Review realme 7i: Smartphone Mid-Range 64MP dengan Segudang Fitur Menarik

0
111

Jakarta, 17 September 2020 – realme akhirnya merilis smartphone baru untuk kelas menengah ke atas dengan slogan 64MP Power Master melalui realme 7i. Bersamaan dengan seri realme 7, seri ini ditujukan untuk “menggangu” segmen smartphone kelas menengah dengan semua konfigurasi Power yang ditawarkan. Ulasan ini akan melihat lebih dekat fitur dan kemampuan dari realme 7i.

Paket Penjualan dan Desain

Soal paket penjualan, realme 7i hadir dengan kemasan kotak berwarna kuning dengan tulisan “realme 7i” yang merupakan ciri khas dari smartphone realme.

Untuk isi dari paket penjualannya, realme 7i berbekal kabel data USB type-C dan adaptor 2A 5V/9V dengan fast charging termasuk buku panduan, kartu garansi dan rubber case yang memang cukup umum ditemui untuk smartphone saat ini. Berbeda dari seri 5i yang masih memakai port micro USB 2.0, realme 7i ini sudah menggunakan port USB Type-C.

Bentuk dari realme 7i kurang lebih mirip seperti smartphone realme yang sebelumnya. Dengan dimensi 164.1 x 75.5 x 8.9 mm dan berat 196 gram menjadikannya terasa cukup ringan dan nyaman digenggam.

Jenis layar yang digunakan realme 7i berjenis IPS LCD dan Luas layar memiliki lebar diagonal sekitar 6.5 Inchi dengan resolusi 720 x 1600 piksel. Meskipun resolusi layarnya terlihat sama seperti seri sebelumnya, rasio layarnya tetap mendukung 20:9.

Untuk rasio layar-ke-bodi diklaim mencapai 90%, membuat smartphone ini terlihat cukup luas. Selain itu, layarnya telah dilindungi lapisan Gorilla Glass dari Corning dan mendukung 90Hz Ultra Smooth Display untuk tampilan layar lebih halus.

Dibagian atas layar dari realme 7i terdapat earpiece beserta sensor cahaya berada di tepi layar seperti smartphone dengan layar luas pada umumnya.

Kamera depan dari realme 7i menggunakan 16MP In-display Selfie Camera dengan Sony IMX471 dengan posisi berada di sudut kiri atas.

Di bagian samping sisi kanan dari realme 7i terdapat tombol daya dan volume seperti beberapa smartphone saat ini. Pada bagian sisi bawah dari realme 7i terdapat lubang mic, port audio 3.5 mm, port USB Type-C 1.0 dengan OTG dan loudspeaker.

Dibagian sisi kiri realme 7i terdapat Slot nano SIM dan Tray SIM menggunakan konfigurasi Slot 3 Kartu(SIM1 + SIM2 + Micro SD) untuk memudahkan pengguna saat ingin menambah memori penyimpanan smartphone ini.

realme 7i menghadirkan desain cermin yang cemerlang, terdapat garis pemisah ikonik pada realme 7i dengan arah diagonal yang membagi realme 7i menjadi dua bagian. Jika Anda melihat lebih dekat, seluruh penutup belakang memiliki warna gradien yang meningkatkan kualitas visual premium realme 7i.

realme 7i selain mendukung sensor sidik jari ultra cepat, juga mendukung pengenalan wajah untuk mempermudah membuka kunci dengan sekali klik atau sekali lirikan wajah dan aman untuk privasi Anda.

Selain itu, semua lubang di realme 7i kedap air karena realme menyegel lubang dengan pelindung silikon, secara efektif mencegah percikan.

Spesifikasi

Spesifikasi yang dimiliki realme 7i menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 662 berbasis 12nm 8-core dengan clock hingga 2 GHz dan GPU Adreno 610, memberikan power yang cukup untuk bermain game dan penggunaan sehari-hari.

realme 7i yang diulas kali ini memiliki kapasitas memori sebesar 8GB+128GB. Selain itu, smartphone ini tetap mendukung Micro SDXC untuk menambah kapasitas penyimpanannya. Untuk konektivitas, selain mendukung 4G LTE, realme 7i mendukung WiFi 802.11 AC dan Bluetooth v5.0 dan GPS.

Baterai Li-Po non-removable yang digunakan realme 7i memiliki kapasitas sebesar 5000mAh Massive Battery dengan Super Power Saving Mode. Ditambah dengan pengisian daya cepat 18W Fast Charge, adalah kombinasi powerful di lini produk realme di segmen Rp 3 jutaan.

OS Android yang digunakan realme 7i adalah Android 10 dengan realme UI yang sama seperti seri C15. Performa dari UI smartphone ini terasa lancar mengingat kapasitas RAM smartphone yang besar. Untuk fitur seperti Game Space untuk kelola game terinstal yang umum di smartphone realme tetap tersedia.

Benchmark

Antutu merupakan aplikasi benchmark yang paling sering digunakan sebagai tolok ukur performa sebuah perangkat berbasis  Android. AnTuTu menmiliki beberapa pengujian performa dari  perangkat berbasis Android berdasarkan empat poin pengujian yaitu Graphics, CPU, UX (user experience) dan RAM. AnTuTu yang digunakan dalam pengujian kali ini menggunakan AnTuTu v8.

