Review NYK HS-M02 MAGE: Headset Gaming Mobile yang Nyaman digunakan Berjam-jam

0
252

Jakarta, 5 Oktober 2019 – Kali ini kami kedatangan sebuah headset gaming yang dikhususkan untuk para mobile gamer. Headset tersebut adalah sebuah produk dari NYK Nemesis yang diberi kode HS-M02 atau disebut juga dengan MAGE. Bagi kalian yang belum mengenal brand tersebut, NYK Nemesis adalah sebuah brand gaming gear yang berkualitas baik dengan harga yang terjangkau untuk para gamer di tanah air. Nah, bagaimanakah performa dari headset gaming ini untuk penggunaan gaming mobile? mari simak artikel ini sampai habis!

Paket Penjualan dan Desain

Paket penjualan dari headset ini hanya berisikan unit headsetnya saja, tidak ada aksesoris atau converter tambahan. Bagi kalian yang memiliki smartphone tanpa audio port 3.5mm, kalian harus membeli converter tambahan untuk smartphone kalian.

Kita masuk ke bagian desain, headset ini memiliki desain dual headband yang dapat menyesuaikan bentuk kepala dan juga dilengkapi dengan metal headband yang kuat. Untuk earcup-nya sendiri, NYK M02 Mage ini menggunakan bahan kulit yang lembut namun kuat, membuat saya merasa nyaman saat menggunakan headset ini.

Untuk bagian konektivitas, headset ini menggunakan L Shape Jack yang dimana tipe seperti ini adalah tipe yang sangat digemari oleh para gamer karna tidak mengganggu kenyamanan bermain.

Ditambah dengan diameter lubang earcup yang cukup besar membuat telinga saya secara utuh masuk ke dalamnya dan tidak ada bagian telinga saya yang terjepit oleh earcup. Hal ini yang membuat saya merasa nyaman dan telinga saya tidak terasa sakit saat menggunakan headset ini selama berjam-jam.

Headset NYK M02 Mage ini memiliki microphone elastis yang dapat diatur posisinya sesuai dengan keinginan kita. Untuk performanya sendiri terbilang cukup baik, microphone ini mampu membuat suara saya terdengar dengan jelas saat saya bermain PUBG Mobile dengan teman-teman saya. Bahkan ketika bermain, saya juga menghidupkan kipas angin yang diarahkan langsung ke muka saya. Namun suara saya tetap terdengar jelas dan tidak ada suara dari kipas angin yang menggangu masuk ke dalam microphone.

Headset ini memiliki volume kontrol di bagian belakang housing-nya. Bagi kalian yang baru membeli headset namun merasa tidak suara saat pertama kali ingin mencobanya, mungkin kalian belum menaikkan volume-nya. Hal ini sering terjadi karena headset yang baru dibeli biasanya masih dalam keadaan volume minimum.

Performa

Bagian kualitas suara merupakan poin penting dalam pengujian headset. NYK M02 Mage yang diuji kali ini menghasilkan suara yang cukup baik selama pengujian. Berikut ini adalah beberapa lagu yang saya coba:

  • Iron Maiden – The Trooper: Suara gitarnya terasa agak tidak seimbang antara rythm dan lead-nya karena suara lead-nya terdengar lebih besar dibandingkan dengan suara rythm-nya yang terdengar samar-samar tercampur dengan suara bass. Pada bagian drum, suara snare dan kick bass-nya juga terdengar lebih kecil jika dibandingkan dengan suara cymbal yang terdengar sangat jelas dan suara vokalisnya terdengar dengan cukup baik.
  • Bad Meets Evil – Fast Lane: Suara dari duo vokalis Eminem dan Royce da 5’9 dalam lagu ini terdengar rapih dan terasa sangat seimbang antara suara vokal dengan suara musik yang mengiringi lagunya.
  • Skrillex – Bangarang: Suara yang dihasilkan oleh musik digital buatan DJ Skrillex ini sangat cocok dengan karakteristik headset yang lebih condong ke bass (low) dan cymbal (high). Bisa dibilang ini adalah genre musik yang paling sesuai dan paling enak untuk didengarkan dengan headset NYK M02 Mage ini.

Lalu untuk bagian game-nya kami mencoba dengan bermain PUBG Mobile. Pada saat bermain, suara langkah kaki musuh, suara saat mengganti senjata, suara saat reload peluru, saat mengisi darah dan melakukan boosting semua terdengar dengan sangat jelas tanpa ada masalah. Terutama suara langkah kaki musuh, kami dapat membedakan dengan mudah posisi musuh ada di sebelah kiri atau kanan dari suara langkahnya.

Kesimpulan

Headset ini sangat worth it untuk dibeli terutama bagi kalian yang sangat suka bermain game mobile dalam waktu yang lama. Selain harganya yang cukup terjangkau yaitu 245 ribu Rupiah, headset ini juga memiliki tingkat kenyamanan yang baik. Meskipun digunakan dalam waktu berjam-jam, telinga tidak terasa sakit dan tetap nyaman saat bermain game. Menurut saya pribadi, kekurangan dari headset ini ada pada konektivitasnya, andai saja NYK Nemesis mau memberikan konektor tambahan pada paket penjualannya bagi pengguna smartphone yang tidak memiliki audio port 3.5mm.