Intel Core i7 vPro Generasi Selanjutnya Dirumorkan Akan Memiliki Konfigurasi 8 Core/ 12 Thread

0
143

Rumor baru tentang prosesor penerus Comet Lake yaitu Rocket Lake bermunculan diantaranya bahwa chip Core i7 Rocket Lake-S akan menggunakan 8 core dengan 12 thread. terlihat agak aneh bukan ?

Tidak menyebutkan nama sumbernya,  Tiga jenis chip Rocket Lake-S telah terlihat, mulai dari Core i5 hingga Core i9. Chip Core i5 akan memiliki 6 core / 12 thread, dan untuk i9 memiliki 8 Core / 16 Thread. Selain itu, slide ini menjelaskan chip yang dimaksud adalah seri vPro yang umumnya untuk laptop khusus enterprise, dan bukan komponen non-vPro yang berorientasi konsumen.

Disini terlihat agak aneh dimana chip i9 tidak memiliki 10 core dan 20 thread seperti yang dimiliki i9 seri Comet Lake-S saat ini. Alasannya, Rocket Lake-S diharapkan menjadi jajaran chip baru pertama dari Intel yang hadir dengan arsitektur baru, namun tetap dengan fabrikasi 14-nanometer. Dengan perubahan ini, Intel tidak lagi dapat menjejalkan 10 core ke die karena dipastikan ukurannya terlalu besar, karena bahkan Core i9 10900K saat ini sudah pada batas apa yang dapat dilakukan oleh silikon 14nm. Batas 8 Core ini sudah dikabarkan kembali pada tahun 2019 .

Dengan keterbatasan ini akan menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana Intel akan menentukan pasar produk dari Core i5, i7, dan i9 untuk Rocket Lake-S, dan untuk membatasi hyperthreading hingga setengah inti pada CPU i7 yang umumnya melalui proses tweaking.

Namun, bisa saja itu hanya sebuah rumor. Jika tidak, Ini akan menjadi pertama kalinya CPU Intel dengan jumlah Thread yang agak aneh dari yang seharusnya yaitu dua kali lipat dari jumlah inti fisik. Selain itu, dari tolok ukur performa dipastikan tidak masuk akal dimana Core i7 dengan jumlah inti yang sama dengan Core i9 dengan jumlah thread yang sedikit berbeda.

Bagaimanapun, bisa dibilang Rocket Lake-S akan berjalan pada arsitektur Willow Cove yang baru, yang awalnya dirancang oleh Intel pada 10 nm seperti yang terlihat dalam chip Tiger Lake mobile-nya. Arsitektur ini diharapkan akan di-backport ke proses 14nm untuk Rocket Lake-S SKU yang berorientasi pada kinerja.

sumber : Videocardz melalui Tom’s