Bocoran Foto yang Diduga Heatsink NVIDIA GeForce RTX 4090 Muncul!

OverclockingID – Foto baru yang diduga menunjukkan GPU kelas RTX 4090 telah dibagikan di forum Chiphell (via Wccftech). Gambar-gambar tersebut menunjukkan solusi pendinginan yang hampir identik dengan kartu grafis RTX 3090 Ti. Bagian plat pendingin yang akan kontak dengan GPU dan memori tampaknya ditingkatkan menjadi blok besar dan terlihat menyatu.

Dugaan heatsink GeForce RTX 4090, Sumber: Chiphell

dengan dua kipas mengarah ke dua arah yang berbeda dimana desain tersebut telah digunakan pada seri RTX 30 FE. Secara sekilas, Heatsink RTX 4090 Ti akan sangat mirip dengan RTX 3090 Ti dalam hal desain dan fakta bahwa Founders Edition (model referensi NVIDIA) akan mempertahankan tata letak PCB berbentuk V-nya. Namun, pelat dasar jauh lebih besar dan jumlah sirip yang lebih banyak. SKU ini dianggap sebagai prototipe untuk GPU AD102.

Dugaan heatsink GeForce RTX 4090, Sumber: Chiphell

Selain itu, terdapat foto bingkai RTX 4090 Ti termasuk di antara foto yang dibagikan. Karena kualitas foto dari bocoran ini terlihat memiliki resolusi yang sangat buruk dari foto asli, orang tidak dapat memastikan bahwa itu memang foto asli atau lebih tepatnya hasil percobaan Photoshop.

Dugaan bingkai GeForce RTX 4090 Ti, Sumber: Chiphell

Perlu dicatat bahwa bocoran yang sangat mirip terjadi pada Chiphell hampir tepat 2 tahun yang lalu, hanya 3 bulan sebelum pengumuman GeForce RTX 3080 dimana membuat orang mungkin bertanya-tanya mengapa pendingin GeForce generasi berikutnya selalu muncul di forum Cina terlebih dulu sebelum diluncurkan.

Menurut bocoran terbaru, seri RTX 40 diharapkan hadir pada pertengahan Juli tahun ini dengan spesifikasi GPU kelas RTX 4090 akan menawarkan 16128 inti CUDA, memori GDDR6X 21 Gbps, dan TDP 450W.

Sumber: Chiphell melalui Wccftech