AMD Radeon RX 6900 XT Pecahkan Rekor Dunia 3DMark Fire Strike Extreme

0
133

Seperti yang diketahui saat ini, kartu grafis ‘standar’ Radeon RX 6900 XT semuanya dikunci dan dibatasi hingga 3 GHz melalui pengaturan BIOS, yang menimbulkan kesulitan besar bagi para overclocker. Bagaimanapun, baru-baru ini AMD mengungkapkan GPU Navi 21 XTXH barunya, yang merupakan GPU Navi 21 hasil proses binning. Beberapa vendor kartu grafis telah meluncurkan desain mereka berdasarkan SKU Navi 21 XTXH ini. Sejauh ini beberapa model seperti ASRock OC Formula, ASUS ROG STRIX LC TOP, Sapphire TOXIC Extreme, dan seri PowerColor Red / Liquid Devil yang digunakan untuk memecahkan rekor ini.

Powercolor Radeon RX 6900 XT Liquid Devil

Saat rekor dunia ini dipecahkan, situs web HWBOT mengalami offline. Terlepas dari fakta ini, masih ada jejak pencapaian luar biasa ini dari Tim OGS yang merupakan orang pertama yang melakukan overclock PowerColor RX 6900 XT Red Devil (atau Liquid Devil) ke 3,3 GHz. Frekuensi seperti itu belum pernah dicapai sebelumnya dengan kartu grafis Radeon ini untuk alasan yang bagus.

AMD Radeon RX 6900 XT pada 3.3 GHz, Source: 3DMark

Kecepatan clock tertinggi sebelumnya dicapai oleh der8auer, yang meng-overclock Liquid Devil-nya menjadi 3,2 GHz meskipun jauh dari stabil. Sedangkan frekuensi puncak 3,3 GHz yang dipecahkan oleh tim OGS terjadi pada saat pengujian 3DMark Fire Strike Extreme berhasil diselesaikan. Perhatikan bahwa saat pengujian tesselation dimatikan dan ini bukan hasil yang valid menurut standar UL, tetapi HWBOT mengizinkan hasil seperti itu disertakan. Dengan skor 37618 poin (keseluruhan) dan grafik 41069, OGS telah mencetak tempat pertama dalam peringkat.

Perlu dicatat bahwa Fire Strike sangat menyukai GPU AMD. Pertanyaan tentang kartu grafis mana yang tercepat menurut HWBOT tidak begitu jelas setelah memasukkan benchmark lainnya.

Sumber : Wccftech, @FlanK3rXS, HWBOT