Kisah Pembuatan Game Lokapala, Sebuah Impian yang Menjadi Nyata

0
95

Overclockingid.com – Kalian semua pasti sudah mengetahui bahwa Lokapala adalah game dengan genre MOBA buatan Indonesia. Game tersebut merupakan hasil karya dari game developer lokal yang bernama ANANTARUPA Studio. Setelah melalui Open Beta yang dibuka sejak 3 bulan yang lalu, akhirnya pada tanggal 20 Mei 2020 Lokapala resmi dirilis.

Awal Mula Lokapala

ANANTARUPA Studio adalah studio pengembang dan pembuat konten digital seperti aplikasi, game, Augmented Reality (AR) serta Virtual Reality (VR) yang sudah hadir sejak tahun 2011 dan berbasis di Jakarta. Namun, pada kali ini mereka mencoba membuat gebrakan baru dengan membuat sebuah game yang belum pernah dibuat oleh game developer Indonesia sebelumnya.

Kami sempat berbicara dengan Ivan Chen, CEO ANANTARUPA Studio, Ia mengatakan bahwa “kami ingin membuat sesuatu yang berbeda dan belum pernah ada sebelumnya, impian kami adalah membuat game MOBA pertama karya anak bangsa yang bisa dimainkan oleh semua orang di seluruh dunia”.

Ivan Chen, CEO ANANTARUPA Studio

Disaat mayoritas game developer di Indonesia membuat game mobile dengan genre casual game. Ia benar-benar ingin membuat sebuah gebrakan baru dan Ia juga ingin menunjukkan bahwa talenta-talenta muda Indonesia mampu membuat sesuatu yang berbeda dan belum pernah ada sebelumnya.

Tetapi, pada awal mula Ia memulai mengembangkan game ini, banyak sekali orang-orang yang merasa bahwa Ia tidak akan mampu membuat impiannya itu menjadi nyata. Bahkan Ia bercerita kepada saya bahwa ada orang yang mengatakan kepadanya kalau game buatannya nanti itu hanyalah “re-skin dari game AOV” saja. Namun Ia tak patah semangat dan tetap melanjutkan impiannya dan pada akhirnya, di tahun 2018 Ia memulai project awal dari game Lokapala tersebut.

Proses Pengembangan

Pada saat proses pengembangan game Lokapala ini, semua orang yang terlibat dalam pembuatannya mulai dari programmer dan desainernya merupakan orang Indonesia. Untuk pembuatan desain karternya saja, saya melihat ada 8 sampai 10 orang yang mengerjakan bagian tersebut dengan pembagian tugas yang berbeda-beda. Semua ksatriya yang ada di dalam game Lokapala merupakan desain original dari para karakter desainer yang membuat game Lokapala.

Ketika engine game sudah ditentukan dan game sudah bisa dicoba untuk dimainkan. Saya dan beberapa teman gamer MOBA lainnya mendapat kesempatan untuk mencoba game ini. Mereka meminta saran kepada kami terkait game yang sedang mereka kembangkan tersebut, karena mereka ingin game buatannya bisa diterima oleh orang banyak.

ANANTARUPA Studio tidak bekerja sendirian, mereka menjalin kerjasama dengan komposer Elwin Music untuk menggarap background musik game Lokapala, kerjasama dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia untuk membuat karakter game Gia, hingga kerjasama dengan INharmonic untuk pembuatan  musik seperti sound efek, hingga audio implementations didalam game.

Proses Open Beta

Pada saat Open Beta yang dibuka pada tanggal 8 Februari 2020, Lokapala mendapat sambutan hangat dari para gamer MOBA di Indonesia. Meskipun masih memiliki banyak kekurangan seperti server down dan pencarian match yang sangat lama, tetapi para pemain setia Lokapala tetap memberikan dukungannya.

ANANTARUPA Studio sebagai pengembang sangat mengapresiasi para pemain Lokapala yang mereka sebut sebagai ksatriya jika dapat menemukan bug atau error di dalam game. Mereka juga menerima kritik dan saran yang membangun agar game Lokapala ini dapat berkembang menjadi lebih baik lagi.

Grand Launching

Setelah melalui perjuangan yang sangat panjang dari tahun 2018 dan proses perbaikan dari Open Beta yang dibuka sejak tiga bulan yang lalu, akhirnya Lokapala dirilis secara resmi pada tanggal 20 Mei 2020 dengan Melon dan Dunia Games sebagai publishernya. Ini bukanlah akhir, ini merupakan awal yang baru bagi Lokapala untuk membuat gamenya dapat diterima oleh para gamer di Indonesia dan bahkan oleh Dunia.

Meskipun game Lokapala ini masih belum bisa dibilang sempurna, tetapi ini merupakan titik awal bahwa game developer Indonesia tak hanya bisa membuat game-game simple dan casual saja. Talenta-talenta bangsa kita mampu kok membuat game yang sangat rumit dan kompetitif seperti MOBA.

Semoga saja dengan adanya game Lokapala ini membuat game developer di Indonesia berani membuat gebrakan dengan menciptakan sebuah game yang belum pernah dibuat oleh game developer Indonesia sebelumnya. Dan mari kita doakan supaya game Lokapala mampu bersaing dengan game-game MOBA lainnya dan menjadi terkenal baik di dalam maupun luar negeri.