Review ASUS TUF Gaming A15 (FA506II), Performa Terbaik APU Ryzen 8 Core Dengan Harga Terjangkau

0
343

Overclockingid.com – Saat ini, AMD Ryzen mulai menjadi pilihan pengguna PC yang dimana menawarkan performa tinggi dengan harga terjangkau. Selain CPU tanpa grafis terintegrasi, APU Ryzen yang memiliki grafis terintegrasi juga menjadi solusi untuk pengguna PC yang tidak ingin menggunakan kartu grafis diskrit untuk PC desktop maupun laptop. Namun, APU Ryzen untuk laptop bisa dibilang baru mulai menunjukkan diri mengingat APU desktop lebih dulu muncul di pasaran dibandingkan APU laptop.

Awalnya, APU laptop yang muncul hanya untuk laptop ultrathin dengan prosesor seri U(Ultra Low Power). Setelah mendapat feedback yang positif, AMD akhirnya merilis APU laptop yang ditujukan untuk laptop gaming. Asus sebagai salah satu vendor laptop gaming tidak mau ketinggalan untuk menggunakan APU Ryzen di laptop gaming mereka dan salah satunya adalah Asus TUF Gaming A15 (FA506II). Disini akan mengulas fitur, spesifikasi dan performa dari Asus TUF Gaming A15.

Desain dari TUF A15 ini terlihat tidak jauh berbeda dari seri TUF generasi sebelumnya. Hanya saja, sisi luar layar yang menggunakan bahan aluminium sudah tidak menggunakan logo timbul Asus di tengahnya tapi digantikan dengan logo TUF itu sendiri yang berwarna hitam di atas warna gunmetal grey dengan tambahan aksen baut khas militer tanpa adanya bentuk lekukan di tiap sudutnya. Bagian belakang layar dari laptop ini menggunakan standar MIL-STD-810H yang bisa dibilang lebih baik dari seri TUF dengan standar MIL-STD-810G seperti FX505GE.

Layar dari TUF A15 ini memiliki diagonal 15.6 Inchi dengan resolusi 1920 x 1080 pixel yang cukup umum pada laptop gaming saat ini dan meggunakan panel IPS untuk membuat tampilan warna tidak berubah saat layar dilihat dari berbagai sudut hingga 178 derajat. Tetap menggunakan desain bezel NanoEdge dan tambahan anti-glare membuat laptop ini cukup ringkas dan masih bisa digunakan di luar ruangan. Selain itu, layar ini masih didukung fitur Adaptive Sync dengan refresh rate 144 Hz untuk pengalaman gaming yang maksimal.

Untuk Webcam dari TUF A15, Asus tetap menempatkannya diatas layar dengan dual mic seperti seri TUF sebelumnya alih-alih menggunakan modul webcam terpisah seperti seri ROG mengingat pasar yang dituju laptop ini yaitu untuk gamer pemula.

Keyboard dari TUF A15 ini terlihat umum digunakan pada seri TUF. Dengan backlit RGB yang diatur oleh Asus AURA dan tetap menambahkan numpad yang memang cukup umum untuk ukuran laptop 15,6 inchi. Khusus tombol WASD yang umumnya digunakan saat bermain game dibuat transparan dengan tulisan hitam yang terlihat sama persis seperti seri FX505GE.

Untuk touchpad dari laptop ini terlihat seperti laptop Asus pada umumnya yang berbentuk persegi tanpa tambahan bentuk lain dengan aksen sudut putih di tiap sudutnya. Untuk tombolnya sendiri dibuat terpisah secara fisik dan terasa cukup empuk saat disentuh seperti tombol pada keyboard-nya.

Bagian atas keyboard terdapat indikator LED untuk daya, baterai, aktivitas storage dan mode pesawat. Posisinya berada di tengah kiri dan ditemani tulisan “TUF GAMING” di kanan dengan aksen timbul.

Untuk dukungan port dari TUF A15 terdapat port adaptor daya DC-in, port LAN, port HDMI, dua USB 3.1 Gen 1, satu port USB Type-C 1.0 yang mendukung power delivery maupun DisplayPort dan 3.5mm audio combo jack di sisi kiri laptop. Untuk sisi kanan hanya terdapat port USB 2.0 dan security lock saja. Sayangnya disini tetap tidak tersedia SD/Micro SD card reader yang mungkin telah digantikan dengan port USB type-C. Dua speaker dari laptop ini berada di bagian bawah laptop dengan lubang yang mengarah ke samping kiri dan kanan untuk kualitas suara yang baik.

Bagian sisi bawah dari TUF A15 ini tetap tidak memiliki akses ke storage maupun memory secara terdedikasi. Untuk desain sisi bawah laptop ini menggunakan bentuk sarang lebah (honeycomb) berbentuk heksagonal dengan beberapa lubang ventilasi dibagian kiri dengan dua area dan satu area dibagian kanan. Sistem pendinginan laptop ini tetap mengarah ke belakang untuk pelepasan panas lebih baik.

Bila bagian bawah laptop ini dibuka, maka akan terlihat dua kipas pendingin dengan dua pipa tembaga untuk mendinginkan APU Ryzen 7 dan GPU GTX 1650 Ti.

Di bawahnya terdapat satu memori DDR4 berkapasitas 8 GB dan terdapat satu slot kosong dibawahnya untuk keperluan upgrade RAM. Jika dilihat sekilas, RAM yang digunakan masih menggunakan slot SO-DIMM untuk antarmukanya sehingga RAM pada laptop ini dapat diganti seluruhnya dengan RAM identik yang umumnya 2 keping RAM dalam satu paket.

Di sudut kiri bawah terdapat baterai Li-Poly dengan kapasitas 48 Wh untuk menunjang aktivitas dari laptop ini ditemani dengan module speaker stereo di sisi kiri baterai. Diatas baterai sendiri terdapat bagian plastik hitam yang dipastikan tempat SSD Kingston M.2 NVMe 512 GB berada.

Bagian sudut kanan terdapat ruang kosong yang merupakan tempat bracket untuk memasang storage (HDD/SSD) dengan koneksi SATA III dan dihubungkan dengan modul kabel pita khusus yang terdapat di paket penjualannya. Sebelah kanan dari bracket HDD terdapat juga modul speaker stereo.

Untuk bagian pengisian daya dari baterai TUF A15, Asus menggunakan adaptor daya 150 W dengan rating 20V/7,5 A yang jika dilihat cukup kecil dan terasa cukup ringan dan ringkas bila dibawa jika dibandingkan adaptor seri TUF sebelumnya yang bisa dibilang cukup besar dan jika dilihat memiliki desain pixel untuk tulisan “150W” dengan kontur kasar di bagian atas adaptor.