Thursday , December 13 2018
Home / Hardware Gaming / Gaming Pc / Review Sades Shield, Keyboard Gaming Mekanikal Simpel dan Unik dari Sades

Review Sades Shield, Keyboard Gaming Mekanikal Simpel dan Unik dari Sades

Fitur Utama

Sekarang saya akan membahas bagian yang paling penting dari keyboard ini, yaitu keunikannya atau bisa dibilang dengan ciri khas dari keyboard ini. Anda pasti awalnya bingung dengan penamaan keyboard ini, kenapa dinamakan dengan “SHIELD”.P_20181115_132502Shield disini berfungsi untuk melindungi seluruh bagian keyboard dari debu ketika sedang tidak dipakai, atau ketika kita ingin mengajaknya bepergian agar keyboard ini tidak mengalami lecet karena bersentuhan dengan benda lain ketika di dalam tas. Inovasi unik ini sangat berguna juga untuk mengurangi kotoran debu yang masuk ke dalam keyboard ketika sedang tidak digunakan.P_20181115_131203Tetapi jika kalian ingin melepas palm rest atau shield dari keyboard ini. Kalian cukup membukanya dengan obeng plus yang telah disediakan di dalam paket penjualan. Gambar di atas adalah tampilan Sades Shield ketika dilepas shieldnya.P_20181127_185828Keyboard ini memiliki tombol media yang menyatu dengan tombol function. Saya sepertinya paham kenapa tombol media ini tidak dipisah di bagian lain, yaitu agar ukuran keyboard ini terlihat simpel dan tidak terlalu besar.

Software

Bagi kalian yang sangat suka sekali dengan kilauan kelap-kelip dari lampu RGB sebuah keyboard gaming. Software pada keyboard ini terbilang sudah sangat lengkap, karena di dalam software ini kita dapat mengatur lampu-lampu RGB pada keyboard ini sesuai dengan yang kita inginkan dan juga mengatur settingan macronya.UntitledCaptureDapat dilihat pada bagian menu light terdapat banyak sekali pilihan kombinasi dari warna lampu RGB pada keyboard ini. Sehingga kalian bisa mengubahnya sesuai dengan warna yang cocok dengan kalian. Kalian juga dapat mengatur tingkat kecerahan dan kecepatan warna lampu RGB pada keyboard ini.invoker1Pada bagian macro settingnya, kita dapat merubah banyak key ke dalam satu tombol saja. Hal ini tentu sangat membantu bagi para gamer yang control di dalam gamenya menggunakan banyak key ,tetapi kita bisa meringkasnya dalam 1 tombol saja.

Pada game Dota 2 ada hero yang bernama Invoker, ia merupakan hero yang cukup sulit untuk dimainkan karena biasanya hero di Dota 2 itu skillnya hanya ada 4 jadi kita hanya membutuhkan 4 key Q,W,E, dan R. Tetapi hero Invoker ini memiliki 10 skill yang mana tiap skillnya harus di Invoke atau digabungkan dahulu, barulah kita bisa menggunakan salah satu dari skill hero tersebut.

Bagi seorang pemula tentu saja hal itu sedikit rumit apalagi jika dalam keadaan panik, seorang pro player sekalipun mungkin saja melakukan kesalahan dalam menggabungkan skill saat memainkan hero ini. Namun hal itu dapat diminimalisir dengan menggunakan fitur macro di keyboard ini.

Kesimpulan

Setelah saya menggunakan keyboard ini kurang lebih 2 minggu untuk memainkan game DOTA 2, CS:GO, dan juga PUBG. Saya menyimpulkan bahwa keyboard ini sangat cocok untuk para gamer yang suka bermain game FPS, MOBA, dan juga Battle Royale. Keyboard ini juga sangat nyaman digunakan dalam waktu yang cukup lama tanpa membuat tangan kita lelah.

Fungsi dari shield pada keyboard ini membuatnya tidak mudah kotor sehingga kita tidak harus sering-sering membersihkannya dari debu. Selain itu ukurannya yang sangat simpel membuatnya mudah untuk dibawa kemana-mana, terutama jika anda adalah seorang gamer yang tidak bisa bermain dengan baik jika tidak menggunakan gaming gearnya sendiri.

Kelebihan

  • Desain simpel dan mudah dibawa kemana-mana
  • Shield yang berfungsi sebagai palm rest dan pelindung dari debu
  • Suara clicky yang sangat jelas terdengar
  • Tuts sangat ringan saat ditekan
  • Adanya fitur Antighosting dan macro key
  • Braided Cable dan Gold Plate USB

Kekurangan

  • Tombol media yang menyatu dengan tombol function (tidak terpisah)

Jika kalian tertarik dan ingin memilikinya, keyboard ini dijual dengan kisaran harga : Rp. 595.000,00-

 

 

About novri

PC Hardware Enthusiast and casual gamer

Check Also

SADES MPOWER SA-723, Solusi Headset Gaming Multi-Platform dengan Harga Terjangkau

Sades, nama merek gaming peripheral yang satu ini mungkin dikenal sebagai salah satu merek yang …