Geekbench merupakan benchmark lintas platform yang mengukur kinerja CPU dan GPU sebuah perangkat smartphone, tablet dan PC. Aplikasi ini menggunakan beberapa algoritma komputasi yang umumnya digunakan pada scenario real world sehingga dapat menganalisa kemampuan CPU saat melakukan proses single core maupun multi core dan juga GPU. Geekbench yang digunakan untuk pengujian kali ini yaitu Geekbench 5.

3DMark merupakan benchmark yang ditujukan untuk menguji performa dari system perangkat berbasis Android dalam melakukan pemrosesan berdasarkan grafis. Semakin tinggi nilainya semakin baik performa perangkat tersebut. Pengujian yang dijalankan yaitu Sling Shot dan Sling Shot Extreme.

PCMark merupakan aplikasi benchmark untuk menguji perangkat Android lewat pengujian yang berdasarkan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan pengguna. Nilai yag dihasilkan mencerminkan performa dari perangkat Android yang sebenarnya. Tes yang dijalankan adalah Work 1.0 dan Work 2.0.

Hasil Foto

Untuk sektor fotografi, realme 7i memakai konfigurasi 64MP quad camera pada kamera belakang dengan lampu flash dan satu kamera depan. Kamera utama yang terpasang di belakang terdiri dari 64MP PDAF f/2.2 untuk kamera utama, 8 MP f/2.2 untuk kamera ultrawide view, 2 MP f/2.4 untuk B/W potrait dan 2 MP f/2.4 untuk macro. Kamera belakang ini memiliki dukungan perekaman video hingga 1080p pada 60 fps dengan UIS & UIS Max Video Stabilisasi.

Fitur Filter Malam yang ada pada Nightscape: Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold memberikan pengalaman foto malam yang lebih menarik dan menjadikannya lebih kreatif untuk foto minim cahaya.

Kamera B/W yang dimiliki smartphone ini berfungsi sebagai filter untuk memberikan efek warna tertentu sesuai keinginan khususnya untuk fitur Nightscape.

Kamera depannya memiliki sensor 16 MP f/2.0 tanpa flash dengan sensor Sony IMX471 dan dukungan rekam video 1080p pada 30fps .

Daya Tahan Baterai

realme 7i memiliki baterai masif 5000mAh yang dapat digunakan untuk menikmati penggunaan nonstop, kapan pun Anda mau. Berdasarkan pengujian realme Lab, realme 7i dapat bertahan selama 34 hari dalam mode siaga, bahkan jauh lebih baik daripada beberapa flagship lainnya.

 SiagaTeleponYouTubeMusik DaringInstagram
Daya Tahan Baterai814 jam35 jam19 jam88 jam26 jam

Dengan reverse charge OTG khusus, realme 7i juga dapat menjadi penghemat baterai Anda. realme 7i dilengkapi dengan 18W Quick Charge, butuh 30 menit untuk mengisi sampai 33%.

Kesimpulan

realme merilis 7i dengan Slogan “Power Master” memiliki peningkatan yang sangat signifikan seperti 64MP Quad camera, 16MP In-display Selfie Camera, 90Hz Ultra Smooth Display, Memori besar 8GB+128GB, 18W Quick Charge dan kapasitas baterai 5000mAh membuat realme 7i ini sangat layak dijadikan penerus dari generasi sebelumnya.

Kamera utama realme 7i menjadi nilai jual dengan resolusi 64MP termasuk adanya kamera khusus  B/W dan ultra-wide untuk pengaturan scene terdedikasi termasuk kamera macro tetap tersedia. Selain itu, fitur nightscape pada night filter untuk kemampuan fotografi di malam hari. Semua fitur kamera utama yang ditawarkan membuat realme 7i menjadi smartphone dengan kamera 64MP termurah.

Mengusung tema “Power Master”, performa realme 7i terasa cukup mumpuni dengan kapasitas memori RAM 8 GB dan memori internal 128 GB UFS 2.1 yang disandingkan dengan Snapdragon 662 membuat performa smartphone ini terasa cukup baik. Ditambah dukungan layar refresh rate 90Hz dan ditopang dengan baterai berkapasitas besar 5000mAh membuatnya terasa makin mantap untuk dipakai harian.

Dengan semua kelebihan yang ditawarkan, realme 7i ini merupakan Most Valuable 8+128 di segmen harga 3 jutaan. realme 7i ini sangat layak untuk kalian yang membutuhkan smartphone performa tinggi dengan kamera yang mumpuni dan baterai yang tahan lama.

(+)

  • Kapasitas Memori Besar 8GB+128GB
  • Kamera utama 64MP dengan fitur filter malam Nightscape
  • Adaptor 18W dengan fast charging
  • Layar 6.5-inci 90Hz Ultra Smooth Display
  • 16MP In-display Selfie Camera dengan Sony IMX471
  • 5000mAh Massive Battery dengan Super Power Saving Mode

 (-)

  • Paket penjualan tanpa earphone
  • Bodi belakang mudah meninggalkan bekas sidik jari