkan adalah vivo S1, dengan mengusung tema Unlock Your Style. Fitur andalan dari vivo S1 adalah kamera depan 32MP, baterai 4500mAh, tiga kamera belakang, screen touch id, 18W dual engine fast charging, dll. Dengan berbagai fitur yang disematkan pada vivo S1 ini, bagaimanakah performanya untuk penggunaan harian? langsung saja simak artikel ini!

Paket Penjualan

Untuk isi dari paket penjualannya terdapat rubber case, tray ejector pin, earphone model in-ear, adaptor 2A dengan kabel data micro USB 2.0. Ketiadaan dari buku manual dan kartu garansi membuat paket penjualan vivo S1 terlihat bersih dari kertas. Selain rubber case, vivo S1 ini juga sudah dilengkapi dengan pelindung layar tempered glass. Sehingga kita tidak lagi memikirkan aksesoris tambahan untuk vivo S1 yang sudah kita beli.

Desain

Untuk desain yang digunakan terlihat hampir sama seperti vivo V11 Pro. Penggunaan layar 6,38 inci super AMOLED dengan rasio 19,5:9 dan memiliki kerapatan 404 dpi membuat tampilan menu dan konten di layar vivo S1 ini terlihat lebih luas dari beberapa smartphone kelas menengah. Kelebihan layar Super AMOLED adalah perangkat ini memiliki fitur always-on display. Di mana terdapat animasi gambar atau notifikasi meski ponsel dalam keadaan terkunci dan layar mati.

Dengan dimensi dari vivo S1 yaitu 159.5 x 75.2 x 8.1 mm dan berat sekitar 179 gram membuat smartphone ini cukup nyaman digenggam meskipun body yang dimilikinya agak besar. 

Untuk poni vivo S1 ini terlihat unik dan lebih simpel dimana hanya terdapat kamera depan saja pada poni tersebut. Sedangkan untuk sensor cahaya dan jarak termasuk earpiece dan lampu infrared khusus terletak pada tepi atas termasuk mic sekunder di bagian atas dari smartphone ini.

sisi kiri
sisi kanan

Untuk tombol fisiknya sendiri, disebelah kiri terdapat tombol google assistant. Tombol volume (+/-) dan tombol daya disebelah kanan. Sedangkan untuk posisinya sendiri terbilang mudah diakses jari.

sisi bawah

vivo S1 ini masih menggunakan konektor micro USB 2.0 sebagai port untuk pengisian daya dan transfer data. Port seperti ini memang masih umum digunakan smartphone Android terbaru. Namun, untuk beberapa smartphone di harga yang sama sudah menggunakan port USB type-C. Selain itu, terdapat speaker dan port audio 3.5 mm serta mic di samping port micro USB.

Tray untuk kartu SIM berada pada sisi kiri dari vivo S1. Jika dilihat dengan jelas, tray kartu SIM yang digunakan memiliki bentuk dedicated, yang artinya slot SIM dengan slot microSD memiliki celah tersendiri. Slot seperti ini sangat memudahkan pengguna yang menginginkan pemakaian dual SIM dan micro SD secara bersamaan tanpa mengorbankan salah satu slot SIM.

Kamera utama dari vivo S1 berada di belakang dengan konfigurasi triple camera. Umumnya sensor fingerprint selalu ditempatkan di belakang bersama dengan kamera utama. Namun, fingerprint pada vivo S1 ini tidak lagi berada di bagian belakang, melainkan di layar. Kecepatan membuka kuncinya terbilang cukup cepat, yaitu hanya 0.7 detik saja.

Bodi belakang vivo S1 ini menggunakan material polycarbonate. Hadir dengan varian warna Cosmic Green, yang memadukan gradasi warna hijau dibagian atas dan biru pada bagian bawah. Bodi dari smartphone ini secara keseluruhan memang terlihat kokoh dan cukup mantap dipegang, namun bagian belakang smartphone ini mudah sekali kotor karena sidik jari